7 Cara Mengencangkan Kulit Kendur Akibat Berat Badan Turun

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 13 Juni 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Setelah berhasil menurunkan berat badan, ada satu lagi PR yang belum selesai dikerjakan. Yap! Soal bagaimana caranya mengencangkan kulit kendur akibat penurunan berat badan. Meskipun sudah memiliki berat badan ideal, tapi kalau kulit nampak mengendur cenderung bergelambir memang sangat mengganggu penampilan.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengencangkan kembali kulit yang mengendur akibat penurunan berat badan.

1. Minum air putih yang cukup

Air memang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh termasuk untuk kulit. Air mampu membantu meningkatkan elastisitas kulit sehingga membuat kulit lebih kencang, halus, dan terlihat lebih bercahaya. Dianjurkan untuk mengonsumsi ari putih minimal enam gelas per hari atau bahkan lebih.

2. Olahraga

Menurut Cedric Bryant, kepala bagian sains dari American Council on Exercise, melakukan olahraga seperti latihan angkat beban secara rutin bisa membentuk kekuatan otot.

Selain melakukan olahraga angkat beban, Anda juga bisa melakukan olahraga perut seperti sit up, crunches, leg raises, dan olahraga lain yang bertumpu pada perut. Lakukan olahraga selama 15 sampai 60 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu agar benar-benar terlihat hasilnya.

3. Melembabkan kulit

Gunakan pelembab yang mengandung vitamin E di dalamnya. Hal ini dikarenakan vitamin E baik untuk pertumbuhan sel-sel kulit baru. Selain itu menggunakan pelembab mampu meminimalkan keriput. Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa dan minyak zaitun sebagai pelembab alami karena memiliki sifat antibakteri untuk menenangkan kulit.

4. Pijat

Pijat mampu membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan merangsang elestisitas kulit Anda. Anda bisa melakukan pijat sendiri ataupun dengan pasangan. Gunakan minyak esensial favorit Anda yang memiliki aroma menenangkan.

5. Hindari terkena paparan sinar matahari

Terlalu banyak terkena paparan sinar matahari akan memiliki efek negatif pada elastisitas kulit Anda karena membuat kulit menjadi kering dan merusak sel-sel kulit. Jangan lupa menggunakan tabir surya yang mengandung SPF ketika Anda memutuskan untuk berkegiatan di luar ruangan.

6. Konsumsi buah dan sayur

Setelah mendapatkan berat badan ideal, bukan berati Anda melupakan kebiasaan diet dengan mudah. Tetap jaga pola makan dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang bisa membantu menyehatkan kulit. Selain itu mengonsumsi buah dan sayur juga membantu Anda menjaga berat badan agar stabil.

7. Sabar

Ketika menghadapi masalah kulit kendur atau bergelambir akibat penuruan berat badan hal yang bisa dilakukan selanjutnya setelah melakukan kegiatan seperti yang dijelaskan di atas Anda hanya perlu sabar. Kulit membutuhkan waktu yang lebih lama untuk beradaptasi dari pengaruh penurunan berat badan karena proses regenerasi kulit.

Selain itu, perlu diingat bahwa tingkat elastisitas kulit berbeda-beda tergantung pada usia, sehingga dalam beberapa kasus kulit tidak bisa kembali elastisitas seperti awal.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Tanpa Disadari, Hal-Hal Ini Bisa Menyebabkan Bulu Mata Rontok

Bulu mata membantu membangun karakter wajah seseorang. Tidak heran jika bulu mata rontok bisa bikin Anda minder. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Pori-pori wajah yang besar dan tidak rata bisa mengganggu penampilan. Masker alami bisa mengecilkan pori-pori, Anda bisa memilih sesuai dengan tipe kulit.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Penuaan

Setiap orang akan mengalami penuaan. Gaya hidup dan riwayat kesehatan membuat orang bisa mengalami penuaan lebih dini. Apa saja tandanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Lansia 12 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit



Direkomendasikan untuk Anda

skincare anti-aging usia 50 tahun

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
manfaat bentonite clay

Mengenal Bentonite Clay dan Segudang Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
tips waxing di rumah

Tips Melakukan Waxing di Rumah Dengan Bahan-bahan Alami

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
cara menghilangkan hitam di leher

Leher Hitam? Atasi dengan Cara Mudah Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit