8 Cara Cepat Mengatasi Nyeri Otot

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: | Oleh

Tanggal update April 27, 2020
Bagikan sekarang

Mungkin Anda sering merasa pegal linu selepas olahraga atau beraktivitas seharian. Nyeri otot bahkan kadang bisa sampai mengganggu tidur sehingga Anda tidak bisa istirahat dengan tenang. Tak perlu khawatir. Ada banyak cara mudah untuk mengatasi dan menghilangkan nyeri otot yang mengganggu tanpa mengandalkan obat seperti di bawah ini.

Cara mengatasi nyeri otot yang mudah

Banyak hal yang bisa menyebabkan nyeri otot. Anda mungkin baru memulai olahraga lagi setelah sekian lama, baru saja mengangkat barang berat, atau tidak melakukan pemanasan dan pendinginan saat berolahraga. Namun, kadang pemanasan yang berlebihan juga dapat menyebabkan otot sakit dan pegal setelahnya.

Nyeri otot terjadi karena adanya kerusakan pada jaringan otot setelah terlalu banyak melakukan aktivitas berat. Dikutip dari WebMD, saat terjadi kerusakan pada otot, tubuh pun dengan sendirinya memulai proses perbaikan dengan memicu peradangan terlebih dahulu.

Nah, bagi Anda yang tidak mau langsung minum obat-obatan untuk meredakan nyeri otot, Anda bisa mengatasi pegal linu dengan beberapa cara mudah di sini.

1. Kompres air dingin

Kompres air dingin adalah cara tercepat dan paing mudah untuk mengatasi nyeri otot. Cara ini bisa mengecilkan pembengkakan yang terjadi pada otot Anda yang cedera atau terluka.

Jangan langsung mengompres bagian otot yang terluka dengan es batu, tapi balut es dengan handuk supaya kulit tidak teriritasi.

Cukup untuk diaplikasikan selama 15 sampai 20 menit pada bagian tubuh yag nyeri. Apabila ingin diulangi, berikan jeda sebelum melakukan kompres kembali.

2. Menggunakan obat alami

Ada beberapa obat alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi dan menghilangkan nyeri otot, yaitu suplemen kafein atau suplemen bromelain.

Hal tersebut dikarenakan kafein menghalang adenosin, bahan kimia yang keluar saat merespon rasa sakit dari nyeri otot. Dalam sebuah penelitian juga menemukan bahwa kafein dapat mempengaruhi sistem di otak serta tulang belakang untuk memproses pengurangan rasa sakit.

Bagaimana dengan bromelain? Enzim bromelain memiliki sifat antiradang yang cara kerjanya mirip dengan obat antiradang generik. Bromelain juga mampu mempercepat pemulihan kerusakan jaringan otot akibat aktivitas yang berlebihan.

Jika tidak ada suplemen kafein di rumah, Anda bisa mendapatkan asupan kafein dari secangkir kopi. Bagi para penyuka kopi mungkin ini adalah sebuah kabar baik. Penelitian dari Universitas Georgia mengungkapkan bahwa meminum kopi, sekitar 2 cangkir, dapat membantu mengobati nyeri otot.

Sementara alternatif dari suplemen bromelain adalah dengan memakan buah nanas. Tidak hanya nutrisi, nanas pun mempunyai kandungan antioksidan untuk membantu tubuh melawan stres serta kerusakan yang berkaitan dengan peradangan.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa ceri juga bersifat antiradang yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh.

3. Mengonsumsi suplemen

Salah satu suplemen yang direkomendasikan sebagai salah satu cara mengatasi nyeri otot adalah kreatin atau creatine. Kreatina adalah asam amino yang tugasnya menyalurkan energi ke sel-sel tubuh, terutama bagian otot.

Perlu diketahui pula apabila kreatin telah terbukti membantu mengurangi rasa sakit juga durasi nyeri otot yang diakibatkan oleh terlalu intens melakukan aktivitas tertentu.

Lebih banyak kreatin di dalam tubuh berarti lebih banyak energi untuk membangun dan memperbaiki otot-otot yang sakit. Akan tetapi, sebagai cara menghilangkan nyeri otot lebih baik membeli suplemen ini atas anjuran dokter.

4. Berendam dengan garam epsom

Berendam air hangat saja sudah membantu mengurangi nyeri otot. Nah, untuk mempercepat proses penyembuhannya, Anda bisa menaburkan garam epsom ke dalam air.

Setelah tercampur rata, garam epsom akan terurai menjadi senyawa magnesium dan sulfat. Dua senyawa ini dianggap sangat bermanfaat bagi kesehatan otot secara natural.

Teorinya, sulfat dan magnesium dari garam epsom yang sudah larut dapat membantu mengendurkan otot tegang dan sendi yang kaku karena langsung menyerap pada kulit.

Selain berendam, Anda juga bisa melarutkan garam ini dalam air hangat untuk kompresan.

5. Rutin beryoga dan meditasi

Lain dari olahraga lainnya, yoga dan meditasi justru membuat otot lebih lentur dan mencegah cedera. Cara ini dapat membangtu mengatasi juga menghilangkan nyeri otot karena gerakan-gerakan olahraga tersebut membuat otot kuat.

Coba lakukan olahraga ini rutin setidaknya seminggu sekali supaya otot terus terlatih dan mencegah cedera. Menjaga tubuh tetap bergerak juga akan membuat rangka otot bersirkulasi sehingga membantu kerusakan otot.

Bila cara tersebut tak kunjung bisa mengatasi nyeri, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

6. Konsumsi air putih yang cukup

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik juga menjadi cara mengatasi terjadinya nyeri otot. Merupakan cara yang mudah, namun seringkali pula Anda lupa untuk menjaga asupan air putih.

Mengapa terhidrasi merupakan salah satu aspek penting untuk memluihkan otot? Hal ini dikarenakan air dapat bergerak ke seluruh sistem di dalam tubuh untuk meredakan peradangan, membuang racun, serta mengirimkan nutrisi yang dibutuhkan otot.

Sebaiknya, jangan tunggu sampai Anda benar-benar haus agar tidak terjadi dehidrasi. Sebagai tanda, perhatikan pula warna urin Anda untuk mengetahui apakah asupan air putih Anda sudah cukup atau belum.

7. Oleskan balsem pada bagian yang sakit

Aktivitas yang terlalu banyak atau berolahraga tanpa henti bisa menyebabkan luka kecil pada serabut otot juga pada jaringan ikat otot. Maka dari itu, terjadilah nyeri otot.

Sebagai cara mengatasinya, Anda bisa mengaplikasikan balsem untuk nyeri otot.

Sensasi panas yang ditimbulkan bisa membuat orang yang menggunakannya terasa nyaman. Namun, apabila Anda mempunyai kondisi nyeri otot kronis, sebaiknya gunakan gel yang mempunyai kandungan ibuprofen.

8. Konsumsi vitamin yang tepat

Asupan vitamin dibutuhkan agar fungsi tubuh tetap berjalan normal sekaligus menambah nutrisi yang kurang pada tubuh. Hal ini pun bermanfaat pula untuk tulang dan juga otot Anda. Kurangnya asupan vitamin tertentu juga dapat menyebabkan terjadinya nyeri otot.

Maka dari itu perhatikan pula konsumsi vitamin sebagai cara mengatasi juga menghilangkan nyeri otot.

Misalnya, seperti vitamin B1 yang dikenal juga sebagai thiamin. Apabila kekurangan asupan thiamin dapat menyebabkan kerusakan saraf, nyeri, serta lemah otot.

Lalu, ada pula vitamin D yang dapat mempertahankan tulang yang kuat serta membantu otot agar tetap bergerak dengan semestinya. Walaupun tubuh dapat memproduksi vitamin D melalui sinar matahari, Anda juga bisa menambah asupannya dengan vitamin yang diminum langsung.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Kunci Atasi Pegal dan Nyeri Otot bagi Orang Kantoran yang Super Sibuk

Rutinitas bekerja plus menerjang kemacetan setiap hari tak ayal membuat tubuh nyeri dan pegal. Intip cara menghilangkan pegal setelah bekerja di sini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Widya Citra Andini
Nyeri Kronis, Health Centers November 6, 2019

6 Peregangan Sederhana Agar Tetap Bugar Saat Berkendara Jauh

Duduk diam selama berkendara untuk perjalanan jauh bisa bikin pegal linu. Coba berbagai peregangan sederhana ini agar tetap bugar sesampainya di tujuan!

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Kebugaran, Hidup Sehat September 16, 2019

6 Penyebab Badan Mudah Pegal dan Nyeri Beserta Cara Mengatasinya

Mungkin badan Anda mudah pegal dan terasa nyeri, tapi tahukah Anda apa saja hal yang bisa menjadi penyebab, dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditulis oleh Annisa Hapsari
dr. Zicky Yombana, Sp.S
Hidup Sehat, Fakta Unik September 2, 2019

6 Cara Mengatasi Nyeri Otot dan Sendi Bagi yang Sering Naik Transportasi Umum

Berdesakan naik angkutan umum memang bikin pegal. Supaya Anda tak mengalaminya terus, simak cara mengatasi nyeri otot dan sendi akibat naik angkutan umum.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari

Direkomendasikan untuk Anda

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Otot di Dada

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Otot di Dada

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal tayang Mei 24, 2020
Nyeri Pada Otot Paha? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Nyeri Pada Otot Paha? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal tayang Mei 20, 2020
Beragam Penyebab Nyeri Otot Punggung dan Cara Mengatasinya!

Beragam Penyebab Nyeri Otot Punggung dan Cara Mengatasinya!

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal tayang Mei 19, 2020
5 Kiat Atasi Nyeri Otot dan Sendi Akibat Sering Bawa Mobil Atau Motor

5 Kiat Atasi Nyeri Otot dan Sendi Akibat Sering Bawa Mobil Atau Motor

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Tanggal tayang November 7, 2019