Definisi

Apa itu impetigo?

Impetigo adalah infeksi kulit yang sangat menular yang menyebabkan rasa sakit pada kulit Anda. Area yang sakit akan terlihat memerah dan dapat terjadi di manapun pada tubuh Anda. Dalam beberapa kasus, impetigo terjadi terutama di sekitar hidung dan mulut, dan di tangan serta kaki. Setelah pecah, area tersebut dapat mengeluarkan cairan dan kemudian menjadi kerak kuning dan coklat.

Seberapa umumkah impetigo?

Impetigo adalah salah satu infeksi kulit yang paling umum pada anak-anak, terutama bagi mereka yang berusia 2-5 tahun. Impetigo lebih jarang terjadi pada orang dewasa, biasanya bersamaan dengan kondisi kulit atau infeksi lain dan lebih sering terjadi pada pria. Silakan diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala impetigo?

Tanda-tanda dan gejala impetigo yang umum adalah:

  • Luka merah dan lepuh yang segera pecah, mengeluarkan cairan selama beberapa hari dan kemudian membentuk kerak coklat kekuningan
  • Luka kulit di sekitar hidung, mulut, atau daerah lain
  • Gatal dan nyeri
  • Pada kasus yang berat, cairan dan luka yang menyakitkan berubah menjadi ulkus yang dalam
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di dekat infeksi

Kemungkinan ada tanda-­tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala tercantum di atas atau memiliki pertanyaan, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda. Tubuh masing-­masing orang berbeda. Selalu

konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab impetigo?

Bakteri merupakan salah satu penyebab impetigo. Anda bisa mendapatkan infeksi bakteri ketika Anda terpapar oleh luka atau cairan yang terkontaminasi dari lecet orang yang terinfeksi.

Salah satu dari dua jenis bakteri yang bertanggung jawab untuk menyebabkan impetigo adalah bakteri strep (streptokokus) atau staph (staphylococcus). Bakteri masuk ke dalam tubuh jika kulit Anda terluka dan terbuka, bahkan oleh luka kulit yang tidak terlihat, karena masalah kulit seperti eksim, poison ivy, gigitan serangga, luka bakar, atau lecet.

Setelah mengalami flu atau alergi yang membuat kulit di bawah hidung mengelupas, anak-anak dapat mengalami impetigo. Dalam beberapa kasus, impetigo masih dapat terjadi di kulit yang benar-benar sehat.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk impetigo?

Ada banyak faktor risiko untuk impetigo, seperti:

  • Umur. Anak-anak usia 2 sampai 5 tahun berada pada risiko tertinggi terkena impetigo
  • Tempat ramai. Kondisi ini membuat penyakit ini lebih mudah untuk tertular dari orang ke orang, seperti di sekolah-sekolah dan pusat perawatan anak.
  • Suhu hangat, cuaca lembap. Jenis cuaca ini adalah kondisi terbaik bagi bakteri berkembang dan menyebar. Dengan demikian, orang yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia berisiko lebih tinggi terkena impetigo.
  • Rusaknya kulit. Bakteri dapat menyerang tubuh melalui luka kulit yang kecil atau kulit yang terbuka.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk impetigo?

Anda dapat mengobati impetigo dengan menggunakan salep atau krim antibiotik yang dapat Anda terapkan langsung ke daerah yang terinfeksi. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu untuk menghilangkan kulit yang mengering dengan merendam luka dalam air hangat atau kompres basah. Setelah kulit kering tersebut lepas, antibiotik dapat menembus kulit dengan baik.

Anda dapat mengonsumsi obat antibiotik ketika Anda memiliki banyak luka impetigo yang  tidak dapat Anda obati dengan salep atau krim antibiotik. Penting bagi Anda untuk menghabiskan seluruh obat yang diresepkan bahkan jika luka sudah sembuh. Jika Anda berhenti menggunakan obat karena merasa lebih baik, Anda dapat mengalami kekambuhan dan bakterinya dapat kebal terhadap antibiotik.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk impetigo?

Dokter biasanya mendiagnosis impetigo dengan melihat luka yang khas. Jika kondisi Anda tidak menjadi lebih baik, sampel cairan dari luka Anda akan diuji untuk melihat jenis antibiotik apa yang mungkin bekerja dengan baik untuk kondisi Anda. Beberapa jenis bakteri yang menyebabkan impetigo telah menjadi resisten terhadap obat antibiotik tertentu. Oleh karena itu, perlu diambil sampel untuk mencegah reaksi tersebut. Jika Anda atau anak Anda menunjukkan tanda-tanda lain dari penyakit, Anda dapat diminta untuk melakukan tes darah atau urin.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi impetigo?

Berikut gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi impetigo:

  • Menjaga kulit tetap bersih. Anda dapat melakukan ini dengan segera mencuci luka, goresan, gigitan serangga, dan luka lainnya.
  • Cuci pakaian, seprai, dan handuk orang yang terinfeksi setiap hari dan jangan menggunakan pakaian yang sama dengan orang lain dalam keluarga Anda.
  • Potong kuku anak yang terinfeksi untuk mencegah kerusakan kulit akibat garukan.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016