home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

4 Gerakan Yoga untuk Membentuk Otot Perut, Cukup 8 Menit di Pagi Hari

4 Gerakan Yoga untuk Membentuk Otot Perut, Cukup 8 Menit di Pagi Hari

Bangun pagi, ‘ku terus mandi… Nah, sebelum mandi Anda memiliki 8 menit untuk memulai hari dengan latihan yoga demi membentuk otot perut. Asalkan berlatih secara rutin dan konsisten, beberapa pose yoga berikut ini bisa membantu mengencangkan otot perut. Alhasil, Anda bisa memiliki perut lebih ramping dan otot lebih kuat. Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk latihan yoga selama 8 menit? Simak ulasannya di bawah ini.

Panduan yoga untuk membentuk otot perut

Sebagian besar wanita maupun pria, biasanya kurang percaya diri apabila mereka memiliki perut buncit akibat tumpukan lemak berlebih. Berolahraga menjadi pilihan yang ampuh untuk menghilangkan lemak perut, salah satunya dengan yoga. Beberapa pose yoga ini bisa Anda lakukan untuk membantu mengecilkan perut.

1. Warrior pose 3

warrior pose 3

Pose yoga ini sangat baik untuk mengencangkan otot perut. Selain itu, gerakan warrior pose juga membantu menguatkan otot-otot kaki, pergelangan kaki, dan pinggul, dan meningkatkan fokus dan keseimbangan Anda.

  • Posisi tubuh berdiri dengan kedua kaki menyatu. Kemudian, bawa kedua telapak tangan Anda menyatu di depan dada.
  • Selanjutnya, bawa tubuh bagian atas condong ke depan lalu angkat salah satu kaki Anda, sejajarkan kaki dengan tubuh bagian depan.
  • Arahkan pandangan ke satu titik untuk membantu keseimbangan tubuh Anda. Lalu, aktifkan otot perut Anda agar posisi lebih stabil.
  • Panjangkan tangan ke depan dan selalu mengambil napas panjang dari hidung.
  • Tahan posisi ini dan jaga keseimbangan tubuh Anda selama 30 detik.

2. High plank pose

high plank

Pose yoga ini sangat baik bagi untuk membentuk otot perut Anda, sekaligus menguatkan otot lengan dan membantu mengurangi sakit pinggang. Variasi gerakan plank ini juga baik untuk memperbaiki postur tubuh Anda secara keseluruhan.

  • Dari posisi warrior 3 pose, bawa kedua telapak tangan menyentuh matras yoga (yoga mat) dan turunkan kaki sehingga keduanya menyentuh matras.
  • Luruskan lengan dan arahkan pandangan Anda ke depan. Pastikan pinggul Anda tidak lebih tinggi dari tubuh bagian atas, lalu bawa tumit menekan turun ke arah matras.
  • Panjangkan napas dan tahan tubuh dalam posisi high plank ini selama 30 detik.

3. Side plank pose

side plank

Variasi gerakan plank ini juga sangat baik untuk meningkatkan kekuatan abdomen Anda. Pose ini juga bermanfaat dalam menguatkan otot lengan, pergelangan tangan, dan menguatkan pinggul. Side plank pose juga untuk meningkatkan keseimbangan dan fokus.

  • Dari posisi high plank, angkat salah satu telapak tangan dan buka tubuh Anda ke samping, baik ke arah kanan atau kiri.
  • Lalu tekan telapak kaki pada matras yoga dari kaki yang ada pada bagian bawah dan letakkan kaki yang lain tepat menempel pada kaki tersebut.
  • Saat Anda menstabilkan posisi kaki, letakkan salah satu tangan pada bagian pinggang Anda untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  • Setelah seimbang, angkat tangan dari pinggang ke atas. Arahkan pandangan ke atas pada jari-jari tangan dan pastikan selalu bernapas panjang dari hidung.
  • Tahan posisi yoga ini setidaknya selama 30 detik.

4. Boat pose

boat pose

Gerakan yoga untuk membentuk otot perut ini bisa Anda lakukan dalam posisi duduk. Pose ini sangat baik untuk melatih keseimbangan tubuh, menguatkan paha belakang, tulang punggung, dan panggul. Tak hanya itu, boat pose juga baik untuk stimulasi pencernaan, ginjal, dan usus.

  • Dari posisi side plank, bawa tubuh ke posisi duduk dan tekuk kedua lutut, kemudian dekatkan lutut Anda ke arah dada.
  • Lalu angkat kedua telapak kaki dan arahkan ke depan. Siapkan otot perut Anda dan tegakkan dada, hindari menegangkan otot leher buka dada.
  • Arahkan kedua lengan ke depan untuk membantu keseimbangan, lalu secara perlahan luruskan kedua kaki ke atas dengan posisi diagonal.
  • Arahkan pandangan ke depan dan selalu bernapas panjang.
  • Tahan posisi tubuh bertumpu pada bokong Anda selama 30 detik.

Bagaimana hasil latihan yoga untuk otot perut ini?

yoga mengencangkan otot perut

Total waktu untuk melakukan keempat pose yoga tersebut adalah 2 menit, hal ini terhitung sebagai satu set. Ulangi sebanyak total empat kali putaran, sehingga total latihan Anda akan berlangsung selama 8 menit. Selama berlatih, Anda bisa beristirahat dalam posisi child pose pada setiap jeda gerakan atau langsung melakukan dari satu pose ke pose lainnya.

Gerakan-gerakan yoga tersebut memang bertujuan untuk membentuk dan memperkuat otot perut, salah satu bagian otot inti yang penting saat Anda beraktivitas. Lakukan latihan ini secara rutin setiap pagi dan rasakan manfaatnya setidaknya setelah melakukan minimal 45 hari.

Selain berlatih yoga, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi sehat dan seimbang, istirahat tidur yang cukup, serta menghindari stres untuk mendapatkan perut ideal sesuai keinginan Anda.

** Dian Sonnerstedt adalah instruktur yoga profesional yang aktif mengajar berbagai jenis yoga dari Hatha, Vinyasa, Yin, dan Prenatal Yoga baik untuk kelas privat, perkantoran, maupun di Ubud Yoga Centre, Bali. Dian bisa dihubungi langsung melalui akun Instagram pribadinya, @diansonnerstedt.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Dian Sonnerstedt Diperbarui 22/07/2021