4 Kebiasaan yang Membuat Kulit Berminyak Malah Makin Berminyak

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak, Anda dituntut untuk berkomitmen melakukan segudang rutinitas perawatan khusus demi wajah yang terlihat lebih sehat dan tidak tampak kusam. Apalagi, minyak berlebih merupakan faktor utama penyebab jerawat.

Kertas minyak (blotting paper), bedak wajah transluscent powder, dan primer wajah adalah sahabat baik si kulit berminyak untuk mengatasi kulit mengkilap.

Repot memang, namun Anda dapat mempersingkat rutinitas harian Anda dengan berhenti melakukan sejumlah kebiasaan buruk yang tanpa Anda sadari akan memperparah kondisi kulit wajah Anda. Apa saja?

1. Ngotot ‘mengeringkan’ wajah

Tanpa disadari, Anda sering bersikeras membuat wajah Anda sekering mungkin hingga terasa kesat. Kulit kesat adalah impian yang sulit tercapai bagi si pemilik kulit berminyak, karena tidak jarang minyak sudah kembali muncul bahkan tak lama setelah mencuci muka. Oleh karena itu, Anda mungkin memiliki sederet produk pengering muka, seperti toner beralkohol yang dapat membantu Anda meraih tampilan kulit kesat.

Hobi menguras habis minyak di muka ini lama kelamaan akan menjadi ‘senjata makan tuan’. Kulit wajah yang distimulasi alkohol terlalu sering justru akan memproduksi lebih banyak minyak, karena sel-sel kulit wajah akan bereaksi terhadap kulit yang mengeluhkan kurangnya persediaan minyak di wajah.

2. Menumpuk pelembap

Semua orang akan merasa kering sesaat setelah mencuci muka. Ini adalah hal yang normal. Mungkin Anda sering mendapati diri Anda memakai pelembab dalam jumlah banyak untuk memastikan kulit wajah Anda sudah mendapatkan kelembapan yang diperlukan. Padahal, setelah 20 menit, kelenjar minyak di wajah akan mengisi ulang persediaan minyak. Jadi sebaiknya Anda menunggu selama 20 – 30 menit untuk melihat apakah Anda perlu mengaplikasikan ulang pelembap Anda.

3. Salah pilih pembersih

Kulit berminyak wajib menghindari sabun pembersih muka dengan bahan dasar krim atau minyak. Gunakan foam-based cleanser yang ampuh memecah minyak, tetapi tidak akan mengeringkan wajah.

4. Tidak teliti cermati komposisi

Gunakan produk perawatan wajah yang berbahan dasar salicylic acid dan hindari produk-produk yang mengandung glycolic acid. Salicylic acid bersifat mengikat minyak dan menyerap ke dalam folikel rambut, di mana kelenjar minyak berada, untuk menumpas minyak berlebih.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Urat menonjol pada permukaan kulit memang kerap ditemui pada orang berusia lanjut. Lalu apa artinya kalau masih muda sudah mengalami kondisi ini?

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 25 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Penyebab Bibir Hitam untuk Anda yang Tidak Merokok

Bibir hitam dan gelap bisa mengurangi penampilan Anda. Tahukah Anda ternyata tidak hanya merokok saja yang bisa jadi penyebab bibir hitam? Lalu apa saja?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Kecantikan 12 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit

7 Bahan Dalam Krim Anti-Aging yang Perlu Anda Tahu

Produk krim wajah yang populer saat ini adalah jenis anti-aging. Tapi apa saja bahan krim anti-aging yang bisa mencegah penuaan pada kulit Anda?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Kecantikan 21 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit

Tips Mencegah Ruam Popok Pada Pantat Bayi

Eits, kata siapa semua bayi pasti pernah kena ruam popok? Dengan cara-cara berikut, Anda bisa mencegah ruam popok pada si buah hati, lho.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 25 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

terapi urine minum air kencing

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit
penyebab penyakit kulit

Penyebab Penyakit Kulit Beserta Faktor yang Meningkatkan Risikonya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 11 menit
penyebab mengatasi kulit mengelupas

5 Cara Merawat Kulit yang Mengelupas

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit
cara kerja sunblock

Bagaimana Cara Kerja Sunblock dalam Melindungi Kulit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 3 September 2020 . Waktu baca 4 menit