Amankah Mengoleskan Cuka Apel di Kulit Wajah?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Di samping kegunaannya untuk memperkaya rasa masakan, pamor cuka apel juga cukup terkenal dalam dunia kecantikan sebagai pembasmi jerawat. Namun, apakah benar aman mengoleskan cuka apel di kulit wajah yang notabene sangat sensitif? Sebelum coba-coba, yuk baca dulu penjelasan medisnya!

Apa manfaat cuka apel untuk perawatan kulit wajah?

Cuka apel mengandung komponen antioksidan dan antibakteri yang cukup tinggi. Dari sinilah orang-orang mulai menggunakan cuka apel sebagai salah satu cara perawatan wajah alami. Salah satunya sebagai obat jerawat.

Manfaat cuka apel sebagai obat jerawat khususnya datang dari kombinasi kandungan asam asetat, sitrat, laktat, dan suksinatnya yang sudah terbukti oleh banyak studi ilmiah berbeda dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, yaitu Propionibacterium acnes.

Dilansir dari laman Men’s Health, Rajani Katta, MD, seorang asisten dosen di Fakultas Kedokteran Baylor College of Medicine, mengiyakan manfaat cuka apel buat wajah berjerawat. Katta mengatakan, “Asam asetatdalam cuka apel dapat bertindak memecah keratin yang menyumbat pori-pori.”

Sementara itu, “cuka apel juga mengandung asam alfa hidroksi yang mampu mempercepat pengelupasan kulit, memperbaiki tektur kulit, dan menyerap minyak sehingga dapat mengeringkan sekaligus memudarkan perubahan warna kulit yang tak merata akibat bekas jerawat”, tutue Evan Rieder, MD, asisten dosen di Fakultas Dermatologi NYU Langone Health.

Namun, amankah pakai cuka apel untuk wajah?

Meski potensi cuka apel untuk kecantikan sudah “diceritakan” oleh cukup banyak penelitian, bukan berarti Anda boleh sembarangan memakainya di wajah.

Menurut dr. Listya Paramita, Sp.KK, dokter spesialis kulit yang berpraktik di Elsheskin Aestetic Clinic dan sekaligus juga menjadi pengisi kolom Experts di Hello Sehat, cuka apel termasuk bahan alami yang sebetulnya tidak disarankan untuk langsung dioles pada kulit. Kenapa?

Dari sisi ilmu medis, sampai saat ini belum ada studi ilmiah yang benar-benar dapat membuktikan tentang keamanan, manfaat, serta kemanjuran cuka apel buat wajah. Studi-studi yang sudah ada masih terbatas sebagai penelitian kecil di laboratorium dan hanya menilik kandungan asam dalam cuka secara terpisah.

Itu sebabnya nyatanya tidak semua orang dapat merasakan efek yang sama dari cuka apel. Pada orang-orang yang memiliki jenis kulit normal atau masalah ringan, cuka apel mungkin saja bermanfaat.

Namun pada orang-orang tertentu yang masalah kulitnya lebih serius atau kompleks, pengolesan cuka apel dapat berbalik memperparah kondisi yang dimiliki.

Jangan pakai cuka apel jika kulit Anda sensitif

Ya. Jika kulit Anda sensitif atau punya luka terbuka, seperti bekas jerawat yang dipencet dan belum sembuh, ada kemungkinan yang lebih besar untuk mengalami risiko efek samping dari pemakaian cuka apel secara sembarangan.

Penting diketahui bahwa kadar pH cuka apel cukup tinggi, yaitu sekitar 2-3. Mengoleskan bahan yang ber-pH asam tinggi rentan menyebabkan iritasi dan ruam kemerahan pada kulit wajah yang sensitif.

Beberapa contoh kasus bahkan melaporkan asam dari cuka dapat menyebabkan terjadinya luka bakar kimia pada kulit wajah, apalagi jika dibiarkan dalam waktu lama.

Segala kemungkinan risiko ini membuat sebagian besar dokter kulit dan ahli kecantikan tidak menyarankan masyarakat menggunakan cuka apel untuk wajah.

Cara aman pakai cuka apel untuk kulit

Jika Anda masih penasaran tentang manfaat cuka apel sebagai perawatan wajah, tidak ada salahnya untuk mencoba asalkan tahu cara amannya.

Sebelum mengoleskan cuka apel secara merata di seluruh permukaan kulit wajah, sebaiknya tes dulu dengan mengusapkan cuka tipis-tipis di kulit belakang telinga atau punggung tangan. Tunggu sekitar 1-2 jam dan jika setelahnya kulit menjadi merah atau justru teriritasi, jangan gunakan cuka apel untuk wajah.

Bila tidak muncul efek yang mengkhawatirkan, Anda boleh mengoleskan cuka apel di wajah tapi larutkan dulu dengan sedikit air. Celupkan kapas bersih ke larutan tersebut dan usapkan ke kulit muka secara merata.

Jika masih ragu, konsultasi ke dokter kulit mengenai cara yang lebih aman untuk merawat kulit wajah.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cuka Apel: Manfaat Bagi Kesehatan, Efek Samping, dan Cara Pakainya

Pernah mendengar cuka apel? Minuman fungsional ini ternyata menyimpan banyak manfaat. Apa saja manfaat cuka apel bagi kesehatan Anda?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 15 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit

Begini Cara Tepat Memilih Pelembap untuk Kulit Kering

Kulit kering bikin gatal dan kusam? Itu berarti Anda butuh pelembap untuk kulit kering yang benar-benar sesuai dan sehat. Bagaimana cara memilihnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 9 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Berbagai Pertanda Kulit Sensitif dan Cara Jitu Mengatasinya

Ciri-ciri kulit sensitif antara lain ruam merah dan gatal-gatal setelah pakai produk skin care atau wewangian. Bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 9 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Sederet Fungsi Vitamin B untuk Kecantikan

Kalau menyangkut kesehatan kulit dan rambut, vitamin E selalu jadi idola. Padahal vitamin B untuk kecantikan tak kalah pentingnya. Untuk apa?

Ditulis oleh: Tiara Putri
Kesehatan Kulit 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit



Direkomendasikan untuk Anda

gatal gigitan nyamuk

8 Bahan Alami yang Manjur Redakan Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 2 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
obat jamur kuku alami

Panduan Lengkap Obat Jamur Kuku Oral dan Oles

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
urutan produk perawatan kulit skincare malam

Begini Urutan Pemakaian Skincare Wajah untuk Malam Hari

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
sabun susu kambing lebih baik

Sabun Susu Kambing Lebih Baik dari Sabun Mandi Biasa, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 27 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit