home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

8 Rekomendasi Suplemen Penambah Darah untuk Cegah Anemia

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

8 Rekomendasi Suplemen Penambah Darah untuk Cegah Anemia

Anemia atau yang lebih dikenal dengan kurang darah adalah suatu kondisi jumlah sel darah merah lebih rendah daripada jumlah seharusnya. Padahal, sel darah merah sangat dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya sebagai pengikat oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Lalu, apa saja rekomendasi suplemen penambah darah untuk pasien anemia? Simak ulasannya berikut ini.

Kandungan Suplemen Penambah Darah

Sebelum mengonsumsi suplemen penambah darah yang dapat Anda peroleh di apotek, Anda harus mengenali kandungan suplemen penambah darah yang dapat mengatasi anemia.

1. Suplemen zat besi

Kandungan zat besi yang terkandung dalam daging merah, sayuran, dan makanan sehat lainnya sangat membantu proses pembentukan hemoglobin. Namun, biasanya perlu ditambah dengan suplemen untuk memenuhi kadar zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Konsumsi zat besi harus dengan dosis yang tepat. Jika terlalu banyak mengonsumsi zat besi, zat tersebut berubah menjadi racun.

2. Vitamin

Vitamin C dan B12 sangat membantu dalam proses pembentukan hemoglobin. Vitamin B12 berperan dalam pembentukan sel darah merah, sedangkan vitamin C membantu penyerapan dan penyimpanan zat besi di hati.

3. Asam folat

Vitamin B9 atau yang lebih dikenal dengan asam folat juga memberikan peran penting dalam pembentukan sel darah merah. Namun, dalam mengonsumsi asam folat Anda harus berhati-hati karena bisa jadi akan menimbulkan gejala alergi pada kulit.

Setelah mengetahui kandungan-kandungan suplemen penambah darah, Hello Sehat akan merekomendasikan beberapa obat anemia yang bisa Anda dapatkan di apotek dan e-commerce.

Rekomendasi Suplemen Penambah Darah

Selain dengan mengonsumsi makanan penambah darah, Anda bisa mengonsumsi beberapa suplemen di bawah ini mengobati atau mencegah kekurangan darah.

  • Sangobion

Sangobion menjadi salah satu obat penambah darah yang sangat familiar. Selain mengandung zat besi sebanyak 259mg, Sangobion juga mengandung vitamin dan mineral lainnya, seperti vitamin C, vitamin B12, dan asam folat.

Sebelum mengonsumsi Sangobion, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu jika mempunyai alergi terhadap beberapa kandungan di dalamnya, atau sedang mengidap beberapa penyakit.

  • Hufabion

Hufabion merupakan kapsul multivitamin yang dapat membantu proses penyembuhan dan pencegahan anemia. Mengandung 250mg zat besi, dan ditambah dengan beberapa mineral penambah darah lainnya, seperti mangan sulfat, tembaga sulfat, vitamin C, vitamin B12, dan asam folat.

Aman dikonsumsi untuk ibu hamil dan menyusui. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen ini setelah melakukan donor darah agar terhindar dari gejala anemia.

  • Blackmores Bio Iron Advanced

Blackmores Bio Iron Advanced adalah formula zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengantarkan oksigen, dan membantu mengurangi rasa kelelahan akibat kurangnya asupan zat besi yang cukup.

Kandungan yang terdapat di dalam suplemen penambah darah Blackmores ini cocok untuk vegan dan tidak menimbulkan rasa mual serta sembelit pada pencernaan.

  • Sakatonik Liver Syrup

Sakatonik Liver juga bisa Anda jadikan opsi lain obat penambah darah selain Sangobion. Suplemen penambah darah yang diproduksi oleh Kalbe ini mengandung Vitamin B1, B2, B5, B6, dan B12, serta Kalsium Fosfat, Mangan Sulfat, dan Folic Acid yang dapat membantu pemulihan kekurangan sel darah merah.

  • Tonikum Bayer

Selain dapat membantu penyembuhan anemia, Tonikum Bayer juga baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh secara umum. Tersedia dalam rasa tutti frutti dan mengandung pemanis buatan, Tonikum Bayer dapat dikonsumsi mulai dari dewasa hingga anak-anak dengan kadar dosis yang telah ditentukan.

  • Nutrilite Kids Chewable Iron

Jika anak Anda mengalami anemia, Anda dapat memilih Nutrilite sebagai asupan tambahan zat besinya. Mengandung 3,76mg zat besi pada tiap tablet, suplemen penambah darah ini bisa dikonsumsi dari umur 1 tahun.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan rasa pahit pada obat, karena produk Nutrilite ini memberikan rasa vanilla pada setiap tablet kunyahnya.

  • Green World Spirulina Plus

Spirulina Plus bisa menjadi pilihan lainnya jika Anda seorang vegan. Menggunakan spirulina atau ganggang hijau air tawar ini mengandung phycocyanin dan phytonutrisi yang dapat membantu sumsum tulang belakang memproduksi sel-sel darah merah.

Selain digunakan sebagai obat penambah darah, Spirulina Plus juga dapat mengatasi masalah lambung, hipertensi, pencernaan, diabetes, sampai penyakit liver.

  • Feroglobin Syrup

Feroglobin dapat dijadikan sebagai asupan obat anemia keluarga karena memiliki rasa madu, malt swiss, dan jeruk yang bisa dikonsumsi dari anak berumur 3 tahun. Tidak hanya itu, Feroglobin juga cocok dikonsumsi para vegan karena tidak terdapat gluten.

Mengandung Vitamin B Kompleks, Zinc, dan mineral penting lainnya yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, serta membantu pembentukan hemoglobin dalam darah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nanda Saputri Diperbarui 3 minggu lalu
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team