6 Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Penderita Diabetes

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Saat menderita diabetes, tubuh Anda tentu memiliki kadar gula darah yang tergolong tinggi. Hal ini menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan tubuh Anda, termasuk kesehatan gigi dan mulut. Namun, Anda sebenarnya tidak perlu merasa khawatir. Ada tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk penderita diabetes. Simak penjelasannya di bawah ini, ya.

6 tips menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk penderita diabetes

Kesehatan gigi dan mulut untuk penderita diabetes memang sering kali menjadi perhatian. Maka dari itu, praktikkan beberapa tips di bawah ini agar kesehatan gigi dan mulut penderita diabetes selalu terjaga.

1. Mengontrol diabetes

Sebagai penderita diabetes, salah satu tips menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda adalah mengontrol penyakit diabetes itu sendiri. Pasalnya, kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan mulut kering, penyakit gusi, gigi keropos, dan infeksi jamur di area mulut.

Masalahnya, infeksi yang timbul juga berpotensi meningkatkan kadar gula darah, sehingga penyakit diabetes juga makin sulit dikontrol. Runyam, bukan? Maka dari itu, Anda harus berkomitmen terhadap diri sendiri untuk selalu menjaga kadar gula darah Anda.

Di samping itu, selalu ikuti instruksi yang telah diberikan oleh dokter untuk menjaga kadar gula darah di dalam kadar yang normal. Semakin baik Anda dalam mengontrol kadar gula darah, maka kemungkinan Anda mengalami radang gusi atau masalah gigi dan mulut lainnya akan semakin kecil.

2. Periksa ke dokter gigi secara rutin

Di samping mengontrol kadar gula darah, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut bagi penderita diabetes, Anda juga disarankan untuk rutin pergi ke dokter gigi. Tujuannya, untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut. Hal ini dikarenakan penderita diabetes rentan mengalami infeksi di area mulut.

Maka dari itu, Anda harus rajin melakukan pemeriksaan ke dokter gigi, setidaknya sebanyak dua kali dalam satu tahun. Selama menjalani pemeriksaan dan perawatan dengan dokter gigi, beri tahu dokter bahwa Anda mengidap penyakit diabetes. Jangan lupa pula untuk menyebutkan semua obat yang Anda gunakan.

Minta dokter untuk mengajarkan Anda merawat kesehatan gigi dan mulut untuk penderita diabetes di rumah. Dengan begitu, Anda bisa lebih optimal menjaga kebersihan area mulut Anda.

3. Gosok gigi setiap hari

Jika Anda peduli dengan kesehatan gigi dan mulut Anda, tentu menggosok gigi setiap hari bukan hal yang sulit. Sebagai penderita diabetes, Anda justru harus lebih perhatian dalam merawat gigi dan mulut demi kesehatan.

Setidak-tidaknya, gosok gigi Anda sebanyak dua kali dalam sehari. Selain menjaga agar Anda terhindar dari bau mulut, menggosok gigi juga dapat menghilangkan bakteri yang berpotensi membentuk plak dan berujung pada infeksi.

Namun, tidak hanya sekadar menggosoknya, Anda juga harus melakukannya dengan benar. Cara yang benar untuk menggosok gigi adalah mengarahkan sikat gigi 45 derajat berlawanan dengan gusi. Lalu, gerakkan sikat gigi tersebut perlahan ke bagian depan, belakang, dan juga bagian atas-bawah. Lakukan gerakan tersebut selama dua menit.

Selama menggosok gigi, jangan lupa untuk menggosok gusi dan juga lidah. Sebaiknya, sikat gigi Anda setiap pagi hari setelah bangun tidur, pada malam hari sebelum tidur, dan setelah makan. Anda bisa menggunakan sikat dengan bulu yang lembut, dan pasta gigi yang mengandung flouride. Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi dengan yang baru setiap tiga bulan sekali.

4. Membersihkan gigi dengan benang (dental floss)

Upaya lain yang bisa Anda lakukan demi menjaga kesehatan gigi dan mulut bagi penderita diabetes adalah membersihkan gigi dengan benang setiap hari. Biasanya, benang ini disebut dengan dental floss. Kegiatan ini dapat membantu Anda mengatur timbulnya plak pada mulut.

Membersihkan dengan benang termasuk kegiatan yang penting karena dental floss bisa meraih bagian mulut yang tidak tergapai oleh sikat gigi. Misalnya, di sela-sela gigi Anda. Usahakan untuk rutin melakukannya setiap hari, sama seperti menggosok gigi. Jika Anda tidak tahu bagaimana melakukannya dengan benar, tanyakan kepada dokter cara tepat untuk membersihkan gigi dengan benang.

5. Gunakan obat kumur

Mungkin tahapan yang harus Anda lakukan demi menjaga kebersihan gigi dan mulut bagi penderita diabetes lebih panjang. Namun, hal ini penting agar area mulut Anda memang benar-benar bersih. Tambahkan penggunaan obat kumur dalam rutinitas Anda membersihkan gigi dan mulut.

Selain menyegarkan mulut Anda, mengeluarkan sisa-sisa makanan, obat kumur juga bisa menangkal penyakit gusi dan pembentukan plak. Bicarakan dengan dokter Anda bagaimana kumur menggunakan obat kumur dengan benar.

6. Berhenti merokok

Jika Anda adalah seorang perokok, hal ini adalah salah satu alasan yang tepat untuk berhenti merokok. Merokok bisa berdampak buruk pada penderita diabetes, terutama dalam untuk kesehatan gigi dan mulut.

Rokok memang memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan mulut siapa saja yang mengonsumsinya. Namun, bagi penderita diabetes, merokok meningkatkan potensi terbentuknya masalah gusi. Pasalnya, produk yang mengandung tembakau dapat merusak jaringan di ares gusi. Di samping itu, merokok juga dapat mempercepat pengeroposan jaringan dan juga tulang.

Berhenti merokok memang bukan hal yang mudah, apalagi jika Anda termasuk perokok berat. Namun, bukan berarti Anda tidak mungkin melakukannya. Motivasi diri Anda untuk berhenti demi kesehatan diri Anda dan orang di sekeliling Anda.

Share now :

Direview tanggal: Januari 21, 2020 | Terakhir Diedit: Januari 20, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca