Mengenal Keratosis Pilaris, Kondisi Kulit Dengan Bintik-bintik Kecil Seperti Kulit Ayam

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Anda atau kerabat dekat Anda memiliki kulit yang berbintik-bintik kecil seperti kulit ayam? Misalnya seperti kulit merinding yang tak kunjung hilang? Bisa jadi Anda atau kerabat Anda memang memiliki kondisi kulit yang disebut keratosis pilaris. Memang kurang cantik untuk dilihat, tapi tak ada salahnya untuk mengintip sedikit apa, sih, keratosis pilaris itu?

Keratosis pilaris adalah penyakit bawaan

Keratosis pilaris atau chicken skin disease adalah suatu penyakit genetik (bawaan) yang menyebabkan terjadinya proses keratinisasi pada folikel-folikel rambut di kulit. Jadi, sebenarnya bintil-bintil kasar yang muncul merupakan sel-sel kulit mati yang tertumpuk di dalam folikel rambut pada kulit.

Jangan takut, penyakit ini sangatlah umum dan dialami oleh banyak sekali orang. Kira-kira ada 50-80 persen remaja dan 40 persen orang dewasa yang memiliki kondisi kulit serupa.

Keratosis pilaris biasanya paling parah terjadi saat pubertas, dan seiring berjalannya waktu, akan membaik atau hilang dengan sendirinya. Terkadang, bahkan, kondisi ini sering kali tidak disadari oleh penderitanya. Kondisi ini biasanya terjadi seumur hidup, dengan periode menghilang dan muncul sendiri yang sulit ditebak.

Tanda-tanda dan gejala keratosis pilaris

Penyakit ini ditandai dengan bintik-bintik kecil dan kasar yang rupanya mirip seperti kulit ayam mentah atau kulit manusia yang sedang merinding. Hanya saja, kulit yang merinding ini sifatnya menetap atau permanen. Kadang, keratosis pilaris juga menyebabkan rasa gatal pada penderitanya. Kondisi ini biasanya muncul pada area-area khusus, seperti lengan dan paha. Pada anak-anak, selain pada lengan dan paha, juga dapat muncul pada bagian pipi.

Kondisi kulit ini sama sekali tidak berbahaya buat Anda, dan tidak menular sama sekali pada orang-orang di sekitar Anda. Anda dan anggota keluarga mungkin sama-sama memiliki kondisi ini. Namun, ini lebih disebabkan karena kondisi kulit ini sifatnya bawaan atau bisa diwariskan secara genetik dari kakek, orangtua, hingga cucu.

ketakutan bikin merinding

Sayangnya, kondisi ini belum diketahui secara pasti penyebabnya

Meskipun sampai saat ini belum diketahui pasti mengenai penyebab kondisi ini, keratosis pilaris sering dikaitkan dengan kondisi kulit kering lainnya. Misalnya pada iktiosis vulgaris (kondisi kulit bersisik) dan dermatitis atopik. Namun, kondisi ini juga sering terjadi pada orang dengan penyakit asma dan riwayat alergi tertentu.

Kulit bintik-bintik tidak dapat disembuhkan, hanya dapat dikendalikan

Kondisi kulit ini belum dapat disembuhkan karena penyebabnya sendiri memang belum ditemukan. Umumnya, bintik-bintik pada kulit ini akan membaik sendiri seiring berjalannya usia, bahkan ada beberapa kasus yang dapat menghilang secara sendirinya tanpa mendapatkan pengobatan apa pun.

Keratosis pilaris memang tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikendalikan. Yang terpenting adalah untuk menjaga kulit agar tidak kering dan tetap lembap. Misalnya dengan menggunakan sabun yang tinggi kadar pelembapnya. Pemakaian body lotion secara rutin, terutama setelah mandi, juga penting untuk memperbaiki kondisi kulit ini.

Selain itu, scrubbing juga dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat folikel rambut. Bila kondisi ini mengganggu Anda, sebaiknya diskusikan langsung dengan dokter spesialis kulit (dermatolog) Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Hati-hati, 8 Suplemen Herbal Ini Tak Boleh Dikonsumsi Sebelum Masuk Ruang Operasi

Meski bermanfaat bagi kesehatan, beberapa suplemen herbal dapat berisiko komplikasi berbahaya jika diminum menjelang operasi. Apa saja itu?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 20 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Konsumsi Kayu Manis Berlebihan, Hati-hati Risikonya untuk Kesehatan

Meski memiliki manfaat, perhatikan jumlah asupan kayu manis. Terlalu banyak mengonsumsi rempah ini memiliki risiko kayu manis yang berbahaya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Pria kadang suka "keluar" duluan. Adakah cara agar seks menjadi lebih lama? Yuk simak berbagai cara tahan lama pria saat berhubungan seks di bawah ini.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Seksual, Tips Seks 19 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

7 Penyebab Hidung Meler serta Cara Mengatasinya

Hidung ingusan memang sangat menganggu Anda. Berikut tips yang bisa dilakukan di rumah untuk meringankan hidung meler, entah karena flu atau alergi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 19 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit



Direkomendasikan untuk Anda

cara mengobati tipes

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Atasi Tipes

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
buah zakar gatal

4 Penyebab Buah Zakar Anda Gatal dan Ingin Terus Digaruk

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
tips waxing di rumah

Tips Melakukan Waxing di Rumah Dengan Bahan-bahan Alami

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
bahaya rokok, bahaya merokok bagi kesehatan, dampak rokok, efek rokok, berhenti merokok

Bahaya Merokok Terhadap Daya Tahan Tubuh Manusia

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit