Stop Lakukan 5 Hal Ini Saat Kulit Anda Sedang Gatal-Gatal

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14/08/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kulit gatal tentunya membuat Anda jadi jengkel. Pasti Anda berharap segera terbebas dari kondisi ini. Sayangnya, rasa gatal terkadang malah justru semakin bertambah parah sekalipun ruam sudah diobati.

Lantas, apa saja yang membuat kulit gatal akibat jadi makin memburuk? Cari tahu jawabannya berikut ini agar hal tersebut dapat Anda hindari.

Hal yang harus dhindari saat kulit gatal akibat digigit kutu

Jika ingin terbebas dari kulit gatal, Anda harus menghindari beberapa hal seperti:

1. Terus menggaruk kulit gatal

kulit gatal

Munculnya rasa gatal membuat otak Anda memerintahkan tangan untuk menggaruknya. Awalnya pasti terasa enak dan membuat Anda kecanduan. Namun, semakin keras Anda menggaruk, semakin besar gesekan pada kulit. Akibatnya, kulit gatal malah bisa jadi lecet, terasa perih, dan bisa menyebabkan infeksi.

Perlu Anda ketahui bahwa kuku sering kali jadi tempat persembunyian kuman-kuman. Nah, saat ruam yang Anda garuk terluka, bakteri dari kuku bisa masuk dan menyebabkan infeksi.

Lantas, harus bagaimana untuk mengatasi rasa gatal? Anda bisa menepuk beberapa kali area kulit yang terasa gatal alih-alih menggaruknya. Ringankan rasa gatal dengan kompres air dingin.

2. Salah pakai krim antigatal

kulit gatal

Selain mengompres, Anda juga bisa mengoleskan krim atau losion pereda gatal. Produk ini dapat Anda temukan dengan mudah di apotek.

Setiap produk mungkin memiliki bahan aktif yang berbeda-beda, seperti calamine, hidrokortison, diphenhydramine, urea dan lauromacrogol. Semua bahan aktif tersebut dapat meringankan rasa gatal sehingga Anda tidak perlu lagi jengkel ingin menggaruknya.

Selain meredakan gatal, lauromacrogol juga menjaga kelembapan kulit sehingga Anda terhindar dari kulit kering. Jika ruam kulit sudah lecet, maka pilih produk yang berbahan aktif centella Asiatica yang melegakan kulit dari iritasi sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

Jika Anda sudah tepat memilih produk, kenapa kondisi terus bertambah parah? Meski produknya tepat, jika Anda tidak benar dalam memakainya kemungkinan kondisi semakin memburuk bisa terjadi. Kenapa?

Coba ingat-ingat lagi, apakah Anda sudah membersihkan tangan dan ruam di kulit sebelum diolesi krim?

Jadi, cucilah ruam dan tangan Anda sebelum diolesi krim. Selalu baca aturan pakai supaya produk yang Anda gunakan sesuai dosis.

3. Pakai baju atau celana yang ketat dan bahannya kasar

gatal tiba-tiba

Umumnya ruam gatal terjadi di sekitar tangan dan kaki, namun, bisa juga terjadi di bagian tubuh lainnya seperti paha, selangkangan, leher, atau punggung.

Jika baju atau celana yang Anda gunakan terlalu ketat dan bahannya kasar, ruam akan lebih banyak mendapat gesekan. Akibatnya, ruam jadi lecet dan kondisinya jadi semakin memburuk. Untuk itu, pilih pakaian dan celana yang bahannya lembut dan lebih longgar.

4. Berendam terlalu lama dan membiarkan keringat di tubuh

berendam air panas

Pernah mendengar bahwa kulit gatal bisa diatasi dengan berendam oatmeal koloid atau baking soda? Meski Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengatasi kulit gatal, berendam terlalu lama bisa membuat kulit Anda kering.

Kulit kering sangat cenderung menimbulkan sensasi gatal, Kemungkinan kondisi kulit Anda bisa bertambah parah jika berendam air hangat terlalu lama.

Atur lamanya waktu berendam tidak lebih dari 20 menit. Kemudian, pastikan juga air untuk berendam tidak terlalu panas, alias hangat suam-suam kuku saja. Selain itu, membiarkan tubuh berkeringat juga bisa membuat rasa gatal semakin memburuk. Setelah berolahraga, sebaiknya ganti baju Anda dengan yang lebih kering dan segera bersihkan tubuh.

5. Tidur dengan hewan peliharaan

hewan peliharaan sakit

Kulit gatal bisa disebabkan oleh gigitan kuku, Nah, kutu ini sering menempel pada bulu-bulu halus hewan peliharaan.

Jika Anda masih saja tidur bersama dengan hewan peliharaan Anda, kutu akan berpindah ke kasur dan bisa menggigit tubuh Anda. Bulu hewan peliharaan juga bisa menyebabkan alergi, yang bisa menimbulkan gejala gatal pada kulit,

Saat kulit Anda sedang gatal, sebaiknya hindari tidur satu ranjang dengan hewan peliharaan Anda. Untuk sementara, pisahkan tempat tidur atau titip hewan peliharaan pada teman atau tempat penitipan hewan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Tanda yang Muncul di Kulit Jika Anda Tidak Cocok Dengan Produk Skincare Baru

Kulit Anda dapat menunjukkan tanda-tanda khusus saat skin care yang selama ini dipakai ternyata tidak cocok. Jangan abaikan tanda yang muncul!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Kecantikan 12/10/2019 . Waktu baca 4 menit

Cara Mencegah Iritasi Kulit Akibat Mencukur Bulu Vagina

Iritasi kulit (razor burn) akibat mencukur muncul karena kurang kehati-hatian. Bagaimana cara mencegah razor burn saat mencukur area sensitif ini?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Kewanitaan, Hidup Sehat 20/08/2019 . Waktu baca 3 menit

Bolehkah Pakai Kombinasi Dua Serum Sekaligus Pada Wajah?

Terkadang satu serum saja tidak cukup untuk mengatasi 1001 masalah kulit wajah. Bolehkah pakai kombinasi dua serum dan mencampurnya sekaligus?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Kecantikan 02/08/2019 . Waktu baca 4 menit

4 Tips Mudah Mencegah Gatal Karena Makanan

Kulit gatal bisa disebabkan oleh makanan. Nah, untuk mencegah kambuhnya kulit gatal karena makanan, ikuti beberapa tipsnya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat 25/07/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gatal karena kulit kering

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . Waktu baca 5 menit
Salep untuk cacar air

Salep Apa yang Baik untuk Mengatasi Gatal Cacar Air?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 22/05/2020 . Waktu baca 6 menit
biduran pada anak

Pilihan Obat Biduran untuk Anak yang Aman

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 30/03/2020 . Waktu baca 4 menit
penyebab jerawat terasa gatal

5 Penyebab Jerawat Terasa Gatal dan Tidak Nyaman

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 24/02/2020 . Waktu baca 5 menit