home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Manfaat Licorice untuk Kulit Wajah yang Harus Anda Tahu

Manfaat Licorice untuk Kulit Wajah yang Harus Anda Tahu

Anda mungkin mengenal licorice melalui bentuk olahannya seperti permen atau minuman. Namun, tak banyak orang yang tahu bahwa licorice bisa memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Simak selengkapnya pada artikel berikut ini.

Sekilas tentang licorice dan manfaat kesehatannya

Licorice merupakan tumbuhan dari famili Fabaceae yang banyak tumbuh di Yunani, Turki, serta negara-negara Asia Barat. Kerap disebut sweet root, licorice banyak dimanfaatkan sebagai penyedap rasa.

Selain permen dan minuman, Anda bisa menemukannya pada pasta gigi dan tembakau. Tak hanya itu, licorice juga telah digunakan sebagai obat herbal dari beratus tahun lamanya.

Orang-orang paling sering mengonsumsi bahan ini sebagai ekspektoran (pengencer dahak) alami untuk membantu membersihkan lendir berlebih pada saluran pernapasan.

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, licorice dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan pemulihan dari respons tubuh yang terkait dengan stres.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan ekstrak licorice berpotensi membantu mengobati gejala penyakit akibat virus hepatitis C. Meski demikian, hal ini masih membutuhkan penelitian lanjutan untuk benar-benar membuktikan keefektifannya.

Manfaat licorice untuk kulit wajah

cara membuat wajah glowing permanen

Nah, siapa sangka bahwa licorice juga bisa memberikan sejumlah manfaat untuk kulit wajah Anda? Berikut penjelasannya.

1. Bantu mencegah penyakit infeksi kulit

Ekstrak licorice ternyata mengandung senyawa bernama glycyrrhizin yang terkenal memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba. Menurut berbagai penelitian, glycyrrhizin dapat memerangi bakteri yang menginfeksi kulit.

Salah satunya, penelitian yang terbit pada 2010 menemukan aktivitas anti-mikroba dari glychyrrhizin dapat bantu melawan bakteri Staphylococcus aureus yang sering menjadi penyebab penyakit kulit seperti folikulitis dan impetigo.

2. Bantu mengatasi peradangan kulit

Karena kandungan glycyrrhizin pula, ekstrak licorice mampu mengurangi gejala iritasi kulit seperti gatal-gatal dan kemerahan yang biasanya pasien alami pada penyakit seperti psoriasis, rosacea, dan dermatitis atopik (eksim).

Satu uji coba yang dilakukan pada 60 pasien dengan kulit eksim mengungkapkan bahwa gel oles yang mengandung ekstrak licorice dapat memperbaiki tampilan kulit dengan cukup efektif.

3. Bantu melembapkan kulit

Ekstrak licorice bermanfaat dalam melembapkan kulit wajah bila Anda menggunakannya secara rutin. Akar licorice mengandung senyawa antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas.

Radikal bebas dapat memberikan efek yang negatif untuk kulit, salah satunya berkurangnya hidrasi (kelembapan) kulit. Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan antioksidan ini salah satunya dari menggunakan produk yang mengandung ekstrak licorice.

4. Bantu melindungi kulit dari paparan sinar UV

Paparan sinar matahari dapat membuat kulit mengalami perubahan dalam warna dan teksturnya. Tak jarang, efek ini menimbulkan tanda penuaan dini seperti munculnya kerutan.

Sinar UV dapat merusak serat kulit bernama elastin. Ketika serat itu mengalami masalah, kulit akan mengendur, meregang, dan terlihat kering.

Licorice mengandung bahan aktif bernama licochalcone yang dapat melindungi kulit Anda dengan memperkuat mekanisme pertahanan lapisan kulit.

Licochalcone bantu meningkatkan produksi antioksidan dan meminimalkan kerusakan akibat sinar matahari saat tidak menggunakan tabir surya. Bila Anda gunakan secara rutin, bahan aktif ini dapat menunda munculnya garis halus dan kerutan.

5. Bantu mencerahkan kulit wajah

Bahan aktif lainnya yang juga terdapat pada licorice adalah glabridin. Bahan ini memiliki sifat mencerahkan kulit serta mampu mencegah produksi enzim tirosinase yang membuat tampilan kulit menggelap setelah terpapar sinar matahari.

Ada pula senyawa liquiritin yang berfungsi membantu mencerahkan kulit. Senyawa ini dapat menghancurkan kelebihan melanin (pigmen atau zat warna kulit) dengan memecahnya, sehingga mengurangi pigmentasi yang berlebihan pada kulit.

Bagaimana? Tertarik untuk mendapatkan manfaat licorice untuk kulit wajah?

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Pillaiyar, T., Manickam, M., & Namasivayam, V. (2017). Skin whitening agents: medicinal chemistry perspective of tyrosinase inhibitors. Journal of enzyme inhibition and medicinal chemistry, 32(1), 403–425. https://doi.org/10.1080/14756366.2016.1256882. Retrieved 7 May 2021.

Yehuda, I., Madar, Z., Leikin-Frenkel, A., & Tamir, S. (2015). Glabridin, an isoflavan from licorice root, downregulates iNOS expression and activity under high-glucose stress and inflammation. Molecular nutrition & food research, 59(6), 1041–1052. Retrieved 7 May 2021.

Wang, X. R., Hao, H. G., & Chu, L. (2017). Glycyrrhizin inhibits LPS-induced inflammatory mediator production in endometrial epithelial cells. Microbial pathogenesis, 109, 110–113. https://doi.org/10.1016/j.micpath.2017.05.032. Retrieved 7 May 2021.

Saeedi, M., Morteza-Semnani, K., & Ghoreishi, M. R. (2003).The treatment of atopic dermatitis with licorice gel. The Journal of dermatological treatment, 14(3), 153–157. https://doi.org/10.1080/09546630310014369. Retrieved 7 May 2021.

Saeedi, M., Morteza-Semnani, K., & Ghoreishi, M. R. (2003). The treatment of atopic dermatitis with licorice gel. The Journal of dermatological treatment, 14(3), 153–157. https://doi.org/10.1080/09546630310014369 Retrieved 7 May 2021.

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Winona Katyusha Diperbarui 28/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x