home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Gejala Penyakit Asam Lambung Pada Pria dan Wanita Ternyata Berbeda

Gejala Penyakit Asam Lambung Pada Pria dan Wanita Ternyata Berbeda

Naiknya asam lambung adalah kondisi yang cukup umum ditemui dalam masyarakat. Akan tetapi, masih banyak orang yang mengabaikan berbagai gejala asam lambung yang muncul. Padahal jika diabaikan, penyakit ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi yang fatal, misalnya penyakit barett esofagus hingga kanker kerongkongan.

Apa itu asam lambung?

Asam lambung merupakan cairan tidak berwarna, encer, dan bersifat asam yang diproduksi dalam lambung. Asam lambung juga kerap dikenal dengan sebuta asam klorida atau HCl.

Cairan lambung ini berfungsi untuk membantu pencernaan protein, mencegah infeksi dan keracunan makanan, serta memastikan penyerapan vitamin B12 berjalan dengan baik.

HCl juga bekerja untuk memberi sinyal pada organ pencernaan lain untuk melepaskan cairan dan enzim serta kontraksi otot yang membuat pencernaan menjadi lebih lancar dan mudah.

Nah, sayangnya, asam lambung juga berisiko merusak lapisan dinding lambung. Bila jumlah pH-nya terlalu tinggi, maka akan muncul berbagai gangguan pada lambung.

Secara umum, gejala dan keluhan naiknya asam lambung yang paling sering dilaporkan antara lain adalah nyeri dada, sakit untuk menelan, sakit tenggorokan, tenggorokan terasa kering dan mengganjal, mulut terasa asam, dan batuk atau sesak napas.

Gejala asam lambung pada wanita dan pria berbeda

Sebuah studi di Australia yang dimuat dalam jurnal Archives of Surgery menemukan bahwa keluhan yang dilaporkan wanita dan pria terkait penyakit asam lambung ternyata tak sama.

Dalam penelitian yang melibatkan lebih dari 5.000 orang tersebut, berikut adalah gejala yang dirasakan oleh peserta wanita.

  • Sulit menelan
  • Nyeri dada
  • Lebih riskan mengalami hernia hiatal (bagian atas perut menonjol sampai ke bagian pembukaan diafragma)

Penderita asam lambung wanita umumnya berada pada rentang usia yang lebih tua dari pria. Wanita obesitas cenderung lebih riskan mengalami penyakit asam lambung daripada pria obesitas.

Berbeda dengan para wanita, gejala asam lambung yang dialami para pria justru lebih rumit. Berikut adalah beberapa keluhan dan komplikasi yang paling sering dilaporkan oleh pria.

  • Lebih riskan mengalami gangguan otot spinchter kerongkongan bagian bawah (LES) yang melemah
  • Lebih riskan mengalami esofagitis (radang kerongkongan) dan barett esofagus
  • Nyeri atau panas pada kerongkongan

Gejala-gejala yang muncul pada pria cenderung lebih serius daripada para wanita, tapi lebih jarang terjadi. Rata-rata pasien penyakit asam lambung berjenis kelamin pria usianya lebih muda daripada pasien wanita.

Mengapa keluhan yang dialami pria dan wanita berbeda?

Para peneliti belum menemukan penyebab biologis mengapa wanita dan pria mengalami keluhan yang berbeda ketika diserang penyakit asam lambung. Pasalnya, jenis kelamin tidak memengaruhi sistem kerja (fisiologi) kerongkongan dan lambung Anda.

Namun, para ahli menarik kesimpulan bahwa perbedaan gejala penyakit asam lambung lebih diakibatkan oleh faktor sosial dan budaya.

Menurut penelitian di Australia tersebut, kemungkinan wanita periksa ke dokter setelah mengalami gejala lebih tinggi daripada pria. Sementara itu, kebanyakan pria meremehkan atau mengabaikan gejala yang dialami, sampai kasusnya sudah cukup parah.

Ada beberapa hal yang memicu hal ini. Biasanya wanita memang lebih peka terhadap perubahan tubuh, rasa sakit, dan adanya keluhan-keluhan tertentu.

Wanita juga cenderung lebih proaktif dalam mencari bantuan dari tenaga kesehatan. Sebaliknya dengan pria. Meskipun merasakan gejala dan keluhan akibat penyakit asam lambung, laki-laki lebih sering membiarkannya begitu saja.

Hal ini bisa jadi karena pria takut didiagnosis, periksa ke dokter, atau terlihat lemah. Akibatnya, kemungkinan terjadi komplikasi pun jadi lebih besar pada pria.

Maka dari itu, terlepas dari jenis kelamin Anda, bila Anda mulai mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan sebaiknya segera memeriksakan diri pada dokter atau minum obat.

Pemeriksaan lebih dini dapat membantu mencegah Anda dari gejala naiknya asam lambung yang berkepanjangan dan tentunya menghindari Anda dari komplikasi yang lebih serius.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Acid Reflux (GER & GERD) in Adults. (2020). National Institute of Diabetes, Digestive, and Kidney Diseases. Retrieved 6 May 2021, from https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/acid-reflux-ger-gerd-adults/all-content

The Role of HCL in Gastric Function and Health. (2011). Clnical Education. Retrieved 6 May 2021, from https://www.clinicaleducation.org/resources/reviews/the-role-of-hcl-in-gastric-function-and-health/

Chen, Z., 2011. Effect of Sex on Symptoms Associated With Gastroesophageal Reflux. Archives of Surgery, 146(10), p.1164. Retrieved 6 May 2021.

Foto Penulis
Ditulis oleh Irene Anindyaputri
Tanggal diperbarui 21/02/2017
x