home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berbagai Obat Mata Ikan yang Dapat Menghilangkan Secara Efektif

Berbagai Obat Mata Ikan yang Dapat Menghilangkan Secara Efektif

Apakah di kaki Anda terdapat benjolan keras, kasar, dan terasa sakit ketika disentuh? Jika ya, Anda harus hati-hati. Pasalnya, kondisi itu bisa jadi tanda kalau Anda memiliki mata ikan di kaki. Yuk, ketahui berbagai obat mata ikan lewat ulasan berikut ini!

Cara menghilangkan mata ikan di rumah

spa kaki perawatan

Bila gejala penyakit kulit ini termasuk ringan, Anda bisa mencoba mengatasi mata ikan dengan melakukan perawatan sendiri di rumah menggunakan batu apung.

Batu apung dapat membantu menghilangkan kulit mati serta menghempaskan kulit yang mengeras, sehingga tekanan dan rasa sakit akan berkurang. Berikut langkah-langkah untuk menggunakannya.

  1. Rendam kaki dalam air hangat yang telah diberi sabun selama lima menit atau sampai kulit kaki terasa lembut.
  2. Basahi batu apung dan gosokkan ke bagian kulit yang mengeras selama 2 – 3 menit.
  3. Bilas kaki dan keringkan menggunakan handuk lembut.

Anda bisa melakukan langkah ini setiap hari sampai penyakit mulai memudar. Namun, berhati-hatilah untuk tidak terlalu lama menggosok kulit apalagi sampai ke bagian yang terlalu dalam, karena hal ini dapat mengakibatkan perdarahan dan infeksi.

Jika Anda memiliki diabetes, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter telebih dahulu. Pasalnya, menggosok-gosok kaki bagi sejumlah penderita diabetes mungkin justru dapat memicu luka di kaki, yang pada akhirnya memperburuk kondisi Anda.

Obat di apotek untuk mengatasi mata ikan

Anda juga bisa mengatasi mata ikan di kaki dengan obat-obatan yang banyak dijual bebas di apotek atau toko obat terdekat. Penggunaan obat-obatan bertujuan mengurangi rasa tidak nyaman di kaki akibat gesekan atau tekanan berulang. Berikut daftarnya.

1. Keratolytic agents

Keratolytic adalah zat yang bisa melarutkan protein atau keratin yang terkandung dalam mata ikan dan kulit mati di sekitarnya. Zat inilah yang nantinya akan membuat lapisan kulit melembut sehingga lebih mudah mengelupas. Berikut jenis obatnya.

Asam salisilat

Secara umum, obat-obatan yang dijual di apotek untuk mengobati mata ikan (baik dalam bentuk cair, gel, pad, atau plester) biasanya mengandung asam salisilat.

Asam salisilat adalah jenis obat yang berfungsi untuk melembutkan lapisan kulit mati sehingga lebih mudah dihilangkan. Produk ini ringan dan tidak menyebabkan rasa sakit.

Selain itu, Anda bisa menggunakan plester mata ikan. Plester ini berupa cincin karet tebal yang memiliki permukaan perekat dan mengandung asam salisilat. Plester bekerja dengan menarik mata ikan, sehingga mengurangi tekanan pada bagian yang sakit.

Pada beberapa kasus, plester mata ikan dapat menyebabkan pengerasan kulit yang lebih tipis di sekitar mata ikan. Selalu baca petunjuk pemakaian sebelum menggunakan obat-obatan untuk mengobati mata ikan agar mata ikan sembuh dengan optimal.

Urea

Urea adalah obat yang membantu mengatasi kulit kering dan kondisi iktiosis. Iktiosis merupakan gangguna pada pembentukan lapisan kulit bagian keratin. Gangguan ini membuat kulit jadi kasar, bersisik, dan menebal seperti yang terjadi pada mata ikan.

Dalam pengobatan mata ikan di kaki, urea bisa ditemukan dalam Aquadrate, Calmurid, Carmol, atau Nutraplus dalam bentuk krim.

Amonium laktat

Amonium laktat dapat mengikis bagian kulit di lapisan kulit mati, sehingga bisa menipiskan kulit yang menebal. Penebalan kulit yang diakibatkan oleh mata ikan akan dikikis dengan obat amonium, sekaligus melembutkan kulit kering dan bersisik.

Amonium laktat yang biasa digunakan untuk mengobati kondisi ini adalah amonium laktat 12 persen berbentuk krim atau salep. Kandungan ini biasanya ditemukan dalam obat AmLactin, Lac-Hydron, dan Lactinol.

2. Kortikosteroid

Kortikosteroid memiliki sifat anti peradangan, maka itu obat ini sangat dibutuhkan dalam mengatasi mata ikan apalagi bila benjolan yang tumbuh ke dalam terasa semakin mengganggu.

Jenis yang digunakan adalah Triamcinolone yang terkandung dalam obat aristospan, kenalog IV, atau Trivaris. Obat biasanya diberikan dalam bentuk suntikan oleh dokter.

3. Retinoid

Retinoid yang digunakan sebagai obat mata ikan adalah tretinoin topikal. Tretinoin topikal ini berbentuk krim atau gel yang penggunaannya cukup dioleskan pada bagian yang terkena mata ikan. Gunanya adalah pengobatan luka agar cepat sembuh.

Kandungannya dapat ditemukan dalam obat atralin, avita, atau refissa. Obat tersedia dalam dosis 0,025%, 0,05%, dan 0,1%.

Pilihan perawatan mata ikan bila berobat ke dokter

tanya dokter

Jika berbagai obat apotek di atas tidak juga membuat mata ikan Anda membaik, berobat ke dokter merupakan cara tepat untuk dapat menyembuhkan mata ikan yang Anda alami. Terutama bila:

  • area yang terinfeksi tak kunjung membaik, semakin terasa sakit, atau mengalami perubahan pada penampakan atau warnanya,
  • sistem kekebalan tubuh Anda sedang melemah, atau
  • anda memiliki kutil di wajah atau bagian tubuh yang sensitif lainnya (misal alat kelamin, mulut, lubang hidung).

Dokter akan menentukan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Berikut beberapa pengobatan yang biasa dilakukan untuk mengatasi mata ikan di kaki.

1. Operasi

Apabila mata ikan semakin mengganggu, dokter mungkin akan membuang mata ikan dengan cara memotong beberapa kulit yang menebal menggunakan pisau bedah. Prosedur ini berguna untuk mengurangi tekanan pada jaringan di bawah mata ikan.

Pada saat dilakukan proses ini, Anda mungkin akan sedikit merasa kesakitan. Namun, jangan khawatir, rasa sakit yang Anda rasakan umumnya bersifat sementara dan akan membaik setelahnya.

Setelah prosedur selesai dilakukan, dokter biasanya akan memberikan obat-obatan seperti antibiotik untuk mempercepat penyembuhan Anda di rumah.

2. Pengobatan laser

Laser pulsed-dye (PDL) dapat dilakukan untuk mengobati mata ikan di kaki. Caranya adalah dengan membakar gumpalan pembuluh darah kecil di area yang terinfeksi. Jaringan yang terinfeksi ini pada akhirnya akan mati dan benjolan pun akan terlepas.

PDL biasanya memakan waktu beberapa menit, sehingga pasien tidak diharuskan untuk mengindap di rumah sakit. Selain itu, prosedur ini tidak memerlukan anestesi atau obat bius karena laser akan mengeluarkan semprotan dingin untuk mengurangi sensasi rasa sakit.

Meski demikian, prosedur ini membutuhkan beberapa kali perawatan sampai mata ikan benar-benar menghilang.

3. Cryotherapy

Cryotherapy atau krioterapi adalah terapi dingin di mana seluruh atau bagian tertentu dari tubuh Anda akan ditempatkan dalam suatu ruangan yang sangat dingin selama beberapa menit.

Prosedur ini menggunakan nitrogen cair yang berfungsi untuk membekukan area yang bermasalah.

Meskipun tergolong aman jika dilakukan di bawah pengawasan ahli, terapi dingin yang satu ini tetap memiliki efek samping. Mati rasa, kesemutan, kemerahan, dan iritasi kulit biasanya merupakan efek samping paling umum yang bersifat sementara.

Jangan kaget jika setelah dilakukan perawatan ini, kulit Anda yang bermasalah juga akan mengalami lepuhan. Untungnya, kemunculan lepuhan adalah hal yang normal terjadi.

Hal penting lainnya saat menyembuhkan mata ikan

kaki gatal

Munculnya mata ikan bisa diakibatkan oleh infeksi atau kebiasaan dalam menggunakan sepatu pada sehari-hari yang kurang baik. Maka dari itu, Anda bisa membantu penyembuhannya dengan cara sebagai berikut.

  • Tidak menggunakan sepatu yang salah, alias harus sesuai dengan bentuk dan ukuran kaki.
  • Menggunakan kaus kaki untuk mengurangi gesekan antara kaki dan bahan sepatu.
  • Menjaga kebersihan kaki dengan rajin mencuci kaki menggunakan sabun dan sikat.
  • Tidak bertukar sepatu dan kaus kaki dengan orang lain.
  • Menggunakan produk pelembap kulit.
  • Mengganti sepatu dan kaus kaki setiap hari.
  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah mengobati daerah yang terinfeksi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Corns and Calluses. (2018). National Health Service. Retrieved 12 November 2020, from http://www.nhs.uk/Conditions/CornsandCalluses/Pages/Treatment.aspx

Corn and Calluses. (n.d.). American Academy of Dermatology. Retrieved 12 November 2020, from https://www.aad.org/public/skin-hair-nails/skin-care/corns-and-calluses

Corns (Clavus) Treatment & Management. (2019). Medscape. Retrieved 12 November 2020, from https://emedicine.medscape.com/article/1089807-treatment#d6

Corns. (2020). Statspearl. Retrieved 12 November 2020, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK470374/

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Tanggal diperbarui 26/12/2020
x