home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Stop Kentut yang Bau Busuk Dengan 7 Trik Ini

Stop Kentut yang Bau Busuk Dengan 7 Trik Ini

Kentut merupakan cara alami tubuh untuk membuang limbah tubuh yang berupa gas. Menurut American College of Gastroenterology, rata-rata manusia mengalami kentut sebanyak 10 hingga 20 kali dalam sehari. Namun, tidak semua kentut memiliki suara dan berbau busuk. Banyak faktor yang menyebabkan kentut bau busuk, salah satunya yang paling umum ialah makanan. Mengeluarkan kentut yang berbau tidak sedap tentu akan sangat menganggu. Aromanya yang menusuk hidung bisa membuat Anda atau orang di sekitar merasa tidak nyaman. Untuk itu, artikel ini akan membahas berbagai cara mengatasi dan mencegah kentut yang berbau busuk.

Penyebab kentut bau busuk

Sebelum mencari tahu bagaimana cara mencegah kentut bau busuk, Anda perlu tahu berbagai penyebab gas yang Anda buang berbau tidak sedap. Kentut yang berbau busuk disebabkan oleh berbagai hal berikut.

  • Intoleransi makanan. Kondisi ini menyebabkan tubuh tidak mampu memecah makanan tersebut yang akhirnya membuat makanan mengendap di dalam perut dan difermentasikan oleh bakteri yang berada di usus. Akibatnya, gas yang berbau pun terbentuk di dalam perut sebelum akhirnya dilepaskan ke luar. Beberapa orang mengalami intoleransi laktosa dan gluten (protein yang biasanya terkandung dalam gandum).
  • Makanan kaya serat. Kelompok makanan beserat tinggi menghasilkan kentut bau busuk karena tiga hal. Pertama, makanan tinggi serat lebih lambat dicerna sehingga proses fermentasinya cukup lama dan akhirnya menghasilkan gas yang berbau. Kedua yaitu bau alami dari makanan itu sendiri. Yang terakhir, kandungan sulfur pada beberapa jenis makanan bisa menghasilkan gas yang berbau tidak sedap.
  • Sembelit. Saat feses menumpuk di usus besar dan tidak juga dikeluarkan, bakteri penyebab bau akan terus berkembang biak sehingga gas yang dikeluarkan pun berbau busuk.
  • Bakteri dan infeksi di saluran pencernaan. Bakteri penyebab infeksi yang menyerang usus dan saluran pencernaan bisa menyebabkan volume gas di dalam perut menjadi lebih tinggi dan berbau tajam.
  • Kanker usus besar. Polip atau tumor yang terbentuk di saluran pencernaan bisa menyebabkan penyumbatan usus yang berakibat pada penumpukan gas di perut.
  • Obat-obatan tertentu. Jenis obat tertentu, salah satunya antibioitik, menyebabkan ketidakseimbangan dalam saluran pencernaan karena bisa membunuh sebagian bakteri baik.

Mengatasi kentut yang berbau tidak sedap

kentut berlebih saat menstruasi

Untuk mengatasi dan mengurangi kentut yang berbau, kenali penyebab bau kentut yang Anda alami berdasarkan berbagai penyebab yang telah dipaparkan. Setelah itu, atasi dengan mengubah pola makan atau periksa ke dokter jika kondisi ini disebabkan oleh penyakit tertentu.

Anda juga perlu menanyakan pada dokter apakah obat-obatan yang sedang dikonsumsi menyebabkan gas berbau busuk. Jika Anda merasa memiliki intoleransi terhadap makanan tertentu, hindari makan tersebut. Kemudian lihat perubahannya, apakah gas yang Anda keluarkan masih tetap berbau atau tidak.

Selain itu, coba pertimbangkan untuk mengonsumsi obat yang bisa memecah gelembung dalam gas dan menghilangkan perut kembung yang dijual bebas di pasaran seperti simetikon, arang aktif, dan beano.

Anda bisa menemui dokter jika:

  • Mengalami gejala lain di samping kentut yang berbau busuk
  • Obat untuk mengatasi bau gas tidak berpengaruh apa-apa.
  • Perubahan pola makan tidak mempan mengatasi kentut yang bau.

Jika Anda mengalami hal ini, gas yang berbau tak sedap ini kemungkinan disebabkan oleh infeksi dan masalah kesehatan tertentu yang membutuhkan perawatan lanjutan.

Cara mencegah kentut agar tidak berbau busuk

dampak menahan kentut

Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kentut bau busuk. Simak baik-baik, ya.

  • Makan sedikit-sedikit untuk membuat pencernaan tetap dalam keadaan sehat.
  • Menghindari atau mengurangi makanan pemicu, yakni makanan yang tidak bisa dicerna tubuh Anda.
  • Menghindari makanan yang berbau alami seperti bawang-bawangan serta kembang kol.
  • Makan pelan-pelan agar tidak terlalu banyak gas yang masuk ke dalam perut.
  • Minum air yang banyak untuk mengeluarkan zat sisa dan gas dalam tubuh.
  • Menghindari minuman bersoda yang bisa menghasilkan banyak gas perut.
  • Makan yoghurt dan makanan lainnya yang mengandung probiotik untuk membantu memulihkan bakteri baik di dalam usus sehingga bisa memperbaiki pencernaan Anda.

Jika berbagai cara telah Anda lakukan untuk mencegah bau busuk datang kembali namun tetap tidak ada perubahan, maka konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penjelasan medis yang lebih akurat tentang kondisi Anda saat ini.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Smelly Farts. https://www.healthline.com/health/smelly-farts#complications accessed on April 4th 2018

How do You Stop Smelly Farts? https://www.medicalnewstoday.com/articles/321111.php accessed on April 4th 2018

Treatment for Smelly Flatulence. https://www.livestrong.com/article/30010-cure-smelly-flatulence/ accessed on April 4th 2018

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui 10/04/2018
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x