Masih Muda Tapi Sudah Ubanan? Coba Atasi Dengan 4 Langkah Jitu

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 19 Februari 2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Usia masih muda, tapi, kok, sudah ubanan? Hal ini tentu saja bikin Anda jadi kurang percaya diri karena membuat Anda tampak lebih tua. Bagaimana tidak, rambut adalah mahkota bagi setiap orang yang turut menentukan penampilan Anda di depan banyak orang. Lantas, jika telanjur muncul, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi uban di usia muda?

Kiat jitu mengatasi uban di usia muda

Bukan cuma karena rambut kering atau bercabang saja yang bikin resah, perubahan warna rambut yang jadi putih alias ubanan juga bikin kita jadi kurang percaya diri. Pasalnya, rambut yang memutih termasuk salah satu tanda penuaan yang biasanya muncul di usia 30 tahun ke atas.

Namun pada kasus ini, Anda mengalami ubanan dini alias ubanan sebelum waktunya. Anda pun jadi bertanya-tanya, apakah bisa mengatasi ubanan di usia muda?

Jawabannya adalah bisa. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi uban di usia muda, yaitu:

1. Perbanyak asupan vitamin dan mineral

zat besi untuk anak

Coba perhatikan lagi pola makan Anda akhir-akhir ini, apakah Anda kurang asupan vitamin atau mineral? Jika iya, tak heran kalau Anda mengalami uban di usia muda.

Dilansir dari Livestrong, ada beberapa vitamin dan mineral yang berperan penting dalam pigmentasi rambut, di antaranya vitamin B12, vitamin D, tembaga, zat besi, dan asam folat. Ketika Anda kekurangan asupan vitamin dan mineral tersebut, warna pigmen rambut akan memudar dan berangsur-angsur memutih.

Kekurangan vitamin B12, atau dikenal juga dengan anemia pernisiosa, sering dikaitkan dengan penuaan dini. Ini karena vitamin B12 berperan penting untuk membantu menjaga sistem saraf Anda tetap sehat serta memproduksi DNA dan RNA.

Semakin sedikit asupan vitamin B12, maka sel-sel rambut jadi melemah dan mempercepat ubanan sebelum waktunya. Efek yang sama juga akan terjadi jika Anda kekurangan zat besi dan asam folat.

Untuk mengatasi uban di usia muda, perbanyaklah makan makananan yang kaya vitamin B12 seperti telur, hati, ikan, kerang, dan sereal yang diperkaya. Sedangkan sumber zat besi yang bisa Anda konsumsi di antaranya daging sapi, bayam, dan kacang lentil.

2. Pilih produk rambut yang tepat

cara merawat rambut alami

Paparan cahaya dari lampu atau sinar matahari yang terlalu lama bisa mengubah warna rambut Anda yang semula hitam menjadi kuning-kecokelatan. Ya, kondisi ini biasa disebut dengan rambut pirang. Belum berhenti sampai disitu, bila ini terus dibiarkan, warna rambut Anda bisa terus memudar menjadi keabu-abuan dan pada akhirnya menjadi putih, lho!

Nah, untuk mengatasi uban di usia muda, Anda bisa mengandalkan beberapa produk rambut seperti gel, pelembap, hingga pewarna rambut. Ada beberapa jenis minyak dan pelembap rambut dapat membantu melawan rambut kusam sehingga menyamarkan ubanan. Akan tetapi, berhati-hatilah saat memilihnya.  Tanyakan pada stylist kepercayaan Anda mengenai produk yang aman untuk mengatasi rambut ubanan.

3. Hindari stres

mengatasi stres dengan bernapas dalam

“Kamu, kok, sudah ubanan? Pasti karena sering stres, ya?” Anda mungkin pernah mendengar ungkapan seperti itu. Hal ini ternyata bukan sekadar mitos belaka, lho!

Ya, uban di usia muda memang bisa terjadi jika Anda terlalu stres. Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Nature Medicine tahun 2013, stres dapat menipiskan sel induk dari pangkal folikel rambut. Bahkan, stres berkepanjangan bisa mempercepat penuaan dini, termasuk pada rambut, 3 kali lebih cepat.

Nah, untuk mengatasi uban semakin banyak di usia muda, kendalikan stres Anda sebaik mungkin. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk meredam stres, mulai dari mendengarkan musik, pergi jalan-jalan, berendam air hangat, atau melakukan aktivitas favorit Anda lainnya.

Jika Anda mampu mengendalikan stres dengan baik, maka pikiran Anda akan lebih tenang dan mencegah ubanan semakin banyak.

4. Berhenti merokok

cara berhenti merokok

Marie Jhin, MD, seorang ahli dermatologi tersertifikat sekaligus pimpinan Premier Dermatology di San Fransisco, mengungkapkan bahwa merokok adalah kebiasaan buruk yang bisa merusak kulit dan rambut dengan cepat. Bukan cuma bikin dada sesak, merokok juga mempercepat timbulnya keriput di kulit, termasuk pada kulit kepala.

Keriput di kulit kepala memang tidak terlalu terlihat, tapi efek rokok tetap saja dapat menyempitkan pembuluh darah di kepala. Akibatnya, aliran darah mengandung oksigen menuju folikel rambut jadi berkurang. Rambut Anda pun bukan cuma cepat rontok, tapi juga cepat ubanan di usia yang masih muda.

Meskipun memang tidak bisa mengembalikan warna rambut menjadi hitam kembali, berhenti merokok setidaknya bisa membantu menghambat munculnya uban yang lebih banyak pada rambut. Jadi, jangan tunda lagi untuk berhenti merokok jika Anda ingin tampak awet muda, ya!

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Kaki Terasa Lemas Tiba-Tiba? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Apakah Anda pernah merasakan tiba-tiba kaki lemas? Cari tahu penyebabnya, apakah karena penyakit berbahaya atau hanya sekadar kelelahan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Otak dan Saraf 14 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Enzim SGOT dan SGPT

Salah satu tes yang dianjurkan untuk dilakukan ketika Anda sakit adalah pemeriksaan SGOT dan SGPT. Pemeriksan apa itu dan apa artinya kalau tinggi?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Pencernaan, Penyakit Hati (Liver) 12 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Gangguan Kesehatan Akibat Duduk Terlalu Lama

Di mobil duduk, di kantor duduk, sampai rumah duduk lagi. Apa kira-kira efeknya pada kesehatan kita?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 12 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Terlalu Sering Minum Obat Pereda Nyeri, Bikin Obat Jadi Tak Mempan Lagi

Seberapa sering Anda minum obat pereda nyeri untuk menghilangkan rasa sakit Anda? Hati-hati jika terlalu sering, malah rasa sakit tidak hilang. Mengapa?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 12 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit



Direkomendasikan untuk Anda

mengatasi sakit punggung

Saraf Kejepit, Apa Penyebab dan Bagaimana Gejalanya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
zat aditif adalah msg

Zat Aditif pada Makanan Ternyata Tak Selalu Berbahaya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
obat mimisan alami

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
bercak putih di puting

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit