Infografik Kanker Serviks di Indonesia

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada serviks atau bagian paling bawah dan ujung dari uterus (rahim) seorang wanita. Serviks mengubungkan vagina (saluran untuk melahirkan) ke bagian atas rahim.

Kanker serviks sebenarnya memiliki kemungkinan untuk disembuhkan jika bisa diobati saat tahapnya masih di permulaan dan belum menyebar. Namun, banyak wanita di Indonesia merasa malas atau segan memeriksakan kesehatan reproduksinya, sehingga sebagian besar kanker serviks di sini baru terdeteksi saat kondisinya sudah telanjur parah atau menyebar ke organ lain, dan akhirnya menyebabkan kematian.

Kanker serviks juga adalah salah satu kanker yang sering disebabkan oleh virus, dalam hal ini virus HPV yang bersarang di alat kelamin dan bisa ditularkan lewat hubungan seksual baik vaginal, anal, maupun oral. Agar terhindari dari kanker serviks, semua wanita dan anak-anak perempuan perlu mendapat vaksin HPV sejak usia dini, yaitu 11 tahun.

Untuk info selengkapnya mengenai gejala kanker serviks, pengobatan kanker serviks, dan cara menghindarinya, temukan di Pusat Informasi Kanker Serviks di Hello Sehat. Simak juga infografik berikut ini yang menggambarkan situasi kanker serviks di Indonesia.

infografik kanker serviks di indonesia

Share now :

Direview tanggal: Januari 12, 2017 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca