home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Selain Lidah Buaya, Inilah Daftar Bahan Alami untuk Obat Ketombe

Selain Lidah Buaya, Inilah Daftar Bahan Alami untuk Obat Ketombe

Ketombe adalah masalah kulit kepala yang hampir terjadi pada setiap orang. Serpihan putih yang jatuh di pundak ini tentu dapat mengganggu penampilan. Ada berbagai cara untuk menghilangkan ketombe yang salah satunya adalah obat ketombe alami.

Pilihan obat ketombe dari bahan alami

cara menghilangkan ketombe secara alami

Selain sampo antiketombe dan krim resep dari dokter, ternyata ada berbagai bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati ketombe. Meski begitu, beberapa bahan alami ini hanya digunakan untuk mendukung pengobatan yang sudah ada.

Itu artinya Anda perlu berkonsultasi dengan dokter atau menguji coba bahan tersebut di kulit mengingat sensitivitas kulit kepala setiap orang berbeda-beda. Di bawah ini adalah pilihan obat untuk mengatasi ketombe secara alami.

1. Tea tree oil

Salah satu bahan alami yang dapat dijadikan obat ketombe adalah tea tree oil atau minyak pohon teh. Minyak yang berasal dari tanaman Melaleuca alternifolia ini telah dikenal sebagai bahan alami untuk mengobati berbagai kondisi, seperti jerawat dan dermatitis.

Hal ini mungkin dikarenakan kandungan terpinen-4-ol pada tea tree oil memiliki sifat antimikroba. Alhasil, senyawa aktif tersebut diklaim dapat membantu mengurangi ketombe dengan membasmi pertumbuhan jamur dan bakteri di kulit kepala.

Klaim tersebut dibuktikan lewat penelitian yang dipublikasikan di situs web Hindawi. Studi tersebut melaporkan bahwa senyawa pada minyak pohon teh dapat membantu mengendalikan bakteri S.epidermidis (penyebab ketombe).

Perlu diingat bahwa mengoleskan minyak pohon teh langsung ke kulit kepala dapat menimbulkan peradangan atau ruam. Untuk amannya, tambahkan beberapa tetes tea tree oil ke sampo biasa dan pijat kulit kepala Anda.

Anda mungkin juga dapat menjumpai produk sampo antiketombe yang mengandung minyak pohon teh di pasaran.

2. Lidah buaya

Selain minyak pohon teh, obat ketombe alami lainnya adalah lidah buaya, tepatnya gel yang ada di daun berwarna hijau tersebut. Begini, lidah buaya mengandung berbagai nutrisi yang dapat membantu pemulihan jaringan.

Hal ini yang memungkinkan lidah buaya berfungsi membantu meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka kecil. Bahkan, gel lidah buaya juga memberikan efek sejuk dan melembapkan kulit.

Penyebab ketombe berawal dari penumpukan minyak, kotoran, serta sel kulit mati yang mengering. Jika digunakan di kulit kepala, gel bening ini membantu menghilangkan ketombe dengan berbagai cara berikut.

  • Melembapkan kulit kepala yang kering.
  • Mengurangi peradangan kulit kepala karena adanya senyawa anti-peradangan.
  • Membersihkan rambut dan kulit kepala dari minyak berlebih.
  • Menjaga sel kulit kepala dengan kandungan antioksidan.
  • Mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat memperparah ketombe.

Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya pun terbilang cukup mudah. Anda bisa memanfaatkan gel lidah buaya ini sebagai masker rambut dan mencampurnya dengan bahan alami lainnya, seperti:

  • minyak eukaliptus, dan
  • minyak zaitun.

3. Sari cuka apel

Tidak hanya digunakan sebagai obat jerawat, sari cuka apel ternyata bisa dipakai sebagai obat ketombe alami. Bagaimana bisa?

Meski belum ada penelitian yang membuktikan cara menghilangkan ketombe efektif dengan sari cuka apel, kandungan di dalamnya bisa membantu mengatasi hal ini.

Pasalnya, sari cuka apel membutuhkan bakteri dan jamur untuk memfermentasikan potongan apel. Proses fermentasi apel ini menghasilkan senyawa antibakteri dan anti-peradangan yang juga terkandung pada cuka biasa.

Artinya, sari cuka apel sangat mungkin dapat mengurangi pertumbuhan jamur di kulit kepala dan meringankan gatal akibat penyakit kulit kepala ini. Selain itu, cuka apel juga bersifat asam, yakni dengan pH yang cukup rendah antara 2 hingga 3.

Beberapa ahli merekomendasikan bahwa kandungan pH yang tinggi pada cuka ini membantu mengembalikan keseimbangan pH rambut atau kulit.

Cara menggunakannya:

  • Campurkan ½ gelas cuka apel dengan 1 ½ gelas air dingin
  • Basahi rambut dan cuci rambut seperti biasa dengan sampo
  • Bilas rambut hingga bersih
  • Tuangkan campuran air dan cuka apel ke rambut
  • Tidak perlu dibilas lagi
  • Gunakan kondisioner jika dibutuhkan

4. Minyak kelapa

minyak kelapa memengaruhi testosteron

Salah satu faktor pemicu kemunculan ketombe adalah kulit kepala yang kering. Nah, minyak kelapa yang bersifat melembapkan ini ternyata bisa digunakan sebagai obat ketombe alami.

Menurut penelitian dari International Journal of Dermatology, minyak kelapa untuk rambut ternyata cenderung efektif digunakan pada anak yang menderita eksim. Hal ini dibandingkan dengan penggunaan minyak mineral.

Hal ini mungkin dikarenakan minyak kelapa dapat menembus kulit lapisan teratas dan menjadi penghalang agar kulit tidak mengalami peradangan dan kekeringan. Meski tidak menyebutkan masalah ketombe, Anda bisa mendapatkan manfaat serupa dari minyak kelapa.

Di sisi lain, minyak kelapa juga digunakan sebagai obat alami yang mengandung antimikroba. Kandungan asam laurat di dalamnya adalah senyawa aktif yang dipercaya dapat membantu melawan Malassezia yang merupakan jamur penyebab ketombe.

Anda bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk menghilangkan ketombe dengan menggunakannya sebagai pengganti produk sampo dan kondisioner rambut. Namun, selalu diskusikan pengobatan tradisional ini dengan dokter sebelum menggunakannya.

5. Minyak zaitun

Dikenal sebagai minyak alami sebagai salah satu cara merawat rambut, minyak zaitun juga bisa dimanfaatkan sebagai obat ketombe alami. Efeknya sebenarnya sama seperti minyak kelapa, yaitu menjaga kelembapan kulit kepala, terutama pemilik kulit kepala yang kering.

Senyawa asam oleat, asam palmitat, dan squalene pada minyak zaitun adalah emolien. Artinya, ketiga zat kimia tersebut bersifat melembutkan. Minyak berwarna bening keemasan ini bekerja dengan menembus batang rambut untuk menjaga kelembapan di dalamnya.

Walaupun tidak sepenuhnya menghilangkan ketombe, minyak zaitun untuk rambut dapat membantu mengurangi jumlahnya yang jatuh di baju Anda.

6. Minyak serai

minyak serai

Ketombe ringan memang dapat diatasi dengan rutin keramas. Nah, untuk mendukung proses mencuci rambut ini, Anda juga bisa menggunakan minyak serai untuk membantu mengurangi jumlah ketombe.

Penelitian yang diterbitkan pada jurnal Complementary Medicine Research melaporkan bahwa serai bermanfaat untuk rambut berketombe. Minyak alami yang satu ini memperlihatkan aktivitas antijamur pada sampo tonik dengan kandungan minyak serai yang rendah.

Tidak hanya itu, peneliti juga menemukan bahwa serai membantu mengurangi proses pengelupasan stratum korneum, bagian kulit yang paling atas. Bahkan, obat ketombe alami ini juga membantu mengurangi produksi minyak dan rasa gatal.

Ada banyak bahan alami sebagai obat ketombe. Namun, masing-masing punya manfaat dan efek samping yang mungkin berbeda pada setiap orang. Konsultasikan dengan dokter spesialis kulit sebelum menggunakan bahan alami sebagai cara menghilangkan ketombe.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Dandruff – diagnosis & treatment. (2019). Mayo Clinic. Retrieved 26 October 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dandruff/diagnosis-treatment/drc-20353854 

Do it yourself with beauty recipes. (n.d). Health and Environmental Research on Makeup of Salinas Adolescents. Retrieved 26 October 2020, from https://cerch.berkeley.edu/sites/default/files/do_it_yourself_beatuy_recipes.pdf 

Gouvinhas, I., Machado, N., Sobreira, C., Domínguez-Perles, R., Gomes, S., Rosa, E., & Barros, A. (2017). Critical Review on the Significance of Olive Phytochemicals in Plant Physiology and Human Health. Molecules (Basel, Switzerland), 22(11), 1986. https://doi.org/10.3390/molecules22111986. Retrieved 26 October 2020. 

Apple Cider Vinegar for Dandruff: A Hidden Cure. (2018). A-Z Health Families. Retrieved 26 October 2020, from https://www.azhealthyfamilies.org/dandruff/apple-cider-vinegar/ 

Evangelista, M., Abad-Casintahan, F., & Lopez-Villafuerte, L. (2013). The effect of topical virgin coconut oil on SCORAD index, transepidermal water loss, and skin capacitance in mild to moderate pediatric atopic dermatitis: a randomized, double-blind, clinical trial. International Journal Of Dermatology, 53(1), 100-108. https://doi.org/10.1111/ijd.12339. Retrieved 26 October 2020. 

Orchard, A., & van Vuuren, S. (2017). Commercial Essential Oils as Potential Antimicrobials to Treat Skin Diseases. Evidence-based complementary and alternative medicine : eCAM, 2017, 4517971. https://doi.org/10.1155/2017/4517971. Retrieved 26 October 2020. 

Home Remedies for Dandruff. (2016). Jamaica Hospital Medical Center. Retrieved 26 October 2020, from https://jamaicahospital.org/newsletter/home-remedies-for-dandruff/

Chaisripipat, W., Lourith, N., & Kanlayavattanakul, M. (2015). Anti-dandruff Hair Tonic Containing Lemongrass (Cymbopogon flexuosus) Oil. Complementary Medicine Research, 22(4), 226-229. https://doi.org/10.1159/000432407. Retrieved 26 October 2020.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 23/11/2020
x