backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

7 Manfaat Tamanu Oil, Minyak Esensial untuk Kulit

Ditinjau secara medis oleh dr. Yusra Firdaus


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 30/10/2023

7 Manfaat Tamanu Oil, Minyak Esensial untuk Kulit

Menjaga kelembapan kulit dengan face oil kini jadi cara melengkapi perawatan kulit. Salah satu jenis minyak wajah yang menjadi pilihan berasal dari pohon tanamu.  Tamanu oil diketahui berkhasiat untuk mengobati jerawat, menyembuhkan luka, hingga menjadi tabir surya alami.

Apa itu tamanu oil?

Tamanu oil adalah hasil ekstrak biji buah pohon nyamplung, yakni sejenis pohon bintangur yang memiliki nama latin Calophyllum inophyllum.

Minyak esensial ini telah lama digunakan sebagai obat untuk berbagai masalah kulit.

Butuh proses yang panjang untuk membuat minyak tamanu. Biji buah pohon nyamplung yang sudah matang akan dijemur terlebih dahulu selama 1 – 2 bulan hingga minyak terkumpul di dalam biji.

Setelah itu, biji akan dikupas dan dimasukkan ke dalam mesin untuk menghasilkan minyak murni berwarna kekuningan hingga kehijauan.

Minyak ini memiliki aroma khas kenari yang kuat dan dapat dengan mudah Anda temukan dalam produk skincare, seperti pelembab, serum, maupun lotion.

Manfaat tamanu oil

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat minyak tamanu untuk masalah kulit Anda. 

1. Mempercepat penyembuhan luka

Merawat luka

Salah satu kegunaan tamanu oil untuk kulit adalah kemampuannya untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka

Studi dalam jurnal Plos One mengungkapkan bahwa tamanu oil memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan luka. 

Tidak hanya itu, minyak alami ini juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu untuk mencegah luka terinfeksi oleh bakteri yang dapat memperparah kondisi luka.

2. Mengobati jerawat 

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi. Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri tersebut dapat masuk ke dalam pori-pori kulit dan menimbulkan peradangan.

Salah satu manfaat Tamanu oil untuk wajah adalah obat jerawat karena sifat antibakteri yang dimilikinya.

Studi lain dalam jurnal Plos One mengungkapkan bahwa minyak tamanu dapat membantu membunuh bakteri Propionibacterium acnes yang menjadi penyebab jerawat

Selain itu, sifat antiradang yang dimiliki oleh minyak esensial ini dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat.

3. Melembapkan kulit

Kandungan asam lemak yang tinggi dalam minyak tamanu membuat minyak ini memiliki khasiat untuk mencegah kulit kering.

Tamanu oil diketahui memiliki kandungan asam linoleat yang sering dijadikan sebagai bahan pembuatan produk skincare khusus melembabkan kulit.

Pasalnya, kandungan asam linoleat ini dapat membantu melapisi kulit dan menahan kadar air di kulit agar tidak hilang, sehingga kelembapan kulit terjaga. 

4. Mencegah penuaan dini

Selain dapat membantu melembapkan kulit, manfaat tamanu oil bagi kesehatan kulit selanjutnya adalah untuk mencegah penuaan kulit.

Paparan radikal bebas yang berlebihan dapat merusak lapisan kulit dan menyebabkan berkurangnya elastisitas kulit. Bahan aktif utama dari minyak tamanu, yakni calophyllolide memiliki sifat antioksidan. 

Antioksidan dapat membantu menangkal radikal bebas yang menyebabkan munculnya tanda penuaan, seperti keriput dan flek hitam

Selain itu, minyak herbal ini memiliki kandungan asam lemak yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Dengan begitu, kulit akan terlihat kencang dan tampak awet muda.  

5. Berpotensi sebagai obat untuk dermatitis atopik

Dermatitis atopik atau dikenal dengan istilah eksim merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya kemerahan pada kulit disertai dengan bengkak, gatal, dan kulit kering mengelupas. 

Studi ulasan yang diterbitkan dalam jurnal Evidence Based Complementary Alternative Medicine mengungkapkan bahwa tamanu oil dapat berpotensi untuk digunakan sebagai obat untuk mengatasi dermatitis atopik.

Hal ini karena minyak herbal ini memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu untuk mencegah infeksi dan mengurangi peradangan pada kulit. 

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas minyak herbal ini sebagai obat untuk dermatitis atopik. 

6. Membantu mengobati selulitis

Selulitis adalah penyakit kulit yang terjadi akibat infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini dapat masuk melalui luka terbuka akibat goresan benda tajam, gigitan serangga, dan sebagainya.

Penyakit ini menyebabkan penderitanya mengalami gejala seperti kulit kemerahan akibat peradangan, muncul luka dan ruam yang menyebar dengan cepat, kulit mengilap, dan bengkak.

Minyak tamanu diketahui memiliki kandungan senyawa aktif yang dapat melawan bakteri penyebab selulitis, yakni Staphylococcus aureus.

Meskipun begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas minyak herbal ini sebagai pengobatan selulitis.

7. Melindungi kulit dari sinar matahari

sinar matahari membunuh coronavirus

Sinar matahari memang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, paparan sinar matahari yang berlebihan justru dapat menimbulkan risiko bagi kulit.

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan munculnya masalah kulit seperti, sunburn, tanda penuaan, hingga meningkatkan risiko kanker kulit.

Studi dalam jurnal Natural Product Communications mengungkapkan bahwa tamanu oil dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari sebagai sunscreen alami. 

Minyak essential oil ini diketahui dapat menyerap sinar UVA dan UVB agar tidak menembus ke lapisan kulit. 

Hal yang harus diperhatikan saat memakai minyak tamanu

Meskipun minyak tamanu umumnya  aman bila digunakan secara topikal (pemakaian luar), minyak ini dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang. 

Jika Anda mengalami gatal, ruam kulit, iritasi, atau efek samping lainnya setelah menggunakan minyak tamanu, segera hentikan pemakaian.

Orang yang memiliki alergi biji buah tertentu juga harus menghindari minyak ini. 

Di samping segala manfaat yang ditawarkan minyak tamanu, penting diketahui bahwa beberapa manfaat di atas belum diuji coba pada manusia.

Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat minyak ini untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Ringkasan

  • Tamanu oil adalah minyak yang berasal dari pohon nyamplung yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit.
  • Minyak herbal ini dapat membantu mengobati jerawat, melembapkan kulit, mencegah penuaan, hingga melindungi kulit dari sinar matahari.
  • Jika muncul efek samping setelah menggunakan minyak herbal ini, segera hubungi dokter.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Yusra Firdaus


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 30/10/2023

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan