home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sebelum Perawatan Keratin Rambut, Simak Dulu Fakta Penting Ini

Sebelum Perawatan Keratin Rambut, Simak Dulu Fakta Penting Ini

Keratin berperan dalam menjaga rambut Anda agar tetap sehat dan berkilau. Pertambahan usia dan gaya hidup, dapat mengakibatkan produksi keratin dalam tubuh menurun. Akibatnya rambut menjadi kusam, rusak, dan sulit diatur.

Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa orang mencoba melakukan perawatan keratin rambut. Perawatan tersebut dapat membuat rambut Anda lebih halus dan mudah diatur.

Apa itu perawatan keratin rambut?

Artikel Kesehatan Perawatan Rambut dan Kulit Kepala

Keratin adalah protein alami yang terdapat pada rambut. Tak hanya pada rambut, keratin juga terdapat pada gigi dan kuku. Keratin inilah yang berperan untuk menjaga kesehatan rambut Anda.

Namun, seiring bertambahnya usia dan seringnya rambut Anda terpapar styling tools juga zat kimia, maka jumlah keratin pada rambut akan berkurang. Bahkan bisa hilang seutuhnya apabila rambut sudah pernah bleaching.

Perawatan ini memiliki fungsi untuk memperbaiki rambut yang rusak dan membuat rambut tampak lebih berkilau serta mudah untuk diatur.

Mengapa memilih perawatan rambut keratin?

Perawatan ini akan membuat rambut mudah diatur sehingga Anda tidak memerlukan produk rambut berbahan kimia seperti produk hair spray untuk menata rambut.

Anda juga tidak perlu menata rambut Anda menggunakan alat pelurus rambut (catokan) karena rambut Anda akan terlihat lebih lurus setelah melakukan perawatan ini.

Proses perawatan dengan kandungan keratin buatan ini akan membuat rambut jadi lembut tapi tidak kering seperti proses pelurusan berbasis bahan kimia lainnya.

Lapisan keratin juga berfungsi melindungi batang rambut sehingga rambut Anda akan terhindar dari matahari dan polusi yang bisa menyebabkan kutikula rambut rusak.

Proses perawatannya

Perawatan ini dilakukan dengan mengaplikasikan zat ini mulai dari kulit kepala hingga batang rambut. Sebelum melakukannya, cuci rambut dengan bersih terlebih dahulu. Setelah itu, biarkan cairan keratin meresap dalam waktu 20 menit.

Setelah dikeringkan, rambut kemudian melalui proses pelurusan dengan menggunakan alat pemanas besi. Perawatan ini memerlukan waktu sekitar 90 menit atau sesuai panjang rambut.

Anda tidak diperbolehkan mencuci rambut selama 3 -4 hari setelahnya. Sebab, hal ini dapat mencegah keratin untuk menyerap dan bekerja optimal. Sebaiknya Anda konsultasikan dulu dengan ahli rambut sebelum Anda melakukan perawatan ini.

Hampir semua jenis rambut bisa melakukan perawatan ini. Meski demikian, jika Anda memiliki helaian rambut yang tipis dan halus, sebaiknya hindari perawatan ini karena akan membuat rambut terlihat lepek.

Berapa lama perawatan ini bertahan?

Perawatan rambut ini akan bertahan sekitar dua setengah bulan. Memang lebih singkat dibandingkan proses pelurusan rambut berbahan kimia lainnya, tetapi perawatan keratin rambut ini diklaim lebih aman untuk rambut Anda.

Adakah efek sampingnya?

Sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan ahli kulit sebelum Anda melakukan perawatan ini, jika Anda memilki psoriasis atau dermatitis seboroik.

Kandungan formaldehid kerap dikaitkan dengan masalah kesehatan terutama rambut karena kerap digunakan oleh oknum pekerja salon untuk ditambahkan ke dalam perawatan keratin rambut. Selain itu, zat ini sendiri juga ada pada produk berkeratin.

Berapa banyak formaldehid yang ada dalam produk ini? Tentu berbeda-beda, tergantung jenis produknya. Sebagian besar produsen mengeluarkan produk dengan kandungan keratin dalam tingkat yang aman.

Namun demikian, yang jadi masalah yaitu perawatan salon yang mencampur produk berkeratin dengan lebih banyak formaldehid. Pastikan Anda mengetahui kandungan apa saja yang akan diaplikasikan ke rambut Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Everything You Need to Know About Getting a Keratin Treatment – InStyle. Instyle.com. (2020). Retrieved 18 March 2021, from https://www.instyle.com/news/keratin-hair-treatment-guide.

Hair Smoothing Products That Release Formaldehyde When Heated – FDA. Fda.gov. (2021). Retrieved 18 March 2021, from https://www.fda.gov/cosmetics/cosmetic-products/hair-smoothing-products-release-formaldehyde-when-heated.

What’s the Deal with Keratin Treatments? – National Center for Health Research. Center4research.org. (2021). Retrieved 18 March 2021, from https://www.center4research.org/whats-deal-keratin-treatments/.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Tanggal diperbarui 18/03/2021
x