5 Kiat Atasi Nyeri Otot dan Sendi Akibat Sering Bawa Mobil Atau Motor

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Terlalu sering menyetir mobil atau naik motor sendiri bisa membuat Anda gampang lelah, bahkan sampai mengalami nyeri pada sendi dan otot-otot tubuh. Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri di badan karena mengemudi kendaraan?

Kenapa menyetir bisa menyebabkan nyeri pada otot dan sendi?

naik motor saat hamil

Sebelum mencari tahu cara mengatasi nyeri karena mengemudi mobil atau motor, sebaiknya pahami dulu kenapa badan bisa sampai nyeri dan pegal. Mengemudi kendaraan sendiri memang terkesan lebih nyaman, tidak perlu berdesak-desakan seperti naik kendaraan umum. Anda juga bebas bepergian kapan saja, tanpa mengikuti jadwal kendaraan umum.

Namun, kelelahan dan keluhan nyeri pada otot dan sendi bisa saja muncul. Siapa pun yang setiap harinya mengemudi kendaraan sendiri, terutama di daerah yang rawan macet, biasanya merasakan beberapa bagian tubuhnya terasa nyeri.

Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai hal. Baik itu terlalu lama duduk di dalam mobil, tangan yang mengendalikan kemudi atau gas motor, hingga kaki yang harus menginjak pedal kopling saat terjebak macet.

Tak jarang, punggung juga terasa pegal dan nyeri karena harus menyokong tubuh tetap tegak saat naik motor dan menyetir mobil. Apalagi jika jarak yang Anda tempuh setiap harinya terbilang jauh dan memakan waktu cukup lama.

Masalah kesehatan tertentu bisa memperparah nyeri otot dan sendi

4 Jenis Nyeri yang Paling Sering Dikeluhkan Berdasarkan Kelompok Usia

Di samping itu, memiliki masalah kesehatan tertentu juga bisa menjadi penyebab nyeri otot dan sendi saat mengemudi. Itu sebabnya, cara mengatasi nyeri di tubuh karena mengemudi ini nantinya bisa beragam, tergantung penyebab awalnya.

Patrick Baker, MHS, OTR/L, CLVT, CDRS, selaku terapis okupasi di Cleveland Clinic, Amerika Serikat, menjelaskan hal tersebut lebih lanjut. Memiliki arthritis maupun gangguan otot dan tulang tentu berpengaruh terhadap kemampuan dan fungsi tubuh, termasuk saat menyetir mobil dan naik motor.

Orang dengan arthritis yang harus menempuh jarak berpuluh-puluh kilometer dengan menyetir sendiri, biasanya mengeluhkan rasa tidak nyaman pada tubuhnya. Bahkan menurut Mayo Clinic, menyetir sendirian dengan jarak jauh setiap hari dapat meningkatkan risiko sciatica, yang semakin memperparah nyeri otot.

Cara mengatasi nyeri otot dan sendi karena mengemudi

sumber bakteri

Nah, agar lebih nyaman selama di perjalanan, sebaiknya terapkan beberapa kiat mengatasi nyeri otot dan sendi karena sering mengemudi. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1. Rutin berolahraga

Melakukan aktivitas fisik secara teratur merupakan salah satu kunci penting untuk mengatasi nyeri karena sering mengemudi sendiri. Ini karena olahraga menuntut seluruh bagian tubuh untuk bergerak, yang pada akhirnya dapat membantu mempertahankan kekuatan otot dan kelenturan sendi.

Dengan otot yang kuat serta sendi yang lentur, tentu akan semakin memudahkan Anda dalam melakukan berbagai aktivitas. Termasuk untuk mengendarai kendaraan pribadi setiap harinya dalam waktu lama.

2. Ganjal pakai bantal

Cara lain yang bisa membantu mengatasi nyeri pada tubuh karena menyetir mobil yaitu dengan menggunakan bantal kecil untuk menyangga tubuh. Misalnya dengan menggunakan bantalan leher.

Anda bisa juga mengganjal bantal kecil di punggung bagian bawah, agar bisa menjadi sandaran empuk untuk pinggang. Intinya, sesuaikan posisi duduk Anda selama mengemudi senyaman mungkin.

3. Sempatkan beristirahat

Jangan karena terburu-buru, Anda memaksakan diri berkendara meski sebenarnya merasa lelah. Sebaiknya, pinggirkan kendaraan sebentar dan minumlah terlebih dahulu sebagai bentuk istirahat untuk tubuh.

Jika otot dan sendi terasa pegal, nyeri, serta kaku karena duduk terlalu lama, Anda bisa berdiri sebentar sembari meregangkan tubuh. Setelah dirasa lebih baik, silakan lanjutkan perjalanan kembali.

4. Minum obat pereda nyeri

Keseringan mengemudi kendaraan sendiri, entah mobil atau motor, dapat memicu nyeri pada otot dan sendi. Apalagi kalau Anda langganan terjebak macet. Bahu, leher, pinggang, dan tangan bisa terasa nyeri. 

Sebagai solusi untuk mengatasi nyeri karena mengemudi, Anda bisa minum obat pereda nyeri otot dan sendi yang terpercaya dengan kandungan ibuprofen serta paracetamol.

Kombinasi dari formula efektif ibuprofen dan paracetamol dapat membantu meringankan rasa nyeri serta peradangan otot dan sendi secara efektif. Sebaiknya Anda mengonsumsi obat ini setelah makan. Dengan begitu, Anda dapat terus melanjutkan aktivitas harian dengan nyaman tanpa khawatir terganggu oleh pegal serta nyeri otot dan sendi. 

5. Konsultasi ke dokter

Jika nyeri pada otot dan sendi semakin hari semakin mengganggu, jangan tunda untuk memeriksakannya ke dokter. Sebab, bisa saja Anda memiliki masalah medis tertentu yang berpengaruh pada fungsi otot dan sendi tubuh.

Dokter biasanya akan memberikan penanganan terbaik sesuai kondisi Anda untuk membantu mengatasi nyeri otot dan sendi karena mengemudi. Anda mungkin saja akan dirujuk Anda ke fisioterapis maupun terapis okupasi guna mempercepat pemulihan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tips Menghilangkan Kantuk Saat Menyetir Selama Mudik Pulang Kampung

Perjalanan mudik yang panjang tidak jarang membuat tubuh menjadi cepat lelah dan mengantuk. Yuk, menghilangkan kantuk saat menyetir dengan beberapa cara ini

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hari Raya, Ramadan 26/04/2020 . Waktu baca 6 menit

6 Cara Mengatasi Nyeri Sendi di Rumah

Nyeri sendi bisa terjadi kapan pun di mana pun. Maka itu, Anda perlu tahu bagaimana cara mengatasi nyeri sendi dengan tepat agar tidak kambuh terus-terusan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gangguan Muskuloskeletal, Health Centers 23/04/2020 . Waktu baca 6 menit

Sendi Rahang Sakit? Cari Tahu Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Sedang mengalami nyeri sendi rahang? Agar tidak salah penanganan, simak penyebab, gejala, dan cara mengatasi rasa sakit pada sendi rahang di sini.

Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gangguan Muskuloskeletal, Health Centers 23/04/2020 . Waktu baca 6 menit

6 Penyebab Nyeri Sendi Bahu dan Cara Mengobatinya

Sendi bahu bisa terasa nyeri atau sakit karena macam-macam penyebab. Cari tahu apa penyebabnya dan cara mengobatinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gangguan Muskuloskeletal, Health Centers 21/04/2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

lansia mengemudi

Panduan Mengemudi yang Aman untuk Para Lansia

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 09/06/2020 . Waktu baca 5 menit
nyeri otot dada

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Otot di Dada

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 24/05/2020 . Waktu baca 6 menit
nyeri otot paha

Nyeri Pada Otot Paha? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 20/05/2020 . Waktu baca 6 menit
nyeri otot punggung

Beragam Penyebab Nyeri Otot Punggung dan Cara Mengatasinya!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 19/05/2020 . Waktu baca 7 menit