Penyebab Orang dengan HIV/AIDS Susah Gemuk, Plus Solusi Ampuh untuk Mengatasinya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) biasanya cenderung kurus dan sulit untuk menaikan berat badan. Permasalahan ODHA susah gemuk memang perlu diatasi dengan tepat karena apabila dibiarkan dapat berisiko membuat penderita HIV dan AIDS kekurangan nutrisi. Padahal kecukupan gizi juga termasuk dari langkah pengobatan HIV dan AIDS yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas hidup ODHA.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan ODHA susah gemuk. Namun, banyak langkah juga yang bisa ditempuh untuk mengatasi masalah ODHA susah gemuk. Memenuhi dan menambah asupan nutrisi dapat meningkatkan kemampuan daya tahan tubuh ODHA untuk memerangi infeksi HIV yang berlangsung di dalam tubuh.

Mengapa ODHA susah gemuk?

Menurut The National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID), hingga kini belum diketahui secara pasti apa penyebab utama penderita HIV dan AIDS atau ODHA susah gemuk. Kemungkinan terbesarnya, penyebabnya berbeda-beda untuk masing-masing ODHA.

Namun, beberapa faktor yang berasal dari kondisi dan peristiwa biologis di dalam tubuh ikut berkontribusi terhadap hilangnya berat tubuh pada ODHA secara cepat, di antaranya adalah:

penyebab kurus tak bisa gemuk

1. Virus HIV

Ada banyak faktor yang membuat ODHA susah gemuk, salah satunya karena keberadaan virus HIV itu sendiri. Infeksi HIV dan penyakit komplikasi yang menyertainya, termasuk kanker dapat menyebabkan menurunnya berat badan secara drastis, kurang lebih hingga 10 persen dari berat tubuh sebelum terinfeksi.

Saat seseorang terinfeksi virus HIV, sistem pertahanan tubuhnya akan bekerja lebih keras untuk melawan infeksi sehingga memerlukan kalori atau energi dalam jumlah yang lebih besar.

Oleh sebab itu, ODHA membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mempertahankan energinya.  Untuk mengatasi kondisi ODHA susah gemuk, penderita HIV seharusnya makan lebih banyak dibandingkan dengan orang sehat lainnya

2. Berkurangnya nafsu makan

Selain itu, faktor lainnya yang juga sangat berpengaruh pada kondisi ODHA susah gemuk adalah kurangnya nafsu makan. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh ODHA yang mudah merasa mual saat mengonsumsi makanan. Selain itu, beberapa penderita HIV dan AIDS biasanya juga mengalami peradangan pada mulut atau esofagus (aphthous ulcer) sehingga kesulitan untuk menelan.

Adapun beberapa hal lainnya yang membuat ODHA susah gemuk akibat tidak nafsu makan, yaitu:

  • Efek samping obat HIV
  • Depresi
  • Kelelahan yang parah

3. Diare

Selain tidak nafsu makan, masalah lain yang membuat ODHA susah gemuk, yaitu gejala HIV berupa diare. Diare menyebabkan makanan keluar dari tubuh melewati usus dengan sangat cepat tanpa sempat diserap.

Munculnya gangguan pencernaan yang menyebabkan ODHA susah gemuk ini bisa disebabkan oleh infeksi HIV atau sama halnya dengan infeksi pencernaan lainnya yang berkaitan dengan penyakit HIV dan AIDS.

4. Gangguan metabolisme

Di samping itu, faktor lain yang juga membuat ODHA susah gemuk adalah menurunnya kemampuan tubuh untuk menyerap makanan atau gangguan metabolisme akibat kelelahan.

Setelah dimakan, makanan akan dipecah di dalam sistem pencernaan untuk diambil sari dan nutrisinya. Berbagai nutrisi ini nantinya akan masuk ke aliran darah dan diangkut ke organ serta jaringan di dalam tubuh.

Sayangnya, infeksi yang dialami oleh ODHA kerap membuat dinding usus rusak. Akibatnya, berbagai nutrisi yang dibutuhkan pun tidak bisa diserap dengan sempurna.

Ketika tidak mendapat cukup asupan makanan, tubuh menggunakan cadangan energi dari lemak dan protein dari otot. Jika hal ini terjadi terus-menerus, ODHA susah gemuk karena selalu kehilangan berat badan dan massa ototnya.

Berbagai penyebab ODHA susah gemuk inilah yang akhirnya membuat ODHA kerap kekurangan gizi.

ODHA juga tetap bisa gemuk, begini caranya

makanan untuk mencegah kram otot

Untuk menambah angka timbangan pada ODHA susah gemuk ada beberapa cara dan gaya hidup sehat ODHA yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Makan lebih banyak kalori

Makan menjadi salah satu cara utama untuk menambah berat badan ODHA susah gemuk. Cobalah untuk makan lebih banyak karbohidrat dari nasi, jagung, gandum, roti, kentang, atau ubi.

Selain itu, menu makanan untuk ODHA susah gemuk juga harus dilengkapi dengan lemak sehat, seperti daging, ikan, ayam, atau alpukat.

Banyak mengonsumsi makanan yang tinggi akan protein, seperti telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian juga dapat mengatasi masalah ODHA susah gemuk. Jangan lupa masukkan serat ke dalam menu makan Anda, seperti sayur dan buah-buahan.

Untuk meningkatkan nafsu makan pada ODHA susah gemuk, coba variasikan resep masakan dari tiap penyajiannya.

2. Sering makan camilan

Banyak ODHA susah gemuk karena tak nafsu makan, tetapi justru sangat bersemangat ngemil. Jika Anda salah satunya, coba makan camilan sehat, baik yang dibeli di pasaran atau dibuat sendiri di rumah.

Camilan sehat bisa membantu tubuh untuk mendapatkan nutrisi yang diperlukan dengan cara yang lebih menyenangkan. Berbagai camilan sehat yang bisa Anda makan untuk mengatasi masalah ODHA susah gemuk, yaitu kacang-kacangan, buah, dan yogurt.

3. Makan lebih sering

Salah satu pemicu ODHA susah gemuk adalah penderita HIV sering merasa mual saat makan dengan porsi besar? Kalau begitu akali masalah pemicu ODHA susah gemuk ini dengan cara makan dalam porsi yang lebih kecil, tetapi sering.

Selain lebih mudah dicerna dan diserap tubuh, cara ini juga membantu Anda untuk tetap bisa mendapatkan kalori yang dibutuhkan setiap harinya. Dengan begitu, makan lebih sering dengan porsi yang kecil bisa menjadi solusi untuk ODHA susah gemuk.

4. Olahraga

Olahraga bisa meningkatkan nafsu makan yang menurun yang menjadi faktor penyebab ODHA susah gemuk. Selain itu, olahraga juga bisa membantu mengalihkan Anda dari stres akibat penyakit yang mungkin terus menghantui pikiran.

Bukan hanya itu, olahraga juga menjadi satu-satunya cara untuk memperkuat dan membangun masa otot. Nantinya, otot sebagai tempat menyimpan cadangan energi akan dimanfaatkan oleh sistem kekebalan tubuh saat dibutuhkan.

Oleh sebab itu, ODHA susah gemuk sangat dianjurkan berolahraga demi menjaga kesehatannya. Untuk menaikkan massa otot, olahraga angkat beban bisa menjadi pilihan yang tepat.

5. Mengobati infeksi

Semakin lama, virus HIV akan semakin menggerus tubuh lewat berbagai infeksi yang diakibatkan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, infeksi membuat ODHA susah gemuk karena tubuh bekerja lebih dari biasanya untuk melawannya.

Jika tidak dibarengi dengan asupan makanan, infeksi bisa membuat angka timbangan menurun drastis dan membuat ODHA susah gemuk. Untuk itu, mengobati infeksi di awal kemunculannya menjadi salah satu cara penting yang perlu dilakukan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Maret 30, 2019 | Terakhir Diedit: Januari 13, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca