4 Langkah Mendampingi Pasien Menjalani Pemeriksaan Mamografi

Mamografi adalah prosedur deteksi dini untuk kanker payudara, yang perlu dilakukan oleh wanita yang berusia di atas 40 tahun. Prosedur ini tidak rumit, tapi sering kali menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi sebagian orang. Oleh karena itu, peran pendamping juga terkadang diperlukan untuk membuat pasien merasa lebih nyaman dan percaya diri menjalani pemeriksaan. Jika Anda dipercaya untuk mendampingi orang terkasih untuk menjalani pemeriksaan mamografi, berikut hal-hal yang perlu anda ketahui :

Tips mendampingi orang yang menjalani pemeriksaan mamografi

1. Cari tahu informasi dasar seputar mamografi

Sebelum mendampingi orang terdekat untuk menjalani pemeriksaan mamografi, ada baiknya untuk mencari tahu dahulu informasi dasar yang berkaitan. Informasi yang diperlukan antara lain manfaat pemeriksaan, prosedur pemeriksaan, termasuk biaya pemeriksaan. 

Pada dasarnya prosedur pemeriksaan cukup cepat dan relatif aman. Terkadang ada rasa kurang nyaman pada saat pemeriksaan, akan tetapi tidak berlangsung lama, dan manfaat dari pemeriksaan jauh lebih besar bagi para wanita. Informasi lebih detil terkait pemeriksaan dapat ditanyakan langsung ke dokter atau membaca dari sumber terpercaya.

2. Pilih tempat pemeriksaan mammografi terpercaya

Pemeriksaan mammografi dapat dilakukan di sebagian besar Rumah Sakit, dan beberapa klinik juga menyediakan layanan mammografi. Sebelum pemeriksaan dilakukan, biasanya dibutuhkan surat pengantar ataupun konsultasi terlebih dahulu dengan Dokter.

Keuntungan dari melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit yang lebih lengkap adalah mudahnya akses jika diperlukan pemeriksaan atau tindakan lebih lanjut. Selain itu, pilihlah rumah sakit yang memiliki tenaga kesehatan yang suportif dan ramah agar pasien merasa nyaman.

3. Tetap tenang 

Mammografi sebenarnya merupakan prosedur pemeriksaan yang sangat umum. Skrining ini merupakan bagian dari medical check up rutin wanita yang berusia di atas 40 tahun, sehingga tidak ada yang perlu dikuatirkan.

Sebagai pendamping anda dapat meyakinkan pasien bahwa pemeriksaan mamografi ini penting, prosedurnya sederhana, dan rutin dilakukan oleh wanita di seluruh dunia.

4. Meyakinkan bahwa mamografi adalah langkah yang tepat

Banyak orang merasa takut untuk menjalani prosedur mamografi karena khawatir hasil pemeriksaannya akan menunjukkan hasil yang mengarah ke kanker payudara.

Sebagai pendamping yang dipercaya oleh pasien, yakinkanlah pasien bahwa apapun hasilnya mammografi merupakan langkah yang tepat, dan terdapat tim kesehatan yang siap mendampingi dalam prosedur atau langkah selanjutnya jika dibutuhkan. 

Katakan pada orang terkasih Anda bahwa jika hasilnya positif, hal ini justru dapat menjadi “keuntungan” untuknya. Mengapa begitu?  Karena dengan mengetahui pada fase dini, ia bisa segera melakukan pengobatan yang dibutuhkan untuk mencegah kanker stadium lanjut. Bila kanker payudara tak cepat terdeteksi dan terapi, kondisi dapat memburuk dan semakin sulit ditangani.

Tegaskan juga bahwa Anda akan selalu mendampingi pemeriksaan mamografi dari awal hingga akhir sampai pembacaan hasil dan langkah-langkah selanjutnya jika diperlukan. Dengan begitu, orang terdekat Anda tidak akan merasa sendirian. 

Sayangi diri anda dan orang terkasih, lakukan pemeriksaan deteksi dini secara rutin.

Baca Juga:

dr. Venita Eng, MSc Koordinator perawatan paliatif MRCCC Siloam Hospitals Semanggi
dr. Venita Eng, MSc merupakan koordinator perawatan paliatif di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi. Beliau menyelesaikan pendidikan kedokteran umum di Universitas ...
Selengkapnya
dr. Venita Eng, MSc Koordinator perawatan paliatif MRCCC Siloam Hospitals Semanggi

dr. Venita Eng, MSc merupakan koordinator perawatan paliatif di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi. Beliau menyelesaikan pendidikan kedokteran umum di Universitas Indonesia pada tahun 2012 dan meraih gelar master of science in palliative care dari Universitas Newcastle pada 2018.

Beliau juga aktif berperan di Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI).

Selengkapnya
Artikel Terbaru