backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Apakah Alpukat Baik untuk Masalah Asam Lambung?

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

Apakah Alpukat Baik untuk Masalah Asam Lambung?

Konsumsi makanan yang mudah dicerna, seperti buah-buahan, merupakan salah satu cara untuk mencegah dan mengatasi sakit asam lambung atau maag. Namun, apakah buah alpukat baik dikonsumsi ketika mengalami masalah asam lambung?

Apakah alpukat baik untuk sakit asam lambung?

Alpukat baik dikonsumsi untuk lambung dan mengurangi gejala maag, tetapi jumlahnya sebaiknya tidak berlebihan. 

Meski belum ada penelitian langsung mengenai efek konsumsi alpukat ketika mengalami masalah lambung, buah ini memiliki beberapa kandungan yang baik untuk melindungi lambung.

Berikut adalah beberapa potensi alpukat untuk mengobati sakit asam lambung.

1. Mengandung lemak sehat

manfaat alpukat untuk ibu menyusui

Lemak tak jenuh tunggal yang terdapat dalam alpukat memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk bagi lambung. 

Lemak ini membantu memperlambat pencernaan dan memberikan perasaan kenyang yang lebih lama, yang dapat mengurangi frekuensi makan dan mengurangi tekanan pada lambung. 

Selain itu, lemak sehat dalam alpukat membantu melindungi lapisan lambung dan mengurangi iritasi yang dapat disebabkan oleh asam lambung.

2. Kandungan serat yang baik

Serat dalam alpukat berperan penting dalam kesehatan pencernaan untuk mengurangi iritasi karena naiknya asam lambung dan menurunkan potensi kerusakan lambung

Hal ini tertulis dalam salah satu penelitian dalam jurnal World Journal of Gastroenterology. Diet tinggi serat bisa mengurangi pelemahan otot sfingter esofagus sehingga mencegah naiknya asam lambung yang mengiritasi kerongkongan. 

Khasiat ini bisa meredakan gejala maag sekaligus mencegah kekambuhan masalah asam lambung yang lebih sering.

Artikel terkait

3. Sifat alkali

Alpukat memiliki sifat alkali alias basa yang dapat membantu menyeimbangkan pH lambung. 

Sifat alkali ini dapat membantu mengurangi keasaman dalam lambung dan meredakan gejala asam lambung

Dengan sering mengonsumsi makanan yang memiliki sifat alkali, penderita asam lambung dapat membantu menetralkan kelebihan asam dalam lambung.

4. Kandungan antioksidan dan vitamin

Alpukat kaya akan antioksidan seperti vitamin E dan vitamin C, yang dapat membantu melindungi sel-sel lambung dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Antioksidan ini juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam lambung, yang sering kali menjadi penyebab maag

Selain itu, vitamin B6 dalam alpukat dapat membantu dalam metabolisme protein dan produksi neurotransmiter yang mengatur fungsi pencernaan.

5. Mengandung kalium

Kalium dalam alpukat dapat membantu menyeimbangkan cairan tubuh dan mengurangi penumpukan (retensi) cairan, yang dapat berkontribusi pada pengurangan tekanan pada lambung. 

Kalium juga berperan dalam menjaga fungsi otot, termasuk otot sfingter esofagus bawah, yang dapat membantu mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Apakah alpukat aman untuk penderita asam lambung?

Alpukat aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung. Kandungan lemak sehat, serat, sifat alkali, antioksidan, dan kalium dalam alpukat dapat membantu melindungi lapisan lambung, mengurangi iritasi, menyeimbangkan pH lambung, dan menjaga fungsi pencernaan yang sehat.

Hal yang perlu diperhatikan

Meskipun alpukat memiliki banyak manfaat untuk lambung, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mengonsumsinya.

Mengonsumsi alpukat dalam jumlah yang berlebihan bisa berkontribusi pada peningkatan lemak total dalam diet, yang mungkin tidak cocok untuk semua orang.

Selain itu, setiap orang memiliki respons tubuh yang berbeda terhadap makanan tertentu.

Pada beberapa orang, konsumsi alpukat bisa memperburuk gejala asam lambung, sementara yang lain mungkin merasa terbantu.

Beberapa orang juga mungkin memiliki alergi atau sensitivitas terhadap alpukat yang dapat menimbulkan masalah pencernaan.

Buah lain untuk asam lambung

Selain alpukat, terdapat beberapa buah yang dapat membantu meredakan gejala asam lambung berkat kandungan zat gizi dan sifat alaminya. 

Berikut adalah beberapa buah yang baik untuk asam lambung.

  • Melon. Kandungan air yang tinggi membantu menjaga hidrasi, mengencerkan asam lambung, dan mengurangi iritasi.
  • Semangka. Buah yang mengandung banyak air ini mengandung likopen, yaitu antioksidan yang membantu melindungi sel-sel lambung dari peradangan dan kerusakan.
  • Pisang. Pisang untuk asam lambung bermanfaat berkat kandungan kalium yang dapat menyeimbangangkan cairan dalam tubuh dan membantu fungsi otot, termasuk otot sfingter esofagus bawah yang mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.
  • Pepaya. Pepaya baik untuk asam lambung berkat kandungan enzim papain yang  membantu pencernaan protein dan mengurangi beban kerja lambung, sehingga mengurangi produksi asam lambung.
  • Pir. Serat dalam buah ini membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Sementara itu, kandungan kalium menyeimbangkan elektrolit dan mendukung fungsi otot pencernaan yang sehat.

Jika Anda menderita asam lambung dan ingin mencoba memasukkan alpukat ke dalam diet Anda, sebaiknya lakukan secara perlahan dan perhatikan bagaimana tubuh Anda bereaksi. 

Jika gejala sering kambuh atau memburuk, sebaiknya hentikan konsumsi alpukat dan konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi Anda.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan