home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Penyebab Umum Ruam Merah di Pergelangan Tangan, dari Eksim Hingga Kudis

5 Penyebab Umum Ruam Merah di Pergelangan Tangan, dari Eksim Hingga Kudis

Ruam termasuk salah satu masalah kulit yang umum menyerang anak-anak hingga orang tua. Pergelangan tangan menjadi salah satu bagian tubuh yang rentan terkena ruam karena kulitnya cukup sensitif dan banyak terpapar zat asing. Berikut berbagai penyebab ruam di pergelangan tangan yang perlu Anda ketahui.

Berbagai penyebab ruam di pergelangan tangan

1. Reaksi alergi

alergi dingin

Ruam di pergelangan tangan bisa disebabkan oleh reaksi alergi. Gejala kemerahan pada kulit ini bisa disebabkan oleh berbagai barang yang Anda gunakan seperti jam tangan dan gelang. Namun, Anda juga bisa mengalami alergi karena deterjen, sabun, lateks, lanolin, dan formaldehida.

Ketika suatu zat menyebabkan reaksi alergi, kondisi ini disebut dermatitis kontak alergi. Alergi ini biasanya membuat kulit teriritasi dan menimbulkan reaksi bintik kemerahan yang biasanya muncul dalam 2 hingga 3 hari.

2. Kudis

Kudis (Scabies)

Kudis adalah kondisi kesehatan yang disebabkan oleh tungau kecil. Tungau kemudian berkembang biak di permukaan kulit untuk bertelur. Akibatnya kulit bereaksi dengan menunjukkan reaksi seperti kulit mengalami ruam kemerahan dengan bintik-bintik kecil yang biasanya berisi cairan. Jika Anda memiliki kudis, maka kulit akan terasa sangat gatal. Umumnya, rasa gatal akan meningkat di malam hari.

Ruam karena kudis tak hanya terjadi di pergelangan tangan saja tetapi juga bisa menyerang bagian tubuh lainnya dan biasanya bervariasi berdasarkan usia. Pada anak kecil dan bayi biasanya kudis akan menyerang kepala, leher, bahu, dan juga tangan. Namun pada anak-anak yang berusia lebih tua dan orang dewasa, kudis lebih banyak ditemukan pada pergelangan tangan, di antara jari-jari, perut, payudara, ketiak, dan alat kelamin.

3. Neurodermatitis

lichen
Sumber: National Eczema Association

Neurodermatitis adalah masalah kulit yang menimbulkan bercak berwarna merah gelap yang gatal. Biasanya, kondisi ini menyerang leher, pergelangan tangan, lengan bawah, paha, dan pergelangan kaki. Rasa gatal ini membuat kulit yang terserang menjadi lebih tebal dan kasar. Namun meskipun gatal menggaruknya justru bisa membuat rasa gatal semakin menjadi-jadi. Rasa gatal yang Anda rasakan bisa cukup intens atau datang dan pergi. Meskipun bukan termasuk penyakit menular, tetapi kondisi ini sangat mengganggu keseharian dan waktu istirahat Anda jika sedang kambuh.

4. Creeping eruption

creeping eruption
Sumber: Diseasedoctor.com

Creeping eruption adalah penyakit kulit akibat infeksi larva non human hookworm Ancylostoma braziliensis atau Ancylostoma caninum yang berasal dari kucing atau anjing. Larva ini menembus kulit manusia dan menimbulkan gejala berupa lepuhan, kemerahan yang menonjol, dan disertai rasa gatal serta panas. Biasanya kondisi ini terjadi saat Anda mengalami kontak langsung dengan tanah atau pasir yang sudah terkontaminasi dengan kotoran anjing atau kucing.

Creeping erruption lebih sering terjadi pada anak-anak ketimbang dewasa. Masalah kulit ini umumnya dapat hilang dengan sendirinya. Namun, tersedia pengobatan yang dapat meringankan gejalanya dan mempercepat penyembuhan.

5. Eksim

mengobati eksim kulit

Jika ruam di pergelangan tangan tidak kunjung hilang, Anda mungkin mengalami eksim. Kulit yang terkena eksim akan mengalami bercak kering yang bersisik dan seperti terangkat. Kondisi ini sangat gatal dan rentan mengalami peradangan apalagi jika digaruk. Jika Anda terus menggaruknya biasanya akan muncul cairan dari dalam kulit yang bisa membuat eksim semakin melebar ke bagian kulit yang lain.

Jika Anda memiliki eksim, usahakan untuk menjaga kelembapan kulit. Dokter biasanya akan meresepkan krim steroid yang megandung anthralin atau coal tar. Selain itu, antihistamin juga biasanya akan diresepkan untuk meredakan gatal.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Possible Causes of a Rash on Your Wrist

https://www.healthline.com/health/rash-on-wrist#eczema accessed on July 25th 2018

What is causing this rash on my wrist?

https://www.medicalnewstoday.com/articles/322196.php accessed on July 25th 2018

Neurodermatitis

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/neurodermatitis/symptoms-causes/syc-20375634 accessed on July 25th 2018

Creeping Eruption

http://www.perdoski.or.id/doc/mdvi/fulltext/33/214/7_Laporan_Kasus_1.pdf accessed on July 25th 2018

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Widya Citra Andini
Tanggal diperbarui 17/08/2018
x