home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

7 Kebiasaan di Malam Hari yang Diam-Diam Merusak Keindahan Rambut

7 Kebiasaan di Malam Hari yang Diam-Diam Merusak Keindahan Rambut

Disadari atau tidak, beragam kegiatan yang Anda lakukan dari pagi sampai malam hari ternyata berisiko merusak rambut, lho! Terlebih saat malam saat Anda sudah merasa sangat kecapekan dan ingin langsung tidur saja, sehingga seringnya tak mengacuhkan kondisi rambut setelah seharian dari luar. Lantas, apa saja kebiasaan di malam hari yang tanpa sadar membuat rambut rusak?

Berbagai kebiasaan sebelum tidur malam yang merusak rambut

Wajar kalau Anda merasa capek, lelah, dan ingin langsung bearistirahat setelah sibuk beraktivitas seharian. Namun jangan jadikan ini sebagai alasan untuk tidak membersihkan badan, termasuk rambut Anda. Berikut beberapa kebiasaan di malam hari yang bisa memicu kerusakan rambut:

1. Tidur dengan rambut yang masih basah

bahaya tidur dengan rambut basah

Keramas di malam hari sebelum hendak tidur mungkin pernah atau bahkan sering Anda lakukan karena tidak ingin keramas di pagi buta sebelum berangkat ke kantor. Padahal, helai rambut yang basah sangat lemah dan rentang mengalami kerusakan.

Itu sebabnya, tidur dengan rambut masih dalam keadaan basah bisa merusak rambut karena menjadikannya rontok dan bercabang. Ted Gibson, seorang penata rambut sekaligus pemilik salon di New York, menjelaskan bahwa gesekan antara seprai dengan rambut basah selama Anda tidur semalaman akan membuat kutikula rambut (lapisan paling luar dari rambut) menjadi kasar.

Akibatnya, rambut mudah kering karena kehilangan nutrisinya. Solusinya, bila Anda keramas di malam hari sebaiknya pastikan rambut sudah benar-benar kering sebelum tidur.

2. Tidur dengan hairspray masih menempel di rambut

tips pakai hairspray

Entah karena usai menghadiri pesta, pertemuan keluarga, maupun acara formal lainnya yang membuat Anda mau tidak mau harus memakai hair spray, memang bisa membuat rambut terlihat lebih rapi. Akan tetapi, hal ini bisa membuat rambut lebih sulit untuk dibersihkan.

Atas dasar inilah, banyak wanita yang kemudian lebih memilih untuk langsung tidur dan baru membersihkan rambut keesokan harinya. Sebenarnya, membersihkan sisa hair spray dengan keramas dan membawanya tidur malam hari, atau tidak membersihkannya sama sekali akan sama-sama merusak rambut.

Maka itu, jalan keluarnya adalah dengan tetap keramas guna menghilangkan sisa hair spray yang masih menempel di rambut, dan pastikan rambut telah dalam keadaan kering saat Anda tidur. Jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan kondisioner rambut untuk mencegah kerusakan setelah penggunaan hair spray.

3. Mengikat rambut saat tidur

Sumber: The Health Site

Menurut Kylee Health, seorang penata rambut asal Los Angeles, bahwa menggunakan ikat rambut di bagian yang sama dalam waktu lama bisa merusak untaian rambut. Apalagi bila Anda terus memakainya selama tidur semalaman.

Pasalnya, mengikat rambut dalam waktu cukup lama, tidak hanya saat tidur, bisa memberi lekukan pada bagian rambut yang itu-itu saja. Yang kemudian membuat rambut jadi mudah rusak dan mengalami kerontokan. Sama halnya seperti tubuh manusia, sebaiknya biarkan rambut “bernapas” lega dan ikut beristirahat selama Anda tidur.

4. Pakai ikat rambut terlalu ketat

kucir rambut

Selain tidak dianjurkan untuk mengikat rambut terlalu lama, Anda juga disarankan untuk tidak memakai ikat rambut yang terlalu ketat. Sebab hal ini justru bisa memperbesar peluang kerusakan rambut.

Sebagai gantinya, coba pakai ikat rambut dengan bahan kain atau jepit rambut besar yang bisa memberi ruang sedikit pada rambut untuk bernapas.

5. Tidak menyisir rambut

masalah rambut

Sebisa mungkin, jangan lewatkan rutinitas menyisir rambut sebelum pergi tidur. Percaya atau tidak, kebiasaan menyisir rambut di malam hari sebelum tidur dapat merangsang produksi minyak alami rambut yang mencegah rambut kering. Kondisi ini tentunya akan membantu kerja kulit kepala dan folikel rambut untuk merangsang pertumbuhan rambut baru.

6. Menyisir saat rambut masih basah

sisir rambut
Sumber: Style Caster

Tidak jauh berbeda dengan tidur saat rambut masih basah, menyisir rambut yang basah juga bisa merusak rambut karena kondisi rambut yang lemah. Jika Anda perhatikan, rambut yang disisir saat masih basah akan lebih mudah rontok dibandingkan yang disisir dalam keadaan kering.

Bila tidak ingin hal ini terjadi, lebih baik sisir rambut Anda sebelum hendak keramas atau sebelum tidur malam agar tidak terlalu kusut dan lebih mudah diatur esok paginya.

7. Tidak melembapkan rambut

Senang keramas di pagi hari? Kylee Health dan Gibson merekomendasikan untuk rutin mengoleskan kondisioner atau minyak kelapa pada bagian ujung rambut saat malam hari, lalu tunggu hingga rambut mengering sebelum tidur.

Tujuannya untuk memberi nutrsi pada kutikula rambut sekaligus menjaga kelembapan rambut selama Anda tidur. Lanjutkan dengan keramas guna membersihkan kondisioner atau minyak di pagi harinya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

7 Nighttime Habits that Ruin Your Hair. https://www.rd.com/health/beauty/nighttime-hair-tips/ Diakses pada 10 September 2018.

3 Bad Habits that are Hurting Your Hair and How to Break Them. https://www.huffingtonpost.com/2013/11/19/bad-hair-habits_n_4297590.html Diakses pada 10 September 2018.

9 Common Bedtime Habits that Could be Ruining Your Whole Day. https://www.huffingtonpost.com/entry/common-bedtime-habits-messing-up-day_us_5b1ebaeee4b0bbb7a0e01f51 Diakses pada 10 September 2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri Diperbarui 13/09/2018
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus