backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Manfaat Tranexamic Acid untuk Wajah, Memudarkan Bintik Hitam

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Nabila Azmi · Tanggal diperbarui 11/10/2023

Manfaat Tranexamic Acid untuk Wajah, Memudarkan Bintik Hitam

Ketika berbicara soal perawatan kulit wajah yang efektif, banyak orang yang mencari bahan baru untuk membantu mencegah berbagai masalah kulit. Salah satu senyawa yang kini tengah naik daun adalah tranexamic acid. Simak apa itu tranexamic acid untuk wajah dan cara penggunaannya di bawah ini!

Apa itu tranexamic acid?

Tranexamic acid adalah senyawa yang mungkin belum begitu dikenal, tetapi ternyata menawarkan manfaat luar biasa dalam merawat kulit. Asam traneksamat ini berasal dari asam amino lisin. 

Awalnya, senyawa asam ini digunakan sebagai obat oral untuk mengatasi perdarahan menstruasi yang berat. Namun, ketika dioleskan langsung ke kulit, senyawa ini dapat mengubah cara sel kulit memproduksi melanin. 

Melanin adalah pigmen yang memberikan warna pada kulit. Artinya, asam traneksamat ini dapat membantu mengatasi masalah perubahan warna kulit, seperti melasma dan hiperpigmentasi. Alhasil, warna kulit bisa tampak merata. 

Manfaat tranexamic acid untuk wajah

ciri-ciri orang hamil dari raut wajah

Bila dilihat dari penjelasan di atas, tidak mengherankan jika kini banyak orang yang mulai melirik tranexamic acid untuk merawat wajah. Berikut ini beberapa manfaatnya.

1. Meningkatkan perlindungan kulit

Salah satu kegunaan tranexamic acid adalah meningkatkan perlindungan kulit. Perlindungan kulit ini seperti lapisan pelindung yang membantu menjaga kulit tetap lembap dan melindungi dari racun serta iritasi. 

Bagi orang yang mengalami masalah rosacea, pelindung kulit mereka sering rusak. Namun, penggunaan tranexamic acid selama dua minggu memperbaiki fungsi skin barrier pada peserta penelitian. Ini dibuktikan melalui studi kecil dalam jurnal Dermatologica Sinica.

Penelitian tersebut memperlihatkan adanya peningkatan fungsi pelindung kulit yang membantu mengurangi gejala rosacea secara signifikan. 

2. Mengurangi bintik hitam

Tranexamic acid memiliki manfaat yang signifikan untuk kecantikan dalam mengatasi bintik hitam dan perubahan warna kulit. Pasalnya, senyawa ini dapat berperan sebagai zat pencerah kulit yang membantu mengurangi bintik hitam dan memperbaiki hiperpigmentasi. 

Hal ini terjadi karena asam traneksamat mengganggu produksi melanin, yaitu pigmen yang memberikan warna pada kulit kita. 

Penelitian pada 2019 menunjukkan penggunaan asam traneksamat menghasilkan penurunan tingkat keparahan melasma sebesar 27 persen setelah 12 minggu penggunaan.

Temuan tersebut hampir setara dengan hasil yang dicapai oleh penggunaan hidrokuinon, zat pencerah kulit lainnya. 

Menariknya, peserta yang menggunakan asam traneksamat melaporkan tingkat kepuasan yang lebih tinggi terhadap pengobatan mereka. Ini karena efek samping yang lebih sedikit, seperti iritasi kulit. 

3. Mengurangi perubahan warna kulit akibat jerawat dan sinar UV

Tidak hanya untuk mengatasi bintik hitam, tranexamic acid untuk wajah ternyata bisa mengatasi perubahan warna kulit akibat jerawat. Ini juga bisa Anda gunakan ketika kulit wajah mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari. 

Begini, ketika jerawat muncul, seringkali kulit dapat mengalami eritema pascaperadangan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan bercak merah, merah muda, atau ungu yang sulit hilang. 

Namun, menurut tinjauan di Journal of Cosmetic Dermatology, tranexamic acid dapat membantu mengurangi kemuculan lesi ini. Terlebih lagi, cara ini tergolong memiliki risiko efek samping yang cukup rendah. 

Sementara itu, studi terbatas dari jurnal yang sama menunjukkan bahwa senyawa asam ini bisa membantu memperbaiki warna kulit. Bahkan, tranexamic acid memungkinkan untuk mengurangi kemerahan serta bintik hitam akibat sinar matahari. 

Cara menggunakan tranexamic acid untuk wajah

serum yang aman untuk ibu hamil

Penggunaan tranexamic acid untuk wajah dan kecantikan dapat memberikan hasil yang optimal jika Anda mengikuti beberapa panduan sederhana. Berikut ini beberapa tipsnya.

1. Waktu penggunaan

Anda dapat menggunakan tranexamic acid kapan saja sepanjang hari. Namun, beberapa ahli merekomendasikan untuk menggunakan produk ini ke dalam rutinitas perawatan kulit malam.

Anda bisa menggunakan skincare dengan tranexamic acid setelah membersihkan kulit, sebelum mengoleskan pelembap. 

2. Mengenalkan produk baru secara perlahan

Penting untuk memperkenalkan produk yang mengandung bahan aktif seperti tranexamic acid secara perlahan. Hal terutama berlaku jika Anda memiliki kulit sensitif

Awalnya, cobalah menggunakannya dua kali seminggu untuk melihat bagaimana kulit merespons. Jika kulit merasa nyaman, Anda dapat meningkatkan penggunaannya secara bertahap menjadi dua malam atau bahkan setiap malam.

3. Kombinasikan dengan bahan lain

Menggunakan asam traneksamat bersama produk yang mengandung asam kojic, asam fitat, niacinamide, dan vitamin C dapat meningkatkan hasil perawatan kulit.

Namun, penting untuk berhati-hati saat mengombinasikan berbagai asam dan bahan perawatan kulit. Pasalnya, beberapa kombinasi dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi. 

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit sebelum menggabungkan banyak bahan aktif.

4. Menggabungkan tranexamic acid dengan retinoid

Anda juga dapat menggunakan asam traneksamat bersama retinoid. Produk ini dapat membantu memaksimalkan manfaat peningkat kulit dari turunan vitamin A ini. 

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari memudarkan bintik hitam akibat sinar matahari. Walau begitu, pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan retinoid dengan hati-hati. 

Perlu diingat bahwa hasil dari penggunaan tranexamic acid untuk wajah dan kecantikan tidak akan langsung terlihat. Diperlukan waktu hingga satu bulan atau bahkan lebih lama sebelum Anda melihat perubahan yang signifikan. 

Hal yang perlu diperhatikan saat memakai tranexamic acid

Penggunaan tranexamic acid untuk wajah dan kecantikan umumnya aman untuk berbagai jenis kulit. Namun, beberapa hal perlu diperhatikan untuk memastikan penggunaan yang aman dan efektif.

1. Keamanan selama kehamilan

Tranexamic acid dianggap aman selama kehamilan, tetapi belum ada penelitian yang memadai tentang dampaknya pada ibu hamil.

Jika Anda sedang hamil, sangat disarankan untuk berbicara dengan dokter sebelum mencoba perawatan kulit apa pun, termasuk senyawa ini. 

2. Kulit sensitif atau eksim

Jika memiliki kulit sensitif atau eksim, sebaiknya berhati-hati saat menggunakan tranexamic acid. Senyawa ini dapat menyebabkan iritasi, terutama saat pertama kali digunakan. 

Itu sebabnya, ada baiknya Anda melakukan tes alergi seperti uji patch terlebih dulu sebelum mengoleskan produk skincare baru ke seluruh wajah. 

Efek samping tranexamic acid untuk wajah

Meskipun tranexamic untuk wajah tergolong aman, ada beberapa efek samping yang perlu Anda waspadai, antara lain: 

  • kulit kering, 
  • iritasi dan kemerahan,
  • kulit mengelupas. 

Jika mengalami beberapa efek samping di atas selama beberapa minggu, sebaiknya hentikan penggunaan produk dan konsultasikan dengan dokter kulit.

Bila mengalami efek samping yang lebih parah, seperti perubahan warna kulit hingga gatal-gatal, segera dapatkan penanganan dari dokter. 

Penting untuk selalu memonitor reaksi kulit saat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung tranexamic acid untuk menjaga kesehatan kulit. 

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Nabila Azmi · Tanggal diperbarui 11/10/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan