Membantu Anak yang Menderita Anemia Aplastik

Oleh

Anemia aplastik adalah gangguan darah yang langka yang mungkin didiagnosis pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa muda.

Anemia aplastik terjadi ketika sumsum tulang (jaringan spons dalam tulang) tidak memproduksi cukup sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Sel darah merah membawa oksigen melalui aliran darah ke seluruh area tubuh. Sel darah putih melawan infeksi, dan trombosit membantu pembekuan darah jika perdarahan terjadi.

Alasan mengapa beberapa anak memiliki masalah sumsum tulang ini biasanya tidak diketahui, tetapi gejala berkembang ketika sel-sel darah tidak diganti cukup cepat. Sel darah merah berumur sekitar 120 hari. Trombosit hidup selama sekitar enam hari, dan sel-sel darah putih hidup kurang dari satu hari.

Gejala dan pengobatan anemia aplastik

Jika jumlah sel darah merah anak Anda terlalu rendah, ia mungkin mudah lelah. Perdarahan dapat terjadi jika trombosit rendah, dan infeksi dapat berkembang jika sel darah putih rendah.

Berikut ini adalah gejala anemia aplastik:

  • Memar atau perdarahan
  • Demam
  • Kelemahan
  • Kulit pucat
  • denyut jantung cepat
  • Sesak napas
  • Ruam kulit

Pengobatan untuk anemia aplastik akan tergantung pada usia anak dan seberapa parah anemia. Perawatan sering harus diulang, dan kadang-kadang beberapa jenis pengobatan dapat dicoba bergantian untuk menemukan satu yang terbaik.

Pengobatan anak Anda mungkin akan dikelola oleh ahli hematologi, spesialis darah. Perawatan mungkin termasuk transfusi darah, obat untuk merangsang produksi sel darah, dan penggantian sumsum tulang yang kurang berfungsi  dengan sumsum tulang yang sehat dari donor.

Membantu anak Anda hidup dengan anemia aplastik

Selama dan antara perawatan, penting untuk mencegah komplikasi anemia aplastik yang disebabkan oleh infeksi, perdarahan, atau kelelahan. Hal ini sangat penting ketika jumlah sel darah yang rendah.

Berikut adalah beberapa tips dasar untuk diingat:

Nutrisi yang aman

Sangat penting bagi anak Anda untuk makan diet seimbang. Karena anak Anda mungkin berisiko untuk infeksi karena makanan, ia mungkin perlu untuk menghindari keju dan minuman yang tidak dipasteurisasi, serta makanan setengah matang atau mentah. Pastikan untuk mencuci dan mengupas buah-buahan segar dan sayuran sebelum disajikan.  Akan lebih baik untuk menjauh dari salad bar dan restoran prasmanan.

Olahraga yang aman

Olahraga teratur dan bermain adalah penting, begitu juga beristirahat di sela-sela kegiatan. Jika anak Anda mengalami sesak napas saat melakukan aktivitasnya, beri tahu dokter. Karena anak Anda mungkin memiliki risiko perdarahan, infeksi, dan kelelahan, olahraga kontak biasanya tidak dianjurkan. Anda juga harus menghindari kolam renang umum dan kolam air panas, terutama jika kulit anak Anda memiliki luka atau goresan terbuka.

Mencegah infeksi

Pastikan anak Anda mendapatkan vaksinasi flu dan minta dokter Anda informasi tentang vaksin pencegahan lainnya. Hindari keramaian dan teman-teman atau kerabat yang sakit, terutama selama musim flu. Ingatkan anak-dan Anda seluruh keluarga-untuk mencuci tangan sesering mungkin. Perawatan gigi secara teratur akan membantu mencegah infeksi gigi dan gusi.

Belajar sebanyak mungkin tentang anemia aplastik dan bekerja sama dengan ahli hematologi dan tim pengobatan anak Anda. Juga ingat bahwa penyakit serius dan berulang seperti anemia aplastik dapat menimbulkan stres bagi Anda dan anak Anda. Pastikan Anda berdua mendapatkan dukungan yang Anda butuhkan. Jika Anda atau anak Anda sedang berjuang dengan kecemasan atau depresi, bicaralah dengan dokter Anda. Konseling individu, konseling keluarga, atau kelompok pendukung dapat membantu.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca