Definisi

Apa itu meth mouth?

Meth mouth adalah istilah untuk kerusakan gigi dan mulut akibat obat-obatan ilegal yang sangat adiktif yaitu metamfetamin (meth). Ini adalah salah satu efek yang parah dari obat metamfetamin terhadap kesehatan penggunanya.

Metamfetamin merupakan stimulan sistem saraf pusat yang ampuh dan dapat menyebabkan sesak napas, hipertermia, mual, muntah, diare, detak jantung yang tidak teratur, tekanan darah tinggi, kerusakan otak permanen dan kerusakan gigi yang tidak terkendali.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala meth mouth?

Efek oral dari penggunaan metamfetamin dapat sangat menghancurkan. Laporan telah menunjukkan adanya karies yang menjadi-jadi dan menyerupai karies pada awal masa kecil, dikenal juga dengan “meth mouth”. Pola khusus dari pembusukan gigi sering terlihat pada permukaan halus gigi dan permukaan interproximal pada gigi anterior.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana cara mengatasi pembusukan gigi akibat narkoba?

Jika Anda khawatir bahwa Anda dapat memiliki meth mouth, Anda dapat menghentikan perkembangan kondisi ini dengan menghentikan penggunaan narkoba. Anda dapat mengatasi mulut kering dengan mengonsumsi air sebagai pengganti minuman ringan atau minuman manis lainnya.

Menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi dan membersihkan dengan benang gigi secara rutin, serta mengunjungi dokter gigi dapat membantu mengurangi risiko terkena meth mouth.

Kapan harus diperiksakan ke dokter gigi?

Anda harus menghubungi dokter bila Anda mengalami gejala-gejala dari meth mouth.

Pencegahan

Bagaimana cara mencegah pembusukan gigi karena narkoba?

Alasan utama mengapa orang dapat mengalami meth mouth karena penggunaan obat metamfetamin. Walau mudah diucapkan, tentu menghentikan penggunaan obat tidak dapat mudah dilakukan.

Cara terbaik untuk mencegah meth mouth adalah dengan menghindari penggunaan metamfetamin. Jika Anda tidak dapat berhenti atau mencegahnya, Anda dapat mencoba untuk menghindari keinginan makanan yang manis-manis, dan/atau memulai menjaga kesehatan mulut yang baik.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Juli 14, 2017 | Terakhir Diedit: Juli 14, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan