home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

4 Pilihan Obat Penumbuh Rambut untuk Anda

4 Pilihan Obat Penumbuh Rambut untuk Anda

Rambut rontok merupakan penyebab kebotakan atau semakin menipisnya rambut Anda. Kalau sudah mengalaminya, Anda mungkin perlu mencari obat penumbuh rambut. Tak usah risau, simak pilihan obat penumbuh rambut kimiawi dan alami berikut ini!

Obat penumbuh rambut kimiawi

kepala botak berisiko PJK

1. Minoxidil (Rogaine)

Minoxidil yaitu salah satu obat penumbuh rambut yang bisa dibeli tanpa resep dokter di apotek. Bentuk obat ini cair dan ada juga yang berbentuk busa. Obat ini digunakan dengan cara digosokkan di kulit kepala setiap hari.

Setidaknya dibutuhkan waktu 6 bulan untuk mendapatkan rambut baru yang sudah lebih kuat. Sebab, pada awal pemakaian obat ini mula-mula rambut yang tumbuh bisa sangat tipis dari rambut sebelumnya.

Meskipun bisa membantu menumbuhkan rambut, obat ini memiliki efek samping seperti iritasi kulit kepala, pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan di kulit wajah atau di tangan, dan denyut jantung yang lebih cepat (takikardia).

2. Finasteride (Propecia)

Obat yang satu ini dibuat khusus untuk pria. Bentuk obat ini yakni pil minum. Selain membantu menumbuhkan rambut, obat ini juga membantu mengurangi rambut rontok. Obat ini tidak berfungsi bagi pria di atas 60 tahun.

Efek samping finasteride ini yaitu berkurangnya dorongan seksual dan peningkatan risiko kanker prostat. Namun, efek samping ini sangat jarang terjadi.

Obat penumbuh rambut alami

minyak almond oil olive oil minyak zaitun
Sumber: Leaf.tv

1. Minyak peppermint

Melansir Medical News Today, beberapa penelitian menemukan bahwa minyak peppermint bisa meningkatkan pertumbuhan rambut lebih efektif daripada minyak jojoba, dan minoxidil yang sering digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut.

Para peneliti juga menemukan bahwa minyak esensial peppermint ini dapat meningkatkan ketebalan kulit kepala dan jumlah folikel rambut.

Minyak peppermint mengandung mentol yang menyebabkan pembuluh darah tepat di bawah kulit kepala membesar. Aliran darah tambahan ini dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut lebih lanjut.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat digunakan sebelum atau sesudah menyuci rambut tergantung jenis rambut Anda. Jika rambut Anda berminyak, sebaiknya oleskan minyak beberapa jam atau semalam sebelum menggunakan produk sampo.

Minyak kelapa sudah dipercayai selama berabad-abad untuk meningkatkan kesehatan rambut, sehingga rambut rontok berkurang, tumbuh lebih cepat, dan memberikan kilau yang indah alami.

Bila semua obat penumbuh rambut di atas sudah Anda coba tapi tak membuahkan hasil, segera konsultasikan dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Nall Rachel.2018. How to Use Essential Oils for Hair Growth. [Online] Tersedia pada: https://www.medicalnewstoday.com/articles/321877.php (Diakses 2 Oktober 2018)

Mayo Clinic. 2018. Hair Loss. [Online] Tersedia pada: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hair-loss/diagnosis-treatment/drc-20372932 (Diakses 2 Oktober 2018)

Cronkleton Emily. 2017. 10 Tips to Naturally Regrow Your Hair. [Online] Tersedia pada: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/regrow-hair-naturally#coconut-oil (Diakses 2 Oktober 2018)

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji Diperbarui 10/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita