Langkah Penting Mencegah Dehidrasi Saat Diare

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019
Bagikan sekarang

Faktanya, diare adalah penyakit infeksi yang dapat dengan mudah membuat tubuh Anda kehilangan cairan lebih banyak. Karena itu, ketika mengalami diare, Anda akan berisiko untuk mengalami dehidrasi juga. Bila kondisi ini tidak ditangani dengan baik, maka dehidrasi bisa menimbulkan banyak gangguan kesehatan lainnya. Namun, bagaimana cara yang tepat untuk mencegah dehidrasi saat diare?

Dehidrasi saat diare bisa berakibat fatal

Tidak banyak yang tahu bahwa dehidrasi ketika diare bisa sangat berbahaya. Hal ini disebabkan karena selama Anda diare, Anda akan terus mengeluarkan cairan dan berbagai ion tubuh, seperti natrium, klorida, kalium, dan bikarbonat. Pada akhirnya, tubuh pun kekurangan cairan dan ion di dalam tubuh.

Ketika Anda menderita diare selama 24 jam, jumlah cairan yang hilang dari tubuh bisa mencapai 5 ml/kg hingga 200 ml/kg berat badan. Bahkan, dalam kasus diare yang parah, cairan yang keluar bisa lebih dari angka tersebut. Sementara, pada kasus diare berat, jumlah ion yang hilang dari dalam tubuh adalah sekitar 70-110 milimoles per liter dari cairan yang dikeluarkan.

Ketika ion dan cairan di dalam tubuh berkurang, maka akan mengganggu fungsi dasar dan metabolisme tubuh. Gejala yang sering muncul ketika Anda mengalami kekurangan cairan adalah kelelahan, kepala terasa ringan, pusing, dan urin berwarna kuning pekat.

Penanganan diare yang paling penting adalah untuk menjaga hidrasi dan keseimbangan ion di dalam tubuh. Diare berkepanjangan yang tidak ditangani dapat memicu asidosis metabolik yang bisa mengakibatkan kematian.

Bagaimana cara mencegah dehidrasi saat diare?

Untuk mengembalikan cairan tubuh yang keluar saat diare, Anda memerlukan cairan yang tidak hanya mengandung air, namun juga ion.

Minuman yang mengandung ion, seperti minuman isotonik adalah minuman yang bisa diandalkan untuk mengembalikan ion dan cairan Anda yang hilang saat diare. Minuman isotonik merupakan minuman yang punya kandungan ion serta gula yang hampir mirip dengan cairan tubuh. Sehingga, memudahkan tubuh untuk menyerap cairan, ion, serta gula yang ada di minuman tersebut.

Langkah terpenting dari penanganan diare adalah memastikan tubuh tak kekurangan cairan, sekaligus menjaga keseimbangan ion. Ingat, diare yang tidak ditangani dengan  baik dapat menimbulkan dehidrasi yang jika sudah parah bisa berujung dengan kematian. 

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Bakwan―gorengan khas Indonesia ini memang enak dan gurih. Walaupun digoreng, Anda bisa membuat bakwan lebih sehat. Simak resep membuat bakwan sehat berikut.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

Direkomendasikan untuk Anda

makan di luar rumah saat pandemi

Amankah Makan di Luar Rumah di Tengah Pandemi?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 02/06/2020
sakit tangan main hp

Mengatasi Sakit Tangan Akibat Terlalu Sering Main HP

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020