home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Jenis Minuman yang Baik dan yang Perlu Dibatasi untuk Asam Lambung

Jenis Minuman yang Baik dan yang Perlu Dibatasi untuk Asam Lambung

Tidak hanya memilih jenis makanan yang baik untuk asam lambung, Anda juga perlu tahu minuman apa saja yang boleh dan yang perlu dibatasi agar asam lambung tidak naik. Minuman apa saja yang baik dan buruk untuk asam lambung?

Minuman untuk redakan gejala asam lambung

Saat terkena penyakit asam lambung, Anda perlu mengatur pola makan sebaik mungkin. Sebab, salah memilih makanan bisa membuat gejalanya kian kambuh dengan tanda-tanda batuk, mual, atau sakit tenggorokan.

Kabar baiknya, ada beberapa minuman untuk asam lambung yang aman dan ampuh meredakan gejala. Namun, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan kondisi kesehatan Anda.

Di bawah ini berbagai minuman untuk asam lambung yang terbukti dapat mengurangi gejala.

1. Teh herbal

teh untuk menurunkan berat badan

Kalau asam lambung sedang naik, coba redakan gejalanya dengan minum teh herbal. Teh herbal dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan meredakan rasa mual yang dirasakan. Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua teh herbal boleh dikonsumsi.

Jangan memilih teh dari daun peppermint, sebab peppermint dapat memicu naiknya asam lambung bagi orang-orang yang pencernaannya sensitif.

Pilihlah teh herbal yang bebas kafein, seperti teh chamomile dan licorice. Teh licorice alias akar manis bermanfaat untuk meningkatkan lapisan lendir di esofagus sehingga terlindungi dari iritasi akibat asam lambung.

Anda cukup menyeduh satu sendok teh herbal ke dalam satu cangkir air panas. Diamkan selama 5 – 10 menit dan minum.

2. Susu rendah lemak atau susu skim

susu menyebabkan kanker

Susu sapi umumnya tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung. Ini karena susu sapi mengandung tinggi lemak sehingga lebih sulit dicerna.

Selain itu, kandungan lemak dalam susu sapi juga dapat melunakkan katup kerongkongan (sfingter esofagus) dan membuka jalan bagi asam lambung untuk naik ke organ kerongkongan.

Kalau Anda ingin tetap minum susu, maka pilihlah susu rendah lemak atau susu skim agar lebih mudah dicerna. Dengan begitu, sfingter esofagus akan tetap aman saat menahan asam lambung naik.

3. Susu nabati

kedelai meringankan gejala menopause

Susu nabati termasuk minuman untuk asam lambung yang baik dikonsumsi. Jenis susu nabati yang bisa Anda pilih di antaranya susu kedelai, susu almond, dan susu kacang mede. Nah, kini tinggal Anda pilih susu nabati mana yang lebih Anda suka.

Susu almond, contohnya, mengandung sifat basa yang dapat membantu menetralkan cairan asam lambung dan meredakan gejalanya. Susu kedelai juga dinilai sebagai minuman yang paling aman untuk lambung karena kandungan lemaknya lebih sedikit.

4. Jus

makan buah vs minum jus buah

Buah-buahan sitrus seperti jeruk, nanas, atau apel sangat tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung. Pasalnya, kandungan asam pada buah-buahan tersebut dapat membuat asam lambung naik.

Meski demikian, ini bukan berarti Anda lantas tak bisa mengonsumsi buah-buahan apalagi minum jus buah.

Pilihlah buah atau sayur yang lebih rendah kandungan asamnya seperti wortel, bayam, mentimun, atau lidah buaya. Selain itu, Anda bisa membuat minuman segar dari buah yang aman untuk asam lambung, seperti buah bit, semangka, dan pir.

5. Air putih

tidak suka air putih

Rutin minum air putih adalah cara yang paling sederhana untuk mencegah asam lambung kambuh. Walau begitu, Anda tetap perlu berhati-hati saat minum air putih.

Kebanyakan pH air cenderung netral atau mencapai angka 7. Hal ini tak menutup kemungkinan air putih dapat meningkatkan kadar pH dari setiap makanan yang Anda konsumsi. Meski dianjurkan, Anda tetap perlu membatasi air putih yang Anda minum.

Pasalnya, terlalu banyak minum air putih dapat mengganggu keseimbangan mineral dalam tubuh dan meningkatkan kemungkinan memicu penyakit GERD. Jika Anda bingung harus seberapa banyak minum air putih, segera tanyakan ke dokter.

6. Air kelapa

air kelapa

Air kelapa menjadi salah satu minuman untuk asam lambung yang baik dikonsumsi. Air kelapa mengandung tinggi kalium yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan pH dalam tubuh.

Dengan demikian, kadar asam pada organ lambung Anda menjadi lebih mudah dikendalikan dan mengurangi risiko refluks asam lambung.

7. Jahe

manfaat jahe untuk haid

Jahe telah sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada sistem pencernaan. Ternyata, jahe juga bisa meringankan kondisi Anda dengan mengurangi produksi asam lambung serta meringankan nyeri yang biasanya dirasakan saat gejala kambuh.

Cara yang paling umum untuk menyajikannya yaitu menyeduh jahe menjadi teh dengan ditambah sedikit madu. Anda juga bisa mengunyahnya langsung dengan memotongnya menjadi bagian kecil terlebih dahulu.

Minuman untuk asam lambung yang perlu dibatasi

1. Jus dari buah-buahan sitrus

memilih jus jeruk sehat

Kunci mengatasi asam lambung naik yaitu dengan menghindari jenis makanan atau minuman yang mengandung tinggi asam, seperti lemon, jeruk, jeruk nipis, dan anggur.

Pasalnya, kandungan asam sitrat dalam buah-buahan sitrus dapat meningkatkan kadar keasaman lambung dan mengikis lapisan kerongkongan. Hal ini dapat memicu asam lambung bergerak naik ke tenggorokan dan memicu timbulnya gejala.

2. Kopi

setelah minum kopi

Anda mungkin terbiasa minum kopi pada pagi hari supaya tubuh rileks sebelum beraktivitas. Namun, minuman ini perlu dihindari kalau Anda punya asam lambung. Terlalu banyak minum kopi dapat memicu produksi asam lambung secara berlebihan.

Tidak hanya kopi, minuman berkafein lainnya seperti teh atau soda juga memiliki efek serupa. Saat Anda minum minuman bersoda, gelembung-gelembung yang dihasilkan akan kian membesar dan menekan sfingter esofagus.

Akibatnya, asam lambung terdorong masuk ke esofagus dan memicu mual dan sensasi terbakar di bagian tenggorokan Anda.

3. Alkohol

mitos tentang minuman beralkohol

Salah satu minuman untuk asam lambung yang wajib dihindari yaitu alkohol. Sebab, alkohol dapat melemaskan sfingter esofagus dan merangsang lambung untuk menghasilkan lebih banyak asam.

Tidak hanya itu, alkohol juga dapat mengikis lapisan mukosa pada lambung dan kerongkongan sehingga kian memperparah gejala penyakit.

Itulah jenis minuman yang baik dikonsumsi dan yang harus dihindari bila Anda memiliki penyakit asam lambung. Ingat untuk tidak meminumnya terlalu berlebihan. Bila ragu, konsultasikan kepada dokter Anda untuk memastikan keamanannya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Gastroesophaegal Reflux Disease (GERD). (2020). Mayo Clinic. Retrieved 5 February 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gerd/diagnosis-treatment/drc-20361959

List of The Best and The Worst Foods for Acid Reflux. (2014). University Hospitals. Retrieved 5 February 2021, from https://www.uhhospitals.org/Healthy-at-UH/articles/2014/04/best-and-worst-foods-for-acid-reflux

GERD Diet. (n.d). Atlantic Coast Gastroenterology. Retrieved 5 February 2021, from http://www.atlanticcoastgastro.com/gerd-diet.html

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Adelia Marista Safitri Diperbarui 19/06/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x