Buah yang Aman dan yang Mesti Dibatasi Bagi Penderita Asam Lambung

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Bagi Anda yang memiliki maag karena asam lambung gampang naik, penting untuk memerhatikan pemilihan makanan dan minuman harian. Sebab alih-alih mencegah kemungkinannya kambuh, salah memilih sumber makanan dan minuman justru bisa membuat gejala maag muncul. Nah, bagaimana dengan buah-buahan? Meski terlihat sehat, adakah buah yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi untuk pengidap asam lambung? Untuk meluruskan hal ini, simak penjelasannya berikut.

Buah yang harus dibatasi untuk pengidap asam lambung

Maag sebenarnya bukan penyakit khusus, melainkan sebuah istilah yang dipakai guna menunjukkan adanya masalah pada pencernaan. Intinya, maag adalah sekumpulan gejala yang mengarah pada penyakit yang lebih spesifik.

Nah, salah satu gejala maag yang sering dikeluhkan yakni munculnya rasa terbakar pada dada (heartburn), yang bisa naik sampai ke kerongkongan. Kondisi ini dapat menjadi salah satu gejala penyakit GERD, yang dapat menyebabkan munculnya maag.

Kalau sudah begini, ada beberapa makanan dan minuman harian yang bisa bebas Anda konsumsi, tapi ada juga yang harus dibatasi. Sebenarnya, buah-buahan sendiri tidak menyebabkan naiknya asam lambung, hingga berujung pada maag.

Akan tetapi, bila Anda memang punya kondisi ini, sebaiknya batasi (bukan dihindari sama sekali) konsumsi buah-buahan seperti tomat dan jeruk.

Pasalnya, buah-buahan ini bisa membuat gejala yang Anda rasakan tambah parah. Berikut beberapa macam buah yang konsumsinya harus dibatasi untuk Anda dengan kondisi asam lambung tinggi:

1. Tomat

tomat apakah penyebab asam urat manfaat sayuran merah

Bagi Anda penggemar buah tomat tapi memiliki kendala dengan asam lambung yang gampang naik, sebaiknya batasi konsumsinya. Bukan tanpa alasan. Ini karena buah tomat memiliki kandungan asam sitrat dan asam malat di dalamnya.

Di mana kedua zat tersebut dapat memicu asam lambung naik, yang akhirnya menimbulkan gejala maag. Begini, ketika Anda makan terlalu banyak buah tomat, baik yang masih berbentuk utuh atau diolah menjadi jus, kandungan asamnya akan berpengaruh pada sistem pencernaan.

Asam tersebut kemudian akan naik ke kerongkongan, sehingga timbullah berbagai gejala maag yang membuat tubuh tidak nyaman.

2. Buah-buahan citrus

jeruk nipis

Jeruk, lemon, jeruk nipis, serta jeruk bali adalah beberapa macam buah-buahan yang termasuk dalam kelompok buah citrus. Tak heran, kesemua jenis buah-buahan tersebut memiliki kemiripan karena rasanya yang agak kecut dan asam. 

Beberapa orang memang berpendapat bahwa jeruk nipis, yang notabene kelompok buah-buahan citrus, bisa membantu mengurangi batuk. Akan tetapi, terlalu banyak mengonsumsi buah-buahan tersebut bisa merangsang kenaikan asam lambung ke dada dan tenggorokan.

Untuk lebih memastikannya, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The Korean Journal of Gastroenterology tahun 2010 meneliti hal serupa. Dalam penelitian tersebut, sebanyak 67 persen dari sekitar 382 orang mengeluhkan munculnya rasa terbakar pada dada yang merupakan salah satu gejala maag.

Kondisi tersebut timbul setelah mereka mengonsumsi buah jeruk. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan asam yang ada di dalam buah-buahan citrus berisiko menimbulkan kenaikan asam lambung.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa konsumsi berbagai buah citrus sebaiknya dibatasi untuk Anda yang memiliki asam lambung tinggi.

Buah yang baik dikonsumsi untuk pengidap asam lambung

Jika ada beberapa jenis buah yang jumlah konsumsinya harus dibatasi untuk Anda yang memiliki asam lambung tinggi, tentu ada juga pilihan buah lainnya yang aman. Ya, tidak semua buah-buahan bisa memicu gejala maag kambuh kembali.

Bagi Anda yang ingin makan buah tapi takut asam lambung kambuh, berbagai pilihan buah berikut ini patut untuk dicoba:

1. Pisang

Serba-serbi Diet Pisang
Serba-serbi Diet Pisang

Pisang merupakan buah dengan warna kuning yang khas dan kaya akan kandungan kalium di dalamnya. Buah ini bisa menjadi salah satu pilihan yang baik untuk Anda yang memiliki kondisi asam lambung tinggi. 

Pasalnya, tingkat keasaman buah pisang tergolong rendah, yakni dengan kadar pH sekitar 4,5-5,2. Itu sebabnya, dengan makan buah pisang dipercaya dapat membantu menetralisir asam lambung sekaligus meringankan gejala maag.

Selain itu, tekstur halus dan gampang lumat yang dimiliki oleh pisang juga mampu membantu memulihkan gejala maag. Pisang yang telah ditelan dan masuk ke dalam kerongkongan tersebut, dapat membentuk lapisan pelindung bagi kerongkongan.

Hal ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan terjadinya iritasi akibat naiknya asam lambung. Terlebih karena kandungan seratnya yang tinggi, buah pisang juga bermanfaat untuk mencegah munculnya masalah pada pencernaan.

2. Apel

buah apel

Buah apel termasuk satu dari beberapa buah yang baik untuk dikonsumi bagi pengidap asam lambung tinggi. Ini karena selain kaya akan kandungan seratnya, buah apel ini juga merupakan sumber kalsium, magnesium, serta kalium yang baik.

Kesemua zat gizi tersebut ternyata berpotensi untuk membantu meredakan gejala maag yang muncul. Namun, penting untuk memerhatikan jenis apel sebelum memakannya.

Sebab meskipun sebenarnya aman dikonsumsi bagi Anda yang memiliki maag, tapi beberapa jenis apel tertentu sebaiknya dihindari. Contohnya apel dengan warna hijau yang biasanya memiliki rasa agak asam, sehingga dapat memicu naiknya asam lambung.

Pilihan terbaiknya, Anda bisa mengonsumsi apel berwarna merah yang jauh lebih aman untuk mencegah gejala maag kambuh kembali.

3. Melon

manfaat melon jingga

Mirip seperti buah pisang, buah melon juga memiliki kandungan basa yang cukup tinggi berkat mineral magnesium yang ada di dalamnya. Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, magnesium merupakan salah satu kandungan utama penyusun obat pereda gejala maag.

Itulah mengapa buah yang satu ini terbilang aman untuk dikonsumsi bagi Anda yang punya kondisi asam lambung tinggi. Selain tidak akan menyebabkan peningkatan kadar asam lambung, buah melon juga dapat membantu memenuhi kebutuhan zat gizi tubuh.

Meliputi 7,8 gram (gr) karbohidrat, 0,6 gr protein, 0,4 gr lemak, dan 1 gr serat. Asupan beraneka ragam mineral dan vitamin juga turut melengkapi nutrisi di dalam buah melon.

4. Pepaya

Sumber: The Person Think Tank

Normalnya, proses pemecahan protein menjadi asam amino melibatkan bantuan dari enzim pepsin. Namun, enzim pepsin biasanya hanya bisa bekerja aktif di suasana lingkungan yang asam.

Ketika Anda mengalami maag karena asam lambung tinggi, tentu kondisi tersebut tidak bisa dibiarkan. Pasalnya, lingkungan yang asam tersebut justru berisiko membuat lapisan usus, lambung, serta kerongkongan menjadi rusak.

Dalam kasus ini, Anda bisa memulihkan kembali gejala maag dengan makan buah pepaya. Pepaya merupakan salah satu pilihan buah yang aman untuk Anda yang takut asam lambung kembali meningkat.

Ini karena buah pepaya punya kandungan enzim bernama papain di dalamnya. Papain ini merupakan enzim protease yang dihasilkan dari getah pada buah pepaya.

Fungsi papain di dalam sistem pencernaan yakni membantu untuk melancarkan kerjanya, sekaligus mempermudah proses pencernaan protein. Dengan begitu, protein pun akan jauh lebih gampang untuk dipecah menjadi bentuk terkecil berupa asam amino.

Atas dasar inilah, ezim papain dinilai dapat membantu mengatasi gangguan pada sistem pencernaan dengan cara mengendalikan gejala asam lambung.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca