Sulit untuk berhenti merokok jika seseorang telah menjadi perokok berat. Anda mungkin telah membuat resolusi untuk berhenti merokok, namun apakah Anda telah berhasil menghentikan kebiasaan ini?

Merokok adalah kebiasaan buruk yang merusak paru-paru dan menyebabkan banyak penyakit. Apakah Anda menyadari efek yang dapat ditimbulkan bagi tubuh Anda? Jika belum, ini saatnya Anda mulai menyadarinya, walau jika Anda hanya perokok ringan. Merokok tidak mempengaruhi tubuh Anda setelah beberapa tahun merokok, namun akan langsung mempengaruhi kesehatan Anda dari pertama kali Anda merokok.

Rokok mengandung banyak nikotin, yang berefek buruk pada tubuh, seperti tekanan darah, kanker paru-paru, masalah jantung dan penyakit lainnya. Keputusan berada di tangan Anda, apakah Anda mau mengorbankan kesehatan Anda demi zat kimia yang berbahaya di dalam rokok.

Berikut adalah beberapa bahan alami sederhana yang dapat membantu Anda berhenti merokok.

1. Oatmeal

Oats adalah bahan yang telah lama digunakan untuk membantu menghentikan kebiasaan merokok. Ambil satu sendok makan oatmeal bubuk dan campurkan dengan 2 cangkir air mendidih. Diamkan semalaman, kemudian rebus pada pagi hari selama 10 menit. Minum setelah setiap makan. Hindari mengonsumsi pada malam hari. Oats dapat membantu mengeluarkan racun pada tubuh dan menurunkan keinginan untuk merokok. Oats juga dapat meringankan gejala “sakau” nikotin.

2. Air

Minum banyak air adalah solusi utama untuk mengatasi kebiasaan merokok. Air dapat membantu mendetoksifikasi tubuh. Kapanpun Anda merasa ingin merokok, minumlah segelas air. Hal ini bukan hanya menurunkan keinginan untuk merokok namun juga menurunkan gejala sakau.

3. Cabe rawit

Cayenne pepper adalah salah satu bahan alami untuk menghentikan kebiasaan merokok. Campurkan cabe rawit pada makanan atau dengan segelas air. Cabe rawit membantu menurunkan sensitivitas sistem pernapasan terhadap zat adiktif, seperti tembakau dan nikotin. Cabe rawit juga dapat menurunkan rasa ingin merokok.

4. Jahe

Salah satu gejala umum sakau nikotin adalah mual, yang dapat diatasi dengan mengonsumsi jus jahe. Tambahkan 1 sendok teh jahe bubuk pada makan pagi Anda untuk mengurangi keinginan merokok. Jahe adalah bahan yang efektif untuk mencegah produksi dopamin, salah satu komponen utama yang terdapat pada nikotin.

5. Lobella

Lobella juga bermanfaat dalam mengurangi keinginan untuk merokok dan mengatasi gejala sakau nikotin, seperti mual, iritasi, sering lapar, dan konsentrasi yang lemah.

6. Multivitamin

Merokok menyebabkan kekurangan nutrisi penting dalam tubuh. Hal ini dapat diatasi dengan suplemen vitamin A, C dan E, yang dapat membantu mengatasi gejala sakau nikotin. Vitamin A bermanfaat untuk memperbaiki lendir yang rusak dan vitamin E memperbaiki sel yang rusak akibat merokok. Anda dapat mengonsumsi jus jeruk untuk mengembalikan kekurangan vitamin C pada tubuh.

7. Lobak

Lobak adalah salah satu bahan alami yang dapat diandalkan untuk berhenti merokok. Parut lobak dan buang sarinya. Campurkan dengan madu, minum 2 kali sehari.

8. Batang licorice

Salah satu bahan alami yang digunakan untuk menghindari merokok adalah dengan mengunyah batang licorice saat Anda ingin merokok. Licorice adalah pengganti rokok yang baik.

9. Ekstrak biji anggur

Konsumsi ekstrak biji anggur untuk memperbaiki kerusakan paru-paru akibat merokok.

10. Jus anggur

Kandungan asam pada jus anggur dapat mengeluarkan nikotin dari tubuh. Minum jus anggur setiap hari saat Anda siap berhenti merokok.

11. St. John’s Wort

Tumbuhan herbal ini berguna untuk mengurangi keinginan merokok. Studi menunjukkan bahwa 450 mg kapsul St. John’s Wort, jika diminum 2 kali sehari, dapat membantu mengurangi kebiasaan merokok.

12. Hisop

Hisop dapat digunakan untuk mengurangi gejala sakau nikotin, seperti gelisah dan histeri. Hisop juga bermanfaat untuk melancarkan paru-paru.

13. Madu

Madu adalah bahan yang baik untuk proses berhenti merokok. Madu mengandung vitamin, enzim dan protein yang bermanfaat dan membantu menghentikan kebiasaan merokok.

14. Rokok herbal

Anda juga dapat mencoba rokok herbal yang mengandung 0% nikotin. Rokok ini terbuat dari herbal seperti mint, kayumanis, licorice, serai, cornsilk atau clover. Namun, rokok herbal dilarang digunakan pada jangka panjang, karena rokok herbal juga memiliki kandungan karsinogen.

BACA JUGA:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca