4 Bahan Alami dari Dapur Anda yang Ampuh Melembapkan Kulit Kering

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kulit kering tidak bisa sembuh sendiri. Namun, jangan buru-buru beli pelembap. Pasalnya, ada sejumlah bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi kulit kering. Ssst… sebagian besar bahan alami ini tersedia di dapur rumah Anda, lho.

Penasaran apa saja? Yuk, cari tahu selengkapnya dalam ulasan di bawah ini.

Bahan alami untuk mengatasi kulit kering

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kulit Anda kering, bersisik, dan bahkan pecah-pecah. Mulai dari cuaca, kebiasaan ketika mandi, hingga fakor usia. Meski kini sudah banyak krim dan pelempab yang dijual di pasaran, kebanyakan produk biasanya dibanderol dengan harga mahal. Ditambah lagi, Anda belum tentu cocok dengan bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Berita baiknya, Anda bisa menggunakan perawatan rumahan dengan bahan-bahan alami untuk mengatasi kulit kering.

Berikut sejumlah bahan alami yang dapat Anda coba untuk membantu mengatasi kulit kering.

1. Lidah buaya

manfaat masker lidah buaya

Selain menjadi obat alami untuk meredakan sunburn, gel lidah buaya ternyata juga bisa membantu mengatasi kulit kering. Lidah buaya juga dapat membantu melembutkan dan memperbaiki tesktur kulit Anda.

Cara menggunakan lidah buaya untuk kulit kering cukup mudah. Belah lidah buaya segar menjadi dua bagian, lalu keruk gelnya. Oleskan gel lidah buaya di bagian kulit yang kering dan biarkan beberapa waktu supaya meresap. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Sebelum digunakan, Anda juga bisa menyimpan gel lidah buaya ke dalam kulkas selama beberapa jam untuk mendapatkan sensasi dingin yang menenangkan.

2. Minyak kelapa

minyak kelapa untuk rambut

Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi kulit kering. Berdasarkan penelitian, minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang bersifat melembutkan atau menghaluskan.

Berkat kandungan asam lemaknya, minyak kelapa dapat membantu meningkatkan cadangan air dalam lapisan kulit. Minyak kelapa juga bantu meningkatkan jumlah lipid (lemak) pada permukaan kulit.

Anda cukup balurkan minyak kelapa murni ke bagian kulit yang kering lalu diamkan beberapa saat. Lakukan secara rutin supaya kulit Anda halus dan lembut alami.

Tsippora Shainhous, seorang dermatologis dari Dermatology Institute and Skin Care Center, Los Angles, mengatakan minyak kelapa merupakan pelembap alami yang bisa digunakan sebelum tidur atau kapan pun Anda mau.

3. Madu

madu penyubur kandungan

Pemanis alami pengganti gula ini ternyata juga efektif untuk melembapkan kulit yang kering. Selain terbukti memiliki efek antiradang, antioksidan, dan antimikroba, sejumlah penelitian menemukan bahwa madu juga memiliki sifat melembapkan dan menyembuhkan.

Ditambah lagi, madu juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit Anda secara menyeluruh. Tak heran jika bahan alami satu ini efektif untuk membantu mengatasi kulit kering.

4. Minyak zaitun

manfaat minyak zaitun untuk rambut

Bahan alami lainnya yang bagus digunakan untuk melembapkan kulit kering adalah minyak zaitun. Minyak ini berfungsi sebagai pembersih sekaligus pelembap alami.

Anda bisa mengoleskan sedikit minyak zaitun sebelum menggunakan pelembap. Cara lainnya adalah dengan mengoleskan minyak ini ke seluruh tubuh setengah jam sebelum mandi. Pijat kulit dengan gerakan memutar lembut agar minyak meresap sempurna

Penting dipahami bahwa bahan alami tidaklah selalu aman. Jika Anda punya riwayat penyakit kulit tertentu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mencoba berbagai bahan alami untuk mengatasi kulit kering seperti yang sudah disebutkan di atas.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pruritus

Prutitus atau kulit gatal merupakan kondisi yang umum terjadi. Penyebab penyakit ini cukup banyak. Apa saja itu? Bagaimana cara meredakannya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 3 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Heloma

Heloma adalah lapisan kulit yang menebal dan terbentuk saat kulit sering berada di bawah tekanan. Biasanya muncul pada kaki dan tangan. SImak info selengkapnya Hanya di Hello Sehat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 2 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Cara untuk Mengetahui Produk Skincare Anda Cocok dengan Kulit

Kulit dapat menunjukkan tanda tertentu saat dipakaikan produk skincare baru. Begini cara mengetahui apakah skincare Anda cocok atau tidak.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 2 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Kopi untuk Kemampuan Seks, Bermanfaat atau Sebaliknya?

Anda mungkin sudah sering minum kopi untuk menyegarkan pikiran. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada manfaat kopi untuk seks?

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Seksual, Tips Seks 30 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit



Direkomendasikan untuk Anda

obat mimisan alami

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
mulut pahit

5 Cara Alami Terbaik untuk Mengatasi Mulut Pahit

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
masker mengecilkan pori-pori

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
impetigo, masalah penyakit dan gangguan kulit

Impetigo

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 3 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit