5 Manfaat Buah Pepaya untuk Pria, Salah Satunya Meningkatkan Kesuburan

    5 Manfaat Buah Pepaya untuk Pria, Salah Satunya Meningkatkan Kesuburan

    Selalu ada hampir setiap musim, pepaya menjadi salah satu buah-buahan yang umum dikonsumsi. Semua kalangan bisa merasakan manfaat pepaya, mulai dari bayi, anak-anak, dan ibu hamil. Tak hanya itu saja, ada pula berbagai manfaat buah pepaya untuk pria, khususnya terkait kesehatan reproduksi, lho.

    Berbagai manfaat buah pepaya untuk kesehatan pria

    makan buah pepaya untuk pria

    Pepaya tergolong buah tropis, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Buah dengan warna jingga ketika matang ini memiliki sejumlah kandungan nutrisi penting, seperti beta karoten dan vitamin C yang penting bagi tubuh Anda.

    Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat kesehatan buah pepaya untuk pria berdasarkan penelitian yang penting Anda ketahui.

    1. Memperlancar sistem pencernaan

    Mengonsumsi buah pepaya matang secara rutin bisa membantu Anda menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai gangguan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan pepaya mengandung papain, sebuah enzim proteolitik yang membuat protein lebih mudah dicerna tubuh.

    Buah pepaya juga tinggi kandungan serat dan air sehingga bisa membantu mengatasi buang air besar tidak lancar akibat sembelit (konstipasi). Selain itu, buah ini juga dapat mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS).

    2. Meningkatkan kesehatan jantung

    Kandungan vitamin C dan likopen dalam buah pepaya sebagai senyawa antioksidan bermanfaat meningkatkan kesehatan jantung. Antioksidan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga mencegah risiko penyakit jantung pada pria.

    Harvard Health Publishing and Medical School berdasarkan riset melalui sejumlah penelitian menyatakan bahwa pria dua kali lebih mungkin mengalami serangan jantung daripada wanita.

    Bahkan risiko ini masih tergolong tinggi pada pria ketimbang wanita apabila memperhitungkan faktor penyebab lain, seperti kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes, indeks massa tubuh, dan aktivitas fisik yang dilakukan.

    3. Mencegah risiko kanker prostat

    Manfaat makan buah pepaya untuk pria lainnya adalah mencegah risiko kanker prostat. Hal ini berkat kandungan beta karoten dan likopen yang berperan sebagai senyawa antioksidan kuat untuk menangkal radikal bebas yang memicu kanker.

    Selain dari buahnya, studi yang diterbitkan Virginia State University juga menemukan khasiat serupa pada biji pepaya. Biji pepaya matang berwarna hitam memiliki kandungan polifenol tinggi dan efek anti-kanker yang berpotensi menurunkan pertumbuhan sel kanker prostat.

    4. Meningkatkan kualitas sperma

    Buah pepaya memiliki kandungan folat yang tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, tetapi juga pria. Folat mampu menjaga kesehatan dan kualitas sperma yang diproduksi.

    Kandungan vitamin C juga dapat membantu pria yang memiliki gangguan kesuburan atau infertilitas. Studi yang diterbitkan Journal of Medicinal Food menunjukkan asupan vitamin C dalam jumlah tertentu dapat meningkatkan kualitas sperma.

    Hasil penelitian tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan pada beberapa aspek kualitas sperma, mulai dari pergerakan (motilitas), bentuk (morfologi), dan jumlah sperma pada pria.

    5. Meningkatkan gairah seksual

    Beberapa pria mungkin khawatir minum Viagra untuk meningkatkan gairah seksual atau libido mereka. Sebenarnya terdapat metode yang lebih alami dan aman, salah satunya adalah mengonsumsi buah-buahan.

    L-arginine, senyawa asam amino esensial yang terdapat dalam buah-buahan, seperti pepaya dan semangka dapat meningkatkan jumlah nitrat oksida (NO) yang dilepaskan selama rangsangan seksual.

    Nitrat oksida sangat diperlukan untuk mencapai dan mempertahankan ereksi penis. Bahkan, asupan L-arginine dalam jumlah tertentu dapat mengatasi disfungsi ereksi pada pria.

    Jangan makan buah pepaya berlebihan, karena…

    manfaat kandungan gizi pepaya

    Makan buah pepaya mungkin bisa menimbulkan reaksi alergi lateks pada beberapa kalangan. Alergi lateks terjadi bila tubuh Anda sensitif terhadap protein tertentu pada buah-buahan yang serupa dengan protein dalam karet lateks.

    Anda juga bisa mengonsumsi biji pepaya selain dari buahnya untuk menurunkan risiko kanker prostat. Walaupun tergolong aman dikonsumsi, Anda perlu mewaspadai efek penurunan konsentrasi, motilitas, dan viabilitas sperma yang menyebabkan kondisi azoospermia.

    Hindari mengonsumsi biji putih pada pepaya mentah. Biji putih dapat merangsang malah memicu perkembangbiakkan kanker prostat pada pria.

    Maka dari itu, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter terkait manfaat buah pepaya untuk pria dan kondisi kesehatan lain yang Anda alami.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Andreas Wilson Setiawan

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 23/04/2021

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan