Kenapa Penderita Diabetes Tak Boleh Minum Soft Drink?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/12/2019
Bagikan sekarang

Hidup dengan diabetes mengharuskan Anda untuk benar-benar memerhatikan asupan makanan dan minuman. Terutama pada makanan atau minuman yang mengandung gula. Soft drink alias minuman kemasan dengan berbagai rasa yang mudah ditemui ini, menjadi salah satu minuman yang perlu diwaspadai. Kenapa soft drink menjadi minuman untuk diabetes yang harus dihindari? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Bahaya minum soft drink bagi penderita diabetes

Siapa yang tidak suka soft drink? Minuman ini selalu menjadi andalan saat Anda bepergian atau mengadakan acara tertentu. Walaupun rasanya segar, enak, dan praktis, soft drink ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari Medical News Today, sebuah studi menunjukkan bahwa terlalu banyak minum minuman manis atau bersoda bisa menyebabkan seseorang lebih besar risikonya terkena diabetes.

Berbagai jenis minuman ringan yang Anda minum, memberi tubuh tambahan energi berlebih dalam bentuk lemak jika tidak digunakan. Hal ini bisa membuat Anda kelebihan berat badan dan akhirnya terkena obesitas. Orang dengan obesitas sangat rentan terkena diabetes tipe 2 dan penyakit kronis lainnya. Itulah kenapa banyak ahli kesehatan yang menyarankan orang sehat untuk mengurangi kebiasaan minum soft drink. Apalagi untuk diabetesi (penderita diabetes) sangat sensitif dan perlu berhati-hati dengan segala makanan dan minuman bergula.

Soft drink mengandung gula, pewarna, pengawet, dan beberapa di antaranya ditambahkan dengan soda. Rasa manis dari soft drink menunjukkan bahwa minuman ini mengandung gula tinggi sehingga tergolong ke dalam jenis minuman dengan indeks glikemik tinggi. Yaitu, mengandung karbohidrat yang cepat dicerna oleh tubuh sehingga membuat kadar gula darah melonjak tinggi secara cepat.

Kadar gula darah pada tubuh Anda memengaruhi hormon insulin. Hormon ini diproduksi oleh pankreas dan bertugas untuk mengatur kadar gula darah Anda tetap normal. Saat kadar gula darah naik dengan cepat, maka dibutuhkan insulin lebih banyak.

Dalam jangka panjang, kondisi ini bisa menciptakan kelelahan pankreas dan akhirnya menyebabkan intoleransi glukosa dan berkembang menjadi diabetes. Tentu diabetesi akan menjadi lebih parah kondisinya atau mengalami komplikasi, jika mengonsumsi minuman tinggi gula seperti soft drink.

Jenis minuman lain yang sebaiknya juga dihindari

manfaat alkohol dan minuman keras

Sebenarnya bukan hanya soft drink, ada banyak jenis minuman yang mengandung tinggi gula yang sangat berisiko jika diminum oleh diabetesi, seperti minuman energi dan alkohol. Minuman energi mengandung tinggi karbohidrat dan kafein, sementara alkohol mengandung tinggi karbohidrat. Keduanya bisa meningkatkan gula darah dengan cepat dan resistensi insulin sehingga membuat kondisi pasien diabetes menjadi semakin buruk.

American Diabetesi Association (ADA) merekomendasikan minuman rendah kalori untuk diabetesi supaya lonjakan gula darah bisa dicegah, berat badan tetap terkendali, dan tentunya meringankan gejala. Jadi, pilihan terbaik minuman untuk diabetes adalah air putih. Tenang saja, diabetesi tetap bisa menikmati teh, kopi, dan jus yang kaya antioksidan dan vitamin yang sangat sayang jika dilewatkan.

Asal semua minuman tersebut Anda racik dan buat sendiri, bukan kemasan. Artinya, Anda bisa mengatur gula yang digunakan, seperti memilih untuk tidak memakai gula sama sekali atau menggunakan gula yang rendah kalori. Jangan lupa, untuk selalu memeriksakan kesehatan Anda ke dokter sebagai cara untuk mengendalikan penyakit diabetes yang Anda miliki.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Neuropati pada Diabetesi Bisa Disembuhkan?

Meski belum ada pengobatan untuk menyembuhkan neuropati diabetik, pengidap diabetes dapat meringankan gejala dan menghambatnya menjadi lebih parah.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Pemanis Buatan dan Karbohidrat Ternyata Memengaruhi Sensitivitas Insulin

Ternyata perpaduan pemanis buatan dan karbohidrat dapat menjadi pengaruhi tingkat sensitivitas insulin seseorang. Seperti apa penjelasannya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Bagaimana Strip Test Gula Darah Bisa Mengetahui Kadar Gula Kita?

Penderita diabetes pasti sudah tidak asing dengan alat tes gula darah. Namun, tahukan Anda bagaimana sebuah strip bisa memberikan informasi sepenting itu?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Rena Widyawinata

3 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Meski Didiagnosis Prediabetes

Mengurangi makanan manis untuk prediabetes memang merupakan suatu keharusan. Namun, bukan berarti Anda selamanya tidak boleh mengonsumsi makanan manis, lho.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Direkomendasikan untuk Anda

diabetesi

Tunda Dulu ke Rumah Sakit Selama Wabah, Ini Tips untuk Diabetesi Selama di Rumah

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020
manfaat jalan kaki bagi penderita diabetes

6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020
camilan untuk penderita diabetes

Apa Saja Camilan yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes dalam Sehari?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020
makanan untuk mencegah diabetes

Panduan Makan untuk Orang yang Punya Riwayat Diabetes

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 23/04/2020