home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

4 Cara Mengatasi Kapalan di Tangan Agar Tak Muncul Lagi

4 Cara Mengatasi Kapalan di Tangan Agar Tak Muncul Lagi

Kapalan di tangan muncul akibat gesekan dan tekanan berulang. Akibatnya, lapisan kulit tangan mengalami penebalan. Apabila sering berolahraga atau melakukan pekerjaan yang berat, Anda lebih mungkin terkena kondisi ini. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kapalan di tangan agar tak muncul lagi di kemudian hari.

Cara menghilangkan kapalan di tangan agar tak muncul lagi

Rasa tidak nyaman akibat kapalan bisa mengganggu aktivitas, terutama bila kegiatan yang Anda lakukan setiap hari melibatkan gesekan keras pada kulit tangan.

Nah, berikut adalah sejumlah tips yang bisa Anda terapkan agar kapalan tidak lagi muncul di tangan:

1. Menjaga kelembapan kulit tangan

Kulit tangan yang kering lebih mudah mengalami kapalan. Jadi, pastikan kulit tangan Anda tetap lembap dengan mengoleskan pelembap secara rutin sebanyak dua kali sehari. Oleskan lebih banyak pada area yang rentan mengalami kapalan.

Anda juga dapat melembapkan kulit dengan cara alami. Misalnya mengoleskan gel lidah buaya, menghindari penggunaan sabun berbahan keras, atau merendam tangan dalam air yang dicampur oat dan minyak zaitun.

2. Mengurangi gesekan pada kulit tangan

Salah satu cara terbaik menghilangkan kapalan di tangan adalah dengan mengurangi pemicunya.

Meskipun tidak bisa sepenuhnya dihindari, Anda bisa melindungi kulit tangan dari gesekan saat beraktivitas berat dengan menggunakan sarung tangan yang memadai.

Anda juga perlu melepaskan aksesori tangan yang dapat memicu gesekan saat beraktivitas. Lakukan teknik olahraga yang benar untuk mencegah gesekan berlebihan antara alat dan tangan.

Saat jeda istirahat, pijatlah kulit tangan Anda dengan lembut agar sirkulasi darah kembali lancar.

3. Merendam tangan dalam air hangat

Cara ini bermanfaat untuk mencegah sekaligus menghilangkan kapalan di tangan. Anda hanya perlu menyiapkan baskom berisi air hangat.

Jika memungkinkan, Anda pun bisa menambahkan garam Epsom untuk hasil yang lebih baik.

Merendam tangan dalam air hangat dapat membantu Anda mengikis lapisan kulit tangan yang menebal sehingga tidak bertambah parah.

Anda dapat merendam tangan selama 15-30 menit setiap hari, lalu keringkan dengan handuk bersih. Jangan lakukan terlalu lama agar efeknya tidak merusak kulit.

4. Eksfoliasi secara rutin

Eksfoliasi akan membantu Anda mengatasi kapalan di tangan dengan cara membuang lapisan sel kulit mati. Namun, hati-hati jika kulit tangan Anda sangat kering.

Jangan gunakan eksfoliator, seperti scrub dan mikrodermabrasi karena dapat menimbulkan retakan kulit yang tidak terlihat atau microtear.

Gunakan eksfoliator kimia seperti AHA atau glycolic acid untuk membuang sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan kulit yang sehat.

Lakukan eksfoliasi secara rutin sebanyak 1-2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil optimal.

Kapalan adalah respons normal tubuh untuk melindungi kulit dari kerusakan dan biasanya dapat hilang dengan mudah.

Beragam cara mengatasi kapalan di atas pun sebenarnya cukup untuk mencegahnya muncul lagi pada telapak tangan Anda.

Namun, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter apabila kapalan tidak kunjung hilang dalam waktu lama. Dokter akan membantu Anda mengetahui penyebab kapalan dan memberikan obat untuk mengatasi masalah kulit yang menjadi pemicunya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Corns and calluses – Diagnosis and treatment. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/corns-and-calluses/diagnosis-treatment/drc-20355951 Diakses pada 30 April 2019.

4 Ways To Protect Your Hands If You’re Always At The Gym. https://www.elitedaily.com/life/prevent-gym-hands/1309011 Diakses pada 30 April 2019.

Epsom Salt: Benefits, Uses, and Side Effects. https://www.healthline.com/nutrition/epsom-salt-benefits-uses#benefits Diakses pada 30 April 2019.

Got Calluses From Doing Weights? A Beauty Ed’s Advice. https://www.womenshealthmag.com/uk/beauty/skin/a707142/calluses/ Diakses pada 30 April 2019.

How to Remove Hard Skin. https://www.healthline.com/health/hard-skin-removal Diakses pada 30 April 2019.

Ho do I get rid of my dry hands? https://www.medicalnewstoday.com/articles/321212.php Diakses pada 30 April 2019.

Everything You Need to Know About Exfoliating Your Skin Safely. https://www.healthline.com/health/how-to-exfoliate#How-to Diakses pada 30 April 2019.

Foto Penulis
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 04/05/2019
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus