Daftar Perawatan Wajib untuk Kulit Wajah Berminyak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Merawat kulit berminyak memang membutuhkan perhatian yang besar. Pasalnya, kulit berminyak sangat rentan berjerawat dan tampak lebih kusam jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Lantas, bagaimana cara merawat kulit berminyak? Simak tipsnya dalam artikel ini.

Cara merawat kulit berminyak

Hal paling penting dan mendasar dari setiap perawatan kulit adalah pemilihan produk yang tepat. Ya, perawatan yang tepat dapat memudahkan Anda dalam menjaga kulit wajah tetap dalam kondisi prima. Tampilan pori-pori tampak lebih kecil, tidak berjerawat, dan tidak kusam karena berminyak. Berikut ini beberapa cara merawat kulit berminyak yang perlu Anda ketahui. 

1. Pilih pembersih wajah

Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, wajib bagi Anda untuk menghindari sabun pembersih wajah yang berbahan dasar krim atau minyak. Kedua bahan tersebut justru dapat membuat wajah Anda semakin berminyak.

Gunakan produk pembersih yang mengandung asam alpha-hidroxy (AHA) seperti asam sitrat, asam laktat, atau asam glikolat. AHA dapat membantuk mengelupas sel-sel kulit mati serta mengurangi minyak di pori-pori.  Silakan cuci muka Anda dengan air hangat. Air hangat dapat mengangkat minyak lebih baik dari air dengan suhu normal. Pastikan Anda membilas wajah sampai bersih setiap kali habis mencuci wajah agar tidak tersisa sabun di kulit.

2. Toner

Toner untuk kulit berminyak harus bebas alkohol dan mengandung antioksidan. Bahan-bahan dalam toner tersebut dapat membantu penyembuhan kulit, mengecilkan pori-pori yang besar, mengurangi peradangan akibat jerawat, dan mengangkat sel-sel kulit mati atau sisa makeup yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

3. Eksfoliasi

Eksfoliasi, atau scrubbing, merupakan salah satu langkah perawatan penting untuk kulit berminyak. Kulit berminyak cenderung memiliki lapisan yang dapat dimasuki oleh sel kulit mati dan juga dapat membuat pori-pori menjadi lebih tebal. Pengelupasan kulit ini berguna untuk mengurangi penyumbatan pori dan jerawat sehingga kulit akan terasa lebih halus.

Bahan exfoliator terbaik untuk kulit berminyak adalah asam salisilat (BHA). BHA tidak hanya mengangkat kulit mati di permukaan, tetapi juga mengelupaskan kulit yang ada di dalam pori-pori, sehingga dapat melegakan pori-pori. Hasilnya, produksi minyak akan lebih baik dan teratur. BHA yang digunakan secara rutin akan membantu memudarkan tanda merah dari noda bekas jerawat.

Manfaat lain dari asam salisilat adalah memiliki sifat antiradang yang dapat mengurangi iritasi dan menurunkan produksi minyak berlebih.

4. Tabir surya di pagi hari

Sering kali orang dengan kulit wajah berminyak enggan menggunakan tabir surya dengan alasan akan membuat kulit tambah berminyak. Padahal, tabir surya juga penting bagi kulit berminyak untuk mencegah keriput dan mengurangi tanda merah di wajah. Tipsnya, carilah produk tabir surya untuk kulit sensitif yang mengandung bahan ringan dan gunakan foundation yang mengandung SPF 25 atau bedak yang mengandung SPF 15.

5. Pelembap di malam hari

Kulit berminyak juga butuh pelembap untuk membantu mengurangi kelebihan minyak dan meminimalisir wajah agar tidak terlihat berminyak. Namun, memang pemilik jenis kulit ini harus hati-hati ketika memilih produk-produk pelembap.

Pelembap untuk kulit berminyak yang baik idealnya mengandung Alpha Hidroxy Acid (AHA), seperti asam laktat atau asam glikolat, yang tidak menyumbat pori-pori Anda (non-comedogenic). Selain itu, berbagai bahan tersebut juga membantu kulit Anda untuk menyerap dan mempertahankan kelembapan tanpa memberi minyak tambahan.

6. Produk penyerap minyak

Rutin gunakan produk yang dapat menyerap minyak berlebih di wajah, seperti kertas minyak dan bedak yang mengandung SPF 15. Menggunakan kedua produk tersebut adalah salah satu langkah optimal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi produksi minyak di wajah. 

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab Masalah Kulit Saat Karantina dan Cara Merawatnya

Meskipun kulit aman dari polusi, faktor lainnya di rumah bisa memicu masalah kulit. Ini sederet tips merawat kulit saat karantina.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 27/04/2020 . 6 menit baca

Mana yang Lebih Baik: Eksfoliasi Pakai Chemical Peeling atau Scrub?

Mungkin Anda bingung lebih baik pilih chemical peeling atau scrub untuk perawatan kulit. Ternyata perawatan kulit perlu menyesuaikan kondisi kulit Anda.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 26/03/2020 . 4 menit baca

4 Trik Mengatasi Kulit Kering di Bawah Mata

Mengatasi kulit kering di bawah mata dapat dilakukan dengan perawatan dan konsumsi asupan bernutrisi untuk menjaga kelembapan kulit.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/03/2020 . 4 menit baca

Harus Pakai Skin Care Berapa Lama Hingga Hasilnya Terlihat?

Kira-kira, berapa lama produk skin care akan menunjukkan hasil dan perubahan pada kulit wajah Anda? Untuk tahu jawabannya, simak artikel berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 05/02/2020 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

skin fasting adalah

Menilik Skin Fasting, Tren ‘Puasa’ Skincare agar Kulit Lebih Cantik

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 28/06/2020 . 5 menit baca
perbedaan hydrating dan moisturizing

Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020 . 4 menit baca
glass skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020 . 4 menit baca
kulit rusak saat puasa

7 Kesalahan yang Membuat Kulit Rentan Rusak Selama Bulan Puasa

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 02/05/2020 . 4 menit baca