home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sulit Tidur? Mineral Magnesium Ternyata Bisa Membantu

Sulit Tidur? Mineral Magnesium Ternyata Bisa Membantu

Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia, di mana saat tidur tubuh bisa beristirahat dari kerjanya seharian dan mengisi energinya kembali. Sulit tidur, seperti insomnia, tentu sangat mengganggu. Hal ini membuat Anda merasa cepat lelah keesokan harinya sehingga bisa mengganggu aktivitas Anda. Beberapa hal mungkin bisa membantu mengatasi masalah sulit tidur Anda, salah satunya adalah mencukupi kebutuhan mineral magnesium. Bagaimana bisa?

Mineral magnesium bisa membantu mengatasi sulit tidur

Beberapa penelitian telah menghubungkan efek magnesium terhadap kualitas tidur. Magnesium merupakan salah satu mineral yang bisa membantu Anda tertidur dan menjaga tidur Anda sepanjang malam.

James F. Balch, M. D., penulis dari “Prescription for Nutritional Healing”, mengatakan bahwa kekurangan mineral magnesium (dan juga kalsium) dapat menyebabkan Anda terbangun setelah beberapa jam tertidur dan setelah itu sulit lagi untuk kembali tidur, seperti dilansir dari Medical News Today.

Tubuh yang kekurangan magnesium dapat menunjukkan gejala insomnia kronis. Sedangkan, kadar magnesium yang lebih tinggi dalam tubuh ditemukan berhubungan dengan tidur yang lebih dalam dan nyenyak. Seperti yang telah dibuktikan dalam penelitian oleh James Penland dari Human Nutrition Research Center di North Dakota.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Abbasi, dkk. dari Isfahan University of Medical Sciences tahun 2012 juga memperkuat penelitian sebelumnya. Penelitian yang dilakukan pada 46 lansia yang diberi asupan magnesium tambahan selama 8 minggu menunjukkan bahwa pemberian magnesium tambahan dapat membantu insomnia, serta memperbaiki efisiensi tidur, waktu tidur, dan bangun pagi.

Bagaimana magnesium dapat membantu tidur?

Magnesium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk saraf dan otot. Dalam membantu tidur, mineral magnesium dapat membantu Anda menjadi rileks serta menenangkan sistem saraf dan otot sehingga Anda mudah tertidur dan tidur menjadi lebih nyenyak.

Magnesium dapat membuat tubuh Anda rileks dengan cara mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, sistem yang bertanggung jawab untuk membuat Anda tenang dan rileks. Hal ini karena magnesium berperan dalam pengaturan neurotransmiter yang mengirim sinyal ke sistem saraf dan otak.

Selain itu, magnesium juga dapat berikatan dengan reseptor asam gamma aminobutirat (GABA), yang merupakan neurotransmiter yang bertanggung jawab untuk menenangkan aktivitas saraf. Tak hanya itu, magnesium juga berperan dalam mengatur hormon melatonin, yang mengatur siklus tidur-bangun pada tubuh.

Perlu Anda ketahui bahwa kurang tidur sendiri ternyata dapat menurunkan kadar magnesium dalam tubuh. Hal ini karena kurang tidur dapat menyebabkan tubuh menjadi stres, yang kemudian dapat mengakibatkan tubuh melepaskan magnesium keluar melalui urine.

Selain membantu tidur, magnesium juga dapat membantu mengatasi kecemasan dan depresi, yang keduanya dapat mengganggu tidur Anda. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan magnesium dapat menyebabkan kecemasan, depresi, dan kebingungan mental. Dan, penambahan magnesium dalam pengobatan dapat mengatasi hal tersebut.

Bagaimana cara mendapatkan magnesium untuk membantu tidur?

Anda bisa mendapatkan magnesium dengan mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung magnesium, seperti sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, sereal, daging, ikan, dan buah-buahan.

Atau, Anda juga bisa mendapatkan magnesium dari suplemen (dengan saran dokter). Batas maksimal suplemen magnesium yang dianggap aman dikonsumsi adalah 350 mg per hari, hindari dosis yang lebih tinggi dari itu.

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013, kebutuhan magnesium Anda per hari adalah 350 mg untuk pria dewasa dan sebesar 310-320 mg untuk wanita dewasa.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Jennings, Kerri-Ann. (2017). How Magnesium Can Help You Sleep. [online] Authority Nutrition. Available at: https://authoritynutrition.com/magnesium-and-sleep/ [Accessed 12 Jun. 2017].

Medical News Today. (2009). Insomnia: Studies Suggest Calcium And Magnesium Effective. [online] Available at: http://www.medicalnewstoday.com/releases/163169.php [Accessed 12 Jun. 2017].

Kormos, W. (2016). Sleep and magnesium supplements – Harvard Health. [online] Harvard Health. Available at: http://www.health.harvard.edu/sleep/ask-the-doctor-sleep-and-magnesium-supplements [Accessed 12 Jun. 2017].

Abbasi, B., et al. (2012). The effect of magnesium supplementation on primary insomnia in elderly: A double-blind placebo-controlled clinical trial. Journal of Research in Medical Sciences, Vol. 17(12): 1161-1169. [online] Ncbi.nlm.nih.gov. Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23853635 [Accessed 12 Jun. 2017].

Keefer, A. (2013). Does Magnesium Aid Sleeping?. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/28480-magnesium-aid-sleeping/ [Accessed 12 Jun. 2017].

Kementerian Kesehatan RI. (2013). Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala Diperbarui 07/01/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x