Diabetes atau kencing manis selama ini mungkin dikenal sebagai penyakit orang dewasa. Tapi jangan salah, ternyata diabetes juga bisa terjadi pada anak kecil bahkan pada bayi.

Diabetes yang sudah diderita sejak bayi bisa berkembang seumur hidup. Sehingga, perawatan yang tepat sangat diperlukan agar penderita diabetes tetap sehat dan bisa beraktivitas normal.

Untuk mengetahui bayi Anda punya diabetes atau tidak, Anda perlu mengetahui tanda-tanda diabetes pada bayi. Apa saja?

Di usia berapa diabetes pada bayi muncul?

Diabetes merupakan penyakit kronis yang memengaruhi kemampuan tubuh dalam menyerap gula darah dan menggunakannya sebagai energi. Orang dengan diabetes, tidak mampu menggunakan insulin dengan baik, sehingga gula darah menumpuk dalam tubuh.

Tidak hanya pada orang dewasa, diabetes juga bisa terjadi pada bayi. Diabetes pada bayi bisa berlangsung hanya sementara (dinamakan transient neonatal diabetes mellitus (TNDM) tipe 1) dan juga ada yang menetap berlangsung seumur hidup (dinamakan permanent neonatal diabetes mellitus (PNDM)).

TNDM bisa terjadi sejak bayi lahir (satu minggu pertama setelah lahir) dan biasanya gejala TNDM dapat hilang secara bertahap antara usia 3 bulan sampai 18 bulan. Namun, diabetes ini bisa muncul lagi, terutama pada masa anak-anak atau selama masa remaja, dan berkembang menjadi diabetes mellitus permanen. Sedangkan, PNDM biasanya pertama kali muncul dalam 6 bulan pertama kehidupan dan berlanjut sampai seumur hidup.

Gejala diabetes pada bayi

Agar bayi dengan diabetes cepat mendapat perawatan yang tepat, Anda sebagai orangtua tentu perlu mengetahui apa saja tanda-tanda diabetes yang dialami bayi. Tanda-tanda diabetes pada bayi adalah:

  • Bayi sudah mengalami keterlambatan pertumbuhan sejak masih dalam kandungan
  • Bayi mengalami hiperglikemia (kadar gula darah tinggi)
  • Bayi lebih sering buang air kecil sehingga banyak kehilangan cairan tubuh dan mengalami dehidrasi. Selain itu, bau urine bayi mungkin menyerupai aroma buah.
  • Bayi tidak mampu menaikkan berat badan atau berat badan bayi terus berkurang. Walaupun bayi mungkin sudah makan banyak, namun berat badan bayi tetap saja sulit bertambah.
  • Bayi muntah tanpa alasan yang jelas
  • Bayi terlihat lelah dan lemah karena kekurangan energi
  • Bayi mengalami keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan

Menurut Genetic Home Reference, bayi dengan TNDM juga bisa mengalami perkembangan organ yang tidak normal, seperti otak, jantung, atau ginjal, dan juga bisa mengalami lemah otot. Sedangkan, bayi dengan PNDM biasanya mempunyai pankreas yang perkembangannya terbelakang.

Jika berat badan bayi Anda terus menurun dan sulit naik, sebaiknya bawa bayi segera ke dokter. Anda patut curiga bayi mengalami diabetes. Dokter akan memeriksa kadar gula darah bayi. Jika kadar gula darah bayi 200 mg/dL atau lebih tinggi, bisa jadi bayi Anda menderita diabetes. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan di laboratorium lebih lanjut untuk memastikannya.

Pengobatan diabetes pada bayi

Bayi dengan diabetes membutuhkan perawatan khusus yang bertujuan agar kadar gula darahnya tetap terkontrol. Gula darah yang tidak terkontrol dalam waktu lama bisa menyebabkan diabetes pada bayi menjadi lebih buruk dan bahkan bisa memunculkan komplikasi diabetes. Ini membutuhkan perawatan seumur hidup.

Anda sebagai orangtua harus memerhatikan asupan makan bayi sampai ia bertambah besar. Asupan makan sangat bisa memengaruhi kadar gula darah, sehingga asupan makan harus dikontrol. Hindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi untuk diberikan ke bayi, seperti makanan dan minuman manis.

Sebaiknya gunakan pemanis rendah kalori dan yang mengandung mineral kromium untuk ditambahkan dalam makanan atau minuman bayi. Mineral kromium bisa meningkatkan fungsi hormon insulin, sehingga kadar gula darah bisa lebih terkontrol.

Jika dokter memberikan obat, seperti insulin, sebaiknya gunakan obat tersebut sesuai aturan. Jangan sampai lupa atau lewat dari waktu pemberian obat yang seharusnya. Obat yang diberikan dokter sangat membantu dalam mengontrol kadar gula darah.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca