Pentingnya Makanan Bernutrisi untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Agar tetap sehat, Anda tentunya harus menjalani pola makan yang sehat dan bernutrisi setiap harinya. Begitu juga saat menjaga kesehatan gigi dan mulut, makanan yang dikonsumsi terutama pada masa kanak-kanak dan remaja akan sangat berpengaruh ketika dewasa.

Oleh karena itu, memilih makanan yang tepat untuk menu sehari-hari sangatlah penting untuk dilakukan.

Bagaimana makanan mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut?

infeksi mulut

Tahukah Anda, ternyata ada 700 spesies mikroba yang tinggal di dalam mulut. Mikroba tersebut juga termasuk kuman seperti bakteri dan jamur.

Mikroba tumbuh di bagian mulut yang berbeda-beda. Ada yang menempel pada gigi, ada yang menempel di lidah, serta ada juga yang menempel di sela-sela gusi.

Sebagian mikroba di dalam mulut merupakan mikroba baik yang akan membantu Anda saat mengunyah makanan serta melindungi gigi dan mulut dari mikroba jahat yang bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi.

Sayangnya, pertumbuhan mikroba jahat sangat mudah terjadi. Makanan yang Anda makan, terutama dengan kandungan gula yang tinggi, akan bersentuhan dengan kuman dan bakteri yang hidup di mulut. Beberapa mikroba nantinya akan mengubah gula menjadi matriks dan asam.

Matriks adalah sebuah mekanisme mikroba dalam melindungi diri dengan membentuk lapisan licin dan lengket. Matriks dapat menempel pada plak gigi.

Ketika Anda tidak menyikat gigi, plak yang bergabung dengan gula dan pati akan semakin memicu pertumbuhan dan akhirnya menghasilkan asam yang menyerang email (bahan padat berwarna putih dan keras) gigi. Matriks tersebut membuat plak semakin sulit untuk dibasmi.

Jika terus-menerus bertahan pada pola asupan tidak sehat dengan makanan yang tinggi gula, bukan tak mungkin Anda akan mengalami berbagai masalah kesehatan pada gigi dan mulut.

Selain itu, kurangnya konsumsi makanan yang bernutrisi sejak kecil dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi dan pembentukan rahang.

Makanan apa yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut?

makanan gigi dan mulut
Sumber: Dentist Conroe, TX

Memang, makanan dan minuman dengan gula tinggi seperti kue coklat dan soda sangat menggugah selera. Berhenti mengonsumsinya sama sekali juga sangat sulit dan tentunya akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Tidak apa-apa jika Anda ingin makan kudapan yang manis sesekali, tapi sebaiknya perbanyak juga konsumsi makanan yang bergizi.

Beberapa kandungan nutrisi yang sangat disarankan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah makanan yang mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin C.

Seperti yang telah banyak diketahui, makanan yang kaya akan kandungan kalsium dapat membantu meningkatkan kekuatan gigi dan tulang.

Asupan kalsium bisa didapatkan dari susu dan produknya seperti yogurt dan keju, tahu, salmon, serta kacang almon. Serupa dengan kalsium, fosfor yang ada pada makanan seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak juga dapat membuat gigi lebih kuat.

Sedangkan jika ingin gusi sehat, konsumsi makanan yang mengandung vitamin C secara rutin sangatlah dibutuhkan. Vitamin C merupakan vitamin yang sangat mudah ditemui, terutama pada buah dan sayuran seperti jeruk, lemon, tomat, bayam, dan cabai.

Tak hanya itu, protein ternyata juga mampu melindungi gigi dan mulut dari berbagai penyakit. Protein yang ada dalam daging, keju, dan kacang-kacangan merupakan salah satu zat yang penting dalam pembentukan kolagen yang dapat memelihara kesehatan jaringan ikat di mulut dan gusi serta membantu penyembuhan luka.

Lakukan kebiasaan sehat lainnya

menyikat gigi sensitif

Makanan bukanlah satu-satunya yang harus Anda perhatikan saat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Anda juga harus melakukan kebiasaan lainnya seperti minum banyak air putih.

Minum air putih akan mengatasi mulut kering dengan memicu produksi air liur yang dapat menurunkan risiko kerusakan gigi.

Sikatlah gigi sebanyak dua kali dengan lama waktu sedikitnya dua menit. Jangan lewatkan untuk menyikat lembut pada lidah untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel.

Untuk membersihkan area yang tidak bisa dijangkau dengan sikat gigi, gunakan dental floss terutama setelah selesai makan. Ganti peralatan membersihkan gigi setiap 3-4 bulan sekali.

Untuk memastikan bahwa gigi dan mulut selalu dalam keadaan baik, lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setidaknya setiap enam bulan sekali.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pengaruh Kesehatan Gigi dan Mulut Bagi Kesehatan Tubuh Secara Menyeluruh

Cari tahu hubungan dan betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, demi mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
kesehatan mulut dan gigi
Gigi dan Mulut 24 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Berbagai Cara Mengatasi Gigi Ngilu yang Ampuh dan Efektif

Tanpa Anda sadari, makan es krim, minuman panas, dan makanan manis bisa bikin gigi ngilu. Simak pilihan obat dan cara mengatasi gigi ngilu berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gigi dan Mulut 22 Desember 2020 . Waktu baca 9 menit

4 Persiapan Sebelum Perawatan Saluran Akar Gigi (Root Canal Treatment)

Banyak yang keburu merinding saat membayangkan sakitnya perawatan saluran akar gigi. Psst.. ini bisa dihindari jika Anda menyiapkan diri sebaik mungkin.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Perawatan Gigi, Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 8 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

Menjaga Kesehatan Rongga Mulut Tetap Sehat di Usia 40 Tahun ke Atas

Kesehatan gigi dan mulut akan menurun seiring bertambahnya usia. Yuk, cari tahu cara yang baik dan benar menjaga kesehatannya.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
kesehatan gigi dan mulut saat puasa
Gigi dan Mulut 8 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
gigi perokok

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Perokok, Begini Caranya!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
masalah oral perokok aktif

Masalah Kesehatan Oral yang Mengintai Perokok Aktif dan Trik Perawatannya

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
scaling gigi

Untuk Apa Rutin Melakukan Scaling Gigi? Ketahui Prosedur dan Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
rahang sakit

7 Penyebab Sakit Rahang yang Mungkin Anda Tidak Sadari, Apakah Berbahaya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 28 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit