Apa yang Akan Terjadi Kalau Pakai Kosmetik Kedaluwarsa?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda termasuk wanita yang senang belanja makeup? Apakah semuanya Anda pakai? Biasanya wanita hanya suka membeli kosmetik, tapi kemudian lupa untuk memakainya. Alhasil, kosmetik yang sudah kedaluwarsa pun tersimpan dalam laci meja rias. Baiknya, produk yang sudah kedaluwarsa ini langsung dibuang. Namun, bagaimana jika kosmetik kedaluwarsa tidak sengaja terpakai? Apa yang akan terjadi?

Apa ciri makeup yang sudah kedaluwarsa?

Biasanya wanita langsung memakai kosmetik, tanpa mengingat harus memerhatikan tanggal kedaluwarsanya terlebih dahulu. Hal ini kemudian dapat menyebabkan kulit wanita menjadi rusak. Alih-alih ingin merias wajah agar terlihat lebih cantik, tapi justru merusak wajah.

BACA JUGA: 9 Kesalahan Memakai Makeup yang Dilakukan Banyak Wanita

Setiap produk kosmetik pasti mempunyai tanggal kedaluwarsa. Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya dapat berubah sepanjang waktu. Molekul dalam produk kosmetik dapat berubah sehingga komposisi bahan juga dapat berubah jika disimpan terlalu lama. Inilah gunanya tanggal kedaluwarsa, untuk memberi tahu Anda kapan batas pemakaian produk tersebut. Produk kosmetik yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa sudah tidak layak untuk Anda pakai.

Produk kosmetik yang sudah kedaluwarsa bisanya menjadi lebih kering, menggumpal, dan tidak lembut saat dipakaikan ke kulit. Bahan aktif yang terkandung di dalam produk kosmetik tersebut juga sudah tidak berfungsi dengan baik, sehingga tidak memberikan manfaat yang sama seperti produk kosmetik yang belum kedaluwarsa. Bahkan, bahan yang terkandung dalam produk tersebut dapat terurai menjadi bentuk lain dan bersifat racun.

Apa yang terjadi pada kulit saat terkena kosmetik kedaluwarsa?

Saat Anda memakai makeup yang sudah basi, kulit Anda bereaksi terhadap perubahan tersebut. Yang bisa terjadi pada kulit Anda saat Anda memakai kosmetik kedaluwarsa adalah:

  • Iritasi
  • Ruam kulit
  • Kulit kemerahan
  • Pigmentasi kulit
  • Dermatitis kontak atau radang kulit yang dapat menyebabkan kulit kemerahan, ruam kulit, benjolan kecil pada kulit seperti jerawat, lecet, dan bengkak pada kulit
  • Reaksi alergi pada beberapa individu yang mempunyai kulit sensitif
  • Lipstik kedaluwarsa dapat menyebabkan bibir bengkak, gatal-gatal, dan alergi pada bibir

Selain itu, penggunaan maskara dan eyeshadow yang sudah kedaluwarsa juga dapat menyebabkan infeksi pada mata. Mata merah juga bisa disebabkan oleh penggunaan produk kosmetik yang sudah kedaluwarsa.

Semakin tua umur kosmetik, semakin mudah kosmetik tersebut dimasuki oleh kuman yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit dan mata. Hal ini terjadi karena bahan pengawet yang terkandung dalam kosmetik sudah menurun fungsinya. Selain itu, saat Anda membuka produk kosmetik untuk dipakai, sebenarnya Anda sedang memaparkan produk kosmetik Anda dengan udara yang mengandung bakteri. Kemudian Anda memakaikannya ke kulit atau wajah Anda, yang sebenarnya Anda sedang menyebarkan bakteri dari kulit atau wajah ke produk kosmetik, begitu seterusnya.

BACA JUGA: Bolehkah Pakai Makeup Saat Sedang Berjerawat?

Apa yang harus dilakukan untuk menghindari hal tersebut?

Jadi, untuk menghindari pemakaian kosmetik kedaluwarsa, sebaiknya perhatikan tanggal kedaluwarsa setiap Anda ingin memakai produk kosmetik. Atau, jika Anda ingin lebih mudah menghindarinya, sebaiknya periksa tanggal kedaluwarsa produk kosmetik tiap sebulan sekali. Jika ada yang sudah kedaluwarsa, sebaiknya segera buang produk kosmetik tersebut.

Biasanya tiap produk kosmetik memiliki batas aman atau waktu kedaluwarsa yang berbeda. Berikut ini merupakan waktu kedaluwarsa tiap produk kosmetik pada umumnya. Jika sudah melewati waktu ini sebaiknya langsung Anda buang atau Anda ganti.

  • Maskara mempunyai waktu kedaluwarsa hanya 3 bulan
  • Eyeliner dan eyeshadow hanya dapat bertahan selama 6-12 bulan
  • Lipstik bisa bertahan sampai 1,5 tahun
  • Foundation, bedak, dan makeup wajah lainnya mempunyai waktu kedaluwarsa sampai 12 bulan

Produk kosmetik yang berbasis cairan pada umumnya memiliki masa kedaluwarsa yang lebih singkat daripada yang berbentuk kering atau bubuk. Jika tidak tercantum tanggal kedaluwarsa pada kemasan produk kosmetik, Anda bisa menghitung tanggal kedaluwarsa dari tanggal produksi yang tertera dalam kemasan produk tersebut.

Jika Anda sama sekali tidak menemukan tanggal kedaluwarsa maupun tanggal produksi, coba perhatikan kondisi fisik dari produk kosmetik tersebut. Produk kosmetik yang sudah kedaluwarsa biasanya mengalami perubahan, mulai dari bau, tekstur, dan warna. Saat dipakai di wajah atau kulit juga terasa ada yang beda.

BACA JUGA: Paraben Dalam Kosmetik: Benarkah Berbahaya?

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tanpa Disadari, Hal-Hal Ini Bisa Menyebabkan Bulu Mata Rontok

Bulu mata membantu membangun karakter wajah seseorang. Tidak heran jika bulu mata rontok bisa bikin Anda minder. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Pori-pori wajah yang besar dan tidak rata bisa mengganggu penampilan. Masker alami bisa mengecilkan pori-pori, Anda bisa memilih sesuai dengan tipe kulit.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Penuaan

Setiap orang akan mengalami penuaan. Gaya hidup dan riwayat kesehatan membuat orang bisa mengalami penuaan lebih dini. Apa saja tandanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Lansia 12 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Benarkah Lulur Ekstrak Bengkoang Bisa Memutihkan Kulit?

Produk perawatan kulit biasanya mengandung bahan yang diklaim dapat memutihkan kulit, seperti bengkoang. Apa benar ekstrak bengkoang bisa memutihkan kulit?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 8 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit



Direkomendasikan untuk Anda

skincare anti-aging usia 50 tahun

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
tips waxing di rumah

Tips Melakukan Waxing di Rumah Dengan Bahan-bahan Alami

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
cara menghilangkan hitam di leher

Leher Hitam? Atasi dengan Cara Mudah Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
brazilian blowout

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit