Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Gatal Tak Kunjung Sembuh? 6 Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Gatal Tak Kunjung Sembuh? 6 Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Rasa gatal akibat gigitan serangga, reaksi alergi, atau kontak dengan tanaman beracun biasanya akan membaik dalam beberapa waktu. Namun, jika gatal yang Anda alami tak kunjung sembuh, mungkin ada faktor-faktor yang yang menjadi penyebabnya.

Ciri-ciri gatal yang tak kunjung sembuh

Gatal-gatal pada dasarnya merupakan sensasi tidak nyaman yang membuat Anda ingin menggaruk kulit. Dalam dunia medis, gatal-gatal pada kulit dikenal sebagai pruritus.

Pruritus akibat rangsangan luar seperti gigitan serangga atau iritasi umumnya bersifat akut. Artinya, rasa gatal muncul dengan cepat dan bisa menghilang dengan cepat pula bila Anda menghindari pemicunya.

Namun, jika rasa gatal tak kunjung sembuh, Anda mungkin mengalami pruritus kronis. Gatal-gatal kronis bisa menandakan suatu kondisi medis atau penyakit.

Anda mungkin perlu menjalani pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab gatal.

Gatal yang tak kunjung sembuh biasanya muncul pada area tubuh tertentu saja, misalnya lengan atau kulit kepala. Selain gatal-gatal, Anda mungkin juga mengalami gejala lain berupa:

  • bentol,
  • ruam kemerahan,
  • garis-garis pada kulit,
  • luka lecet pada kulit,
  • kulit bersisik, serta
  • kulit kering atau pecah.

Rasa gatal yang menerus memang mengganggu dan membuat Anda ingin terus menggaruk.

Namun, makin sering Anda menggaruk, rasa gatal dan gejala-gejala di atas bisa bertambah parah. Hal ini akan terus berulang dan sulit dihentikan.

Penyebab gatal yang tak kunjung sembuh

Pantangan menggaruk gatal herpes cacar air

Selain menjadi respons tubuh terhadap rangsangan luar, gatal-gatal pada kulit juga bisa menandakan masalah kesehatan tertentu.

Berikut penyebab gatal-gatal kronis menurut American Academy of Dermatology Association dan beberapa sumber lainnya.

1. Kulit yang sangat kering

Kulit yang kering tidak memiliki lapisan pelindung yang kuat sehingga rentan terhadap infeksi, iritasi, serta kerusakan.

Berbagai gangguan tersebut bisa membuat kulit terasa gatal, kasar, dan bahkan bersisik. Ini sebabnya orang yang memiliki kulit kering rentan mengalami gatal-gatal kronis.

Rasa gatalnya bahkan bisa begitu parah hingga membuat Anda sering menggaruk, padahal menggaruk bisa memperparah gatal dan menimbulkan luka.

2. Penyakit kronis

Rasa gatal yang tak kunjung sembuh bisa menjadi gejala dari penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, penyakit ginjal, penyakit liver, dan kelainan darah.

Kondisi ini terkadang juga menandakan infeksi HIV atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif.

Setiap penyakit menyebabkan gatal dengan cara yang beragam. Ambil contoh pada penyakit liver, kadar garam empedu dalam tubuh begitu tinggi hingga menumpuk pada kulit.

Tumpukan garam empedu inilah yang membuat kulit terasa gatal. Sementara pada pengidap diabetes, tingginya kadar gula darah bisa menyebabkan kulit kering.

Sirkulasi darah yang tidak lancar dan infeksi kulit dapat membuat kulit semakin kering sehingga terjadilah gatal pada pengidap diabetes.

3. Reaksi alergi

Ada begitu banyak pemicu alergi (alergen) dalam kehidupan sehari-hari, contohnya logam, makanan, udara dingin, dan debu.

Tanpa sadar, Anda mungkin sering terpapar berbagai alergen ini sehingga mengalami gatal yang tak kunjung sembuh.

Reaksi alergi pada kulit terkadang juga ditandai dengan ruam, hidung meler, dan bentol.

Beberapa orang bahkan dapat mengalami syok anafilaksis, yakni reaksi alergi yang sangat parah hingga bisa membahayakan jiwa.

4. Penyakit atau masalah kulit

Artikel Kesehatan Seputar Penyakit Kulit Lainnya

Gatal-gatal yang sifatnya kronis sering kali berkaitan dengan penyakit atau masalah kulit.

Berikut adalah beberapa masalah pada kulit yang gejala utamanya berupa gatal yang tak kunjung sembuh.

  • Dermatitis atopik (eksim). Penyebab eksim tidak diketahui, tapi reaksi sistem imun, genetik, dan stres dapat menyebabkan gatal pada pengidapnya.
  • Dermatitis kontak. Kontak antara kulit dengan zat pemicu seperti lateks, sabun, dan sebagainya dapat menyebabkan gatal pada pengidap dermatitis kontak.
  • Psoriasis. Kondisi kulit ini diduga disebabkan oleh gangguan pada sistem imun. Gatal-gatal paling sering muncul pada lutut, siku, pundak, dan kulit kepala.
  • Neurodermatitis. Gejala awalnya ialah bercak pada kulit yang semakin gatal jika digaruk. Bercak ini biasanya memiliki tekstur tebal atau bersisik.
  • Urtikaria (Biduran). Kondisi kulit ini menimbulkan ruam yang bisa kambuh selama beberapa bulan hingga bertahun-tahun.
  • Infeksi jamur seperti ringworm, kurap, kandidiasis, dan panu.
  • Infeksi parasit seperti kudis (scabies).

Beberapa masalah kulit, seperti eksim, memang tidak dapat dicegah. Anda bisa mengetahui seberapa besar risiko eksim dengan menjawab beberapa pertanyaan dalam alat skrining eksim kami.

5. Gangguan saraf

Gatal yang tak kunjung sembuh bisa menandakan masalah pada saraf atau kerusakan saraf akibat penyakit atau cedera.

Rasa gatal cenderung muncul pada satu area tubuh saja dan tidak menimbulkan ruam.

Beberapa penyakit yang dapat menimbulkan gatal seperti ini yaitu multiple sclerosis, stroke, dan herpes zoster.

Pada kasus herpes zoster, Anda mungkin juga mengalami nyeri, mati rasa, dan sensasi geli yang bertahan selama berbulan-bulan.

6. Efek samping pengobatan

Ada beberapa obat yang dapat menimbulkan efek samping berupa gatal-gatal, seperti aspirin, obat pereda nyeri opioid, serta obat hipertensi.

Selain itu, pengobatan kanker dapat menyebabkan masalah kulit ini. Rasa gatal biasanya tak kunjung hilang selama Anda rutin meminum obat-obatan ini.

Karena Anda tidak boleh sembarang menghentikan penggunaan obat, dokter mungkin akan menyarankan cara merawat kulit selama Anda menjalani pengobatan.

Cara mengatasi gatal yang tak kunjung sembuh

kulit gatal karena diabetes

Untuk dapat menghilangkan gatal-gatal kronis hingga tuntas, Anda tentu perlu mencari penanganan sesuai penyebabnya.

Sayangnya, penyebab gatal-gatal kronis sering kali sulit diketahui sehingga penanganannya juga cukup rumit.

Meski begitu, Anda dapat meredakan gatal dengan beberapa cara sederhana berikut.

  • Menghindari pemicu gatal seperti suhu panas, dingin, mandi terlalu sering, zat pemicu iritasi, dan alkohol.
  • Melembapkan kulit dengan moisturizer secara rutin.
  • Berendam dengan air hangat dan sabun untuk kulit sensitif.
  • Berlatih teknik relaksasi untuk mengurangi stres.
  • Menggunakan krim antigatal mengandung mentol atau polidocanol.

Gatal yang tak kunjung sembuh dapat menandakan berbagai kondisi, dari efek gigitan serangga hingga penyakit kulit tertentu.

Sayangnya, kondisi yang dikenal sebagai pruritus kronis ini sering kali sulit didiagnosis.

Jika Anda mengalami gatal-gatal yang berlangsung lama, Anda dapat berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan perawatan yang tepat.

Verifying...

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Chronic pruritus of unknown origin | DermNet NZ. (2022). Retrieved 9 February 2022, from https://dermnetnz.org/topics/chronic-pruritus-of-unknown-origin

10 reasons your skin itches uncontrollably and how to get relief. (2022). Retrieved 9 February 2022, from https://www.aad.org/public/everyday-care/itchy-skin/itch-relief/relieve-uncontrollably-itchy-skin

Itchy skin (pruritus) – Symptoms and causes. (2022). Retrieved 9 February 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/itchy-skin/symptoms-causes/syc-20355006

Eczema types: Atopic dermatitis overview. (2022). Retrieved 9 February 2022, from https://www.aad.org/public/diseases/eczema/types/atopic-dermatitis

Diabetes: 12 warning signs that appear on your skin. (2022). Retrieved 9 February 2022, from https://www.aad.org/public/diseases/a-z/diabetes-warning-signs

Chronic hives – Symptoms and causes. (2022). Retrieved 9 February 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/chronic-hives/symptoms-causes/syc-20352719

Scientists identify a culprit for chronic itch. (2021). Retrieved 9 February 2022, from https://www.nih.gov/news-events/nih-research-matters/scientists-identify-culprit-chronic-itch

Itching | Pruritus | Itchy skin | MedlinePlus. (2021). Retrieved 9 February 2022, from https://medlineplus.gov/itching.html

Neurodermatitis – Symptoms and causes. (2022). Retrieved 9 February 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/neurodermatitis/symptoms-causes/syc-20375634

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui Feb 23
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro