5 Manfaat Belerang untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 13 September 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Belerang atau sulfur adalah jenis mineral yang biasanya ditemukan dalam bentuk batuan kristal di pegunungan. Bukan hanya dikenal sebagai bahan baku pembuat baja, beberapa produk untuk kulit juga sering mengandung belerang. Sebenarnya, apa saja manfaat belerang bagi kecantikan dan kesehatan kulit?

Manfaat belerang untuk kulit yang perlu Anda ketahui

Pernahkah Anda mengunjungi pemandian air panas Ciater di Jawa Barat? Ya, tempat wisata ini memang terkenal dengan pemandian air panasnya yang mengandung belerang. Banyak orang berbondong-bondong datang ke sana dan berendam sebagai terapi untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Namun, benarkah belerang memiliki potensi untuk menjaga kesehatan kulit?

Ya, pemanfaatan belerang bukan hanya lewat pemandian air panas saja, tapi juga digunakan untuk produk kosmetik dan juga obatan-obatan penyakit kulit seperti berikut ini:

1. Menjaga kebersihan pori-pori dan mencegah jerawat

menghilangkan bopeng bekas jerawat

Kotoran dan minyak berlebih dapat menyebabkan jerawat. Nah, beberapa produk antijerawat biasanya mengandung sulfur. Mineral alami berbau menyengat ini mampu membunuh bakteri yang menyumbat dan mengiritasi pori-pori kulit.

Selain itu, belerang juga mampu mengurangi penumpukan minyak berlebih yang bisa menyumbat pori-pori. Biasanya belerang terdapat pada produk kosmetik untuk jerawat ringan.

Sulfur juga dianggap lebih ringan dibanding benzoil peroksida untuk mengobati jerawat. Benzoil peroksida cenderung menimbulkan reaksi alergi, iritasi, atau kulit terkelupas.

2. Mengangkat sel kulit mati

mengangkat sel kulit mati

Eksfoliasi adalah teknik yang membantu pengelupasan sel-sel kulit mati. Biasanya, eksfoliasi menggunakan scrub garam atau gula atau produk eksfoliator yang mengandung BHA (Beta Hydroxy Acid atau asam salisilat).

Selain digunakan pada produk antijerawat, belerang juga digunakan sebagai bahan untuk eksfoliasi. Sulfur bersifat keratolitik yaitu dapat mengupas lapisan kulit luar sehingga cocok digunakan untuk mengangkat sel-sel kuli mati.

Seorang juru bicara untuk merek perawatan kulit mewah Gazelli menambahkan bahwa belerang digunakan dalam banyak masker wajah dan dapat digunakan untuk membantu mengontrol dermatitis.

3.  Mencegah penuaan kulit

kulit sehat

Untuk menjaga kekenyalan kulit, kebutuhan kolagen harus tercukupi. Sayangnya, semakin bertambah usia, produksi kolagen jadi berkurang dan kulit jadi kering, kendur, dan juga mulai berkerut. Apalagi jika kulit terus terpapar polusi dan juga sinar matahari, kulit akan menua lebih cepat.

Penuaan dapat dicegah atau diperlambat dengan produk antiaging alias peremajaan. Nah, belerang sering ditambahkan pada produk-produk peremajaan tersebut. Belerang dapat membunuh bakteri yang merusak kulit sekaligus merangsang produksi kolagen.

4. Mengatasi ketombe

ketombe dan psoriasis

Selain digunakan sebagai bahan eksfoliasi, belerang dapat dijadikan sebagai perawatan untuk kulit kepala berketombe. Sulfur membantu kulit kepala yang berkerak supaya lebih cepat terkelupas serta meningkatkan tekstur, kekenyalan, dan kemilau rambut.

5. Digunakan sebagai obat untuk eksim dan rosacea

mengobati eksim kulit

Eksim dan rosacea adalah penyakit kulit yang menyebabkan kulit kemerahan, gatal, dan juga iritasi. Nah, obat berbasis sulfur sering kali diresepkan sebagai ganti dari antibiotik penyakit rosacea. Belerang yang bersifat antiradang di kulit ini dapat mengatasi gejala rosacea.

Selain rosacea, belerang menjadi obat yang paling direkomendasikan untuk mengatasi eksim. Belerang yang bersifat terapeutik dapat mengurangi gejala eksim seperti kulit kering, bercak gatal, dan juga peradangan.

Jangan menggunakan belerang sembarangan

Walaupun manfaat belerang sangat melimpah untuk kecantikan dan kesehatan kulit, pakai belerang tidak boleh asal-asalan. Semua orang juga belum tentu cocok dengan mineral ini. Sebaiknya, konsultasikan lebih dulu ke dokter sebelum menggunakan belerang.

Belerang bisa memengaruhi tingkat keasaman kulit sehingga bisa memperparah iritasi dan mengganggu lapisan pelindung kulit. Terutama untuk orang yang memiliki kulit sensitif atau kulit kering.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Segudang Khasiat Minyak Amla dari Menguatkan Akar Rambut Hingga Meredakan Sembelit

Tahu minyak amla? Ternyata minyak ini sudah diandalkan sebagian orang sebagai penumbuh rambut. Tak cuma itu, ada banyak manfaat minyak amla lainnya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 28 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Benarkah Lulur Ekstrak Bengkoang Bisa Memutihkan Kulit?

Produk perawatan kulit biasanya mengandung bahan yang diklaim dapat memutihkan kulit, seperti bengkoang. Apa benar ekstrak bengkoang bisa memutihkan kulit?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 8 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Jangan Keliru, Begini Urutan Pakai Produk Skin Care yang Benar Sesuai Aturan

Semahal apa pun produk perawatan kulit yang Anda punya jika salah urutan skincare, percuma saja. Berikut urutan pemakaian skin care yang benar.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 5 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

5 Cara untuk Mengetahui Produk Skincare Anda Cocok dengan Kulit

Kulit dapat menunjukkan tanda tertentu saat dipakaikan produk skincare baru. Begini cara mengetahui apakah skincare Anda cocok atau tidak.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 2 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit



Direkomendasikan untuk Anda

kandungan body lotion

5 Bahan Kimia Berbahaya pada Body Lotion yang Harus Dihindari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 16 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
minyak safflower

Mengulik Segudang Khasiat Minyak Safflower untuk Kecantikan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 16 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
manfaat minyak biji rosehip

Segudang Manfaat Minyak Rosehip untuk Kecantikan Kulit

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 11 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
manfaat minyak kemiri

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kulit dan Rambut

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 8 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit