Definisi

Apa itu angin duduk (angina pektoris)?

Angina adalah nyeri dada akibat kurangnya darah dan oksigen yang menuju jantung. Ini bisa menjadi gejala penyakit arteri koroner, atau aterosklerosis di mana terjadi penumpukan kolesterol dan lemak (plak) di dalam arteri koroner jantung. Angina juga dapat disebabkan oleh kejang otot di area arteri koroner.

Sedangkan angina tidak stabil atau angina pektoris adalah kondisi yang bisa membuat dada terasa nyeri tiba-tiba. Angina pektoris ini juga sering disebut sebagai angin duduk. Biasanya nyeri dada yang muncul tidak dapat diprediksi, bisa terjadi saat Anda sedang santai, dan belum tentu hilang saat beristirahat atau minum obat. Angina tidak stabil adalah penyakit serius yang harus segera ditangani.

Seberapa umum angina tidak stabil?

Angina tidak stabil atau angina pektoris adalah penyakit yang banyak terjadi di masyarakat. Para ilmuwan belum dapat menentukan kelompok mana yang  lebih berisiko mengidap angina tidak stabil atau kondisi angin duduk ini.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala angin duduk (angina pektoris)?

Gejala dari angina pektoris adalah muculnya rasa sakit yang tidak nyaman, baik yang rasanya ringan atau berat di bagian daada. Tidak dipungkiri juga bahwa Anda akan merasakan sesak dada, rasa nyeri, atau dada terasa berat dimulai dari dada dan kadang menyebar ke punggung, leher, bahu kiri, dan lengan bawah (terutama sebelah kiri).

Kemungkinan juga timbul nyeri yang terasa menusuk atau panas seperti terbakar. Beberapa orang menggambarkannya seperti sedang dibekap atau dicengkeram. Gejala lain dari angina pektoris adalah munculnya tubuh yang berkeringat, mual, kelelahan, pusing, atau sesak napas juga dapat terjadi.

Kondisi gejala ini bisa  saja muncul saat Anda sedang istirahat, terjadi selang-seling, tahan lama, dan tidak dapat diprediksi maupun dibantu dengan beristirahat atau minum obat-obatan.

Kemungkinan terdapat tanda-tanda atau gejala yang tidak tercantum di atas. Jika Anda mempunyai kekhawatiran tertentu mengenai gejala, silakan konsultasikan dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala yang tercantum di atas atau telah lama merasakan nyeri di dada, silakan konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan diagnosis yang akurat. Angina pektoris adalah salah satu keadaan gawat darurat. Bila anda merasakan nyeri dada yang tidak kunjung hilang dengan istirahat dan berlangsung lebih dari 10 menit, segera kunjungi instalasi gawat darurat terdekat.

Penyebab

Apa penyebab angin duduk (angina pektoris)?

Adanya gumpalan darah yang membentuk plak di dalam arteri membuat arteri tersumbat. Gumpalan darah ini bisa terbentuk, lalu terurai, kemudian terbentuk lagi. Gumpalan darah yang tidak segera ditangani akan bertambah besar dan sebelum akhirnya menyumbat arteri dan mengakibatkan serangan jantung.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk angin duduk (angina pektoris)?

Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena angina tidak stabil, seperti:

  • Usia dan jenis kelamin: laki-laki berusia di atas 60 tahun serta wanita yang memasuki masa menopause.
  • Riwayat keluarga dengan penyakit jantung.
  • Orang dengan konsumsi makanan berlemak dan kaya akan kolesterol.
  • Orang-orang yang tidak olahraga secara teratur.
  • Perokok.
  • Pengidap diabetes, tekanan darah tinggi atau orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuhnya.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk angin duduk (angina pektoris)?

Pertama, dokter akan menstabilkan kondisi pasien terlebih dahulu dengan memberikan obat penghilang rasa sakit, aspirin, dan oksigen. Obat lain juga dapat diberikan untuk mengendalikan tekanan darah dan membantu arteri supaya terbuka, misalnya kapsul nitrogliserin yang larut dalam mulut dan dapat memperbesar pembuluh darah.

Pengobatan selanjutnya melibatkan berbagai obat (misalnya aspirin, clopidogrel, heparin) untuk menghentikan penyumbatan, obat untuk menurunkan tekanan darah, serta obat (statin) untuk menurunkan kadar kolesterol dan lemak dalam darah.

Jika metode pengobatan tidak berhasil, kemungkinan pasien membutuhkan operasi (angioplasti, operasi untuk membuka pembuluh darah menggunakan balon kecil). Sebuah tabung kecil terdiri atas beberapa kabel yang saling bertautan (stent) akan dimasukkan ke dalam arteri yang tersumbat setelah arteri melebar untuk mencegah terjadinya penyempitan lagi.

Operasi jantung terbuka (coronary artery bypass graft atau CABG) diperlukan untuk kasus penyumbatan arteri yang sangat parah. Dalam metode CABG, vena atau arteri dipindahkan dan dijahit dengan arteri yang tersumbat sehingga aliran darah bisa melewati sumbatan.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk angin duduk (angina pektoris)?

Dokter  akan  mengambil  riwayat  medis,  melakukan  pemeriksaan,  dan  tes  darah.Elektrokardiografi (EKG) dan  sinar‐X dapat digunakan untuk mengevaluasi  cedera  sel jantung. Jantung dan pernafasan, tekanan darah, serta kadar oksigen dalam darah juga akan diukur.

Dokter juga dapat mengetahui apabila terjadi penyumbatan atau luka pada sel jantung menggunakan  sinar‐X  khusus.  Seorang  spesialis  penyakit  jantung  akan  memasukkan sebuah tabung tipis  dan  fleksibel  melalui  arteri  di  pangkal  paha  atau  lengan  menuju arteri jantung.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi angin duduk (angina pektoris)?

Berikut  gaya  hidup  dan  pengobatan  rumah  dapat  membantu  Anda  mengatasi  angin duduk.

  • Kunjungi dokter Anda secara teratur dan minum obat sesuai dengan resep.
  • Turunkan berat badan dan konsumsi makanan yang sehat.
  • Bawalah selalu nitrogliserin dan minum apabila diperlukan.
  • Beri  tahu  keluarga  serta  teman‐teman  Anda  tentang  cara  memberikan pertolongan media jika sewaktu‐waktu serangan jantung muncul.
  • Lakukan olahraga hanya apabila diperbolehkan dokter Anda.
  • Berhenti merokok.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Februari 14, 2018 | Terakhir Diedit: Februari 14, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan