Apa Benar Minum Vitamin C Bisa Memicu Asam Lambung?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 3 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Nama lain vitamin C adalah asam askorbat, sehingga mungkin dapat meningkatkan asam lambung Anda yang juga bersifat asam. Namun, apakah benar setiap Anda minum atau makan yang mengandung vitamin C dapat langsung membuat asam lambung naik?

Apa itu vitamin C?

Vitamin C atau asam askorbat merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh tidak bisa menghasilkan vitamin C sendiri, sehingga Anda harus memeroleh vitamin C dari luar tubuh, seperti dari makanan, minuman, maupun suplemen. Anda butuh vitamin C untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh. Selain itu, vitamin C juga bersifat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Apakah vitamin C membuat asam lambung naik?

Bagi orang yang tidak punya masalah dengan asam lambung, konsumsi vitamin C dalam jumlah besar mungkin tidak akan menyebabkan masalah apapun. Tubuh sudah mempunyai sistem sendiri yang mengatur keseimbangan asam.

Namun, berbeda bagi orang yang mempunyai lambung sensitif atau mempunyai masalah asam lambung, Biasanya makanan yang mengandung vitamin C dengan asam tinggi, seperti jeruk dan tomat, sering dikaitkan dengan asam lambung naik.

Hal ini juga sejalan dengan yang direkomendasikan oleh American College of Gastroenterology bahwa orang dengan refluks asam sebaiknya menghindari makanan tertentu yang memperburuk gejalanya.

Sumber vitamin C apa yang harus dihindari kalau saya punya masalah asam lambung?

Perlu digarisbawahi bahwa tidak semua makanan asam dan mengandung vitamin C langsung menyebabkan asam lambung Anda naik. Jika Anda mempunyai masalah asam lambung, bukan berarti Anda perlu menghindari semua buah dan sayuran yang mengandung vitamin C.

Jika Anda merasa asam lambung menjadi naik setelah makan makanan yang mengandung vitamin C, bisa jadi memang Anda harus hindari makanan tersebut. Biasanya yang harus Anda hindari adalah yang mempunyai rasa paling asam, seperti jeruk, lemon, limau, dan tomat.

Sedangkan, buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C dengan kandungan asam rendah yang masih bisa Anda konsumsi adalah semangka, melon, pepaya, mangga, pisang, alpukat, paprika, brokoli, kangkung, dan kembang kol. Jadi, tidak ada alasan bagi Anda yang mempunyai masalah lambung untuk tidak bisa memenuhi kebutuhan vitamin C Anda. Banyak makanan yang mengandung vitamin C dengan kandungan asam rendah.

Anda yang mempunyai masalah lambung juga sebaiknya menghindari suplemen vitamin C dosis tinggi. Dosis vitamin C yang besar di lambung dapat membuat lambung menjadi lebih asam dan menyebabkan heartburn (nyeri ulu hati) atau gejala lainnya.

Seberapa banyak vitamin C yang dibutuhkan tubuh?

Dibandingkan dengan kandungan vitamin C dalam suplemen, sebenarnya tubuh hanya memerlukan vitamin C dalam jumlah sedikit. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013, wanita dewasa hanya memerlukan vitamin C sebesar 75 mg dan pria dewasa memerlukan vitamin C sebesar 90 mg. Bandingkan dengan kandungan vitamin C dalam suplemen yang biasanya lebih dari 1000 mg.

Padahal, kelebihan asupan vitamin C tersebut nantinya akan dibuang oleh tubuh. Vitamin C merupakan vitamin larut air yang akan dikeluarkan oleh tubuh jika berlebihan dan tidak bisa disimpan dalam tubuh. Sehingga, Anda perlu mencukupi kebutuhan vitamin C ini setiap hari. Bagi Anda yang mempunyai masalah lambung, Anda bisa memperoleh vitamin C dari makanan yang mengandung asam rendah.

Cek Arti Warna Feses Bayi

Kebanyakan orangtua baru mungkin akan bingung apakah feses bayi mereka normal atau tidak. Wajar, sebab terdapat beragam warna dan tekstur yang mungkin belum pernah dilihat sebelumya.

Cari Tahu di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Makanan Bergizi untuk Orang dengan Thalassemia

Salah satu masalah orang thalasemia adalah masalah gizi. Apa saja pilihan nutrisi dan makanan untuk penderita thalasemia?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Penyakit Kelainan Darah, Thalasemia 22 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

4 Jenis Suplemen dan Vitamin Penambah Darah untuk Anemia

Salah satu cara mengatasi masalah anemia adalah dengan mengonsumsi suplemen dan vitamin penambah darah. Apa saja vitamin untuk kurang darah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 2 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Perut Panas dan Ulu Hati Sakit Setelah Makan? Begini Mengatasinya

Apa yang biasanya Anda lakukan segera setelah makan? Rebahan karena ngantuk kekenyangan? Kebiasaan buruk ini bisa bikin perut panas dan perih, lho

Ditulis oleh: Priscila Stevanni
Hidup Sehat, Tips Sehat 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Tips Menghadapi Kecemasan Kembali Beraktivitas di Era New Normal

Wajar jika merasa khawatir terhadap ketidakpastian di tengah pandemi COVID-19. Yuk, cari tahu solusi menghadapi kecemasan di new normal di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
menghadapi kecemasan di new normal
Hidup Sehat, Tips Sehat 3 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

vitamin C mencerahkan kulit

Benarkah Vitamin C Bisa Membuat Warna Kulit Lebih Cerah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 4 menit
vitamin untuk anak

Agar Tidak Keliru, Ketahui Aturan Pemberian Vitamin untuk Anak

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 November 2020 . Waktu baca 10 menit
Konten Bersponsor
fungsi sistem imun

Bantu Cegah Penyakit, Ini Peran Vitamin C, D, dan Kalsium di Sistem Imun

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 1 November 2020 . Waktu baca 5 menit
perut kosong hindari makan pedas dan asam

Kenapa Makanan Pedas Tidak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit