home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Benarkah Cuka Apel Bisa Membantu Mengatasi Perut Kembung?

Benarkah Cuka Apel Bisa Membantu Mengatasi Perut Kembung?

Selain dipercaya untuk mengobati jerawat, cuka apel disinyalir bisa mengatasi perut kembung. Dengan minum satu sendok makan cuka sari apel yang dicampur air hangat, gas yang membuat perut kembung bisa hilang. Namun, apa benar demikian?

Apakah cuka apel bisa mengobati perut kembung?

Manfaat Cuka Apel

Perut kembung adalah kondisi ketika terjadinya penumpukan gas di dalam perut, khususnya pada saluran pencernaan.

Akibatnya, muncul rasa tidak nyaman yang membuat perut terasa penuh, sering bersendawa, dan merasakan sakit pada bagian perut.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung, seperti mengompres perut dan berolahraga. Namun, tidak sedikit pula orang yang percaya bahwa cuka sari apel menjadi salah satu pilihan alternatif untuk mengatasi perut kembung.

Faktanya, belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan pernyataan tersebut. Bahkan, sebuah penelitian dari BMC Gastroenterolgy mengungkapkan hal sebaliknya.

Para peneliti sepakat bahwa cuka memperlambat proses pengosongan lambung pada penyandang diabetes melitus. Kondisi ini biasa disebut sebagai gastroparesis.

Salah satu gejala yang disebabkan oleh gastroparesis adalah perut kembung. Hal ini terjadi karena apabila pengosongan lambung melambat, otot di perut dan usus kesulitan untuk mendorong feses keluar dari tubuh.

Jika feses berada di usus terlalu lama, kemungkinan besar lebih banyak gas yang dihasilkan. Itu sebabnya, penelitian tersebut menyimpulkan bahwa cuka sari apel justru menambah produksi gas di dalam perut Anda.

Cuka apel bisa mengatasi perut kembung, asalkan…

ciri perut kembung

Walaupun demikian, secara teori cuka apel bisa membantu mengatasi perut kembung yang disebabkan oleh asam lambung yang rendah.

Hal ini dikarenakan cuka apel bersifat asam alami, sehingga ketika digunakan pada perut yang mengandung asam yang rendah bisa membantu pencernaan. Jika pencernaan lancar, produksi gas akan berkurang dan gejala perut kembung pun bisa berkurang.

Selain itu, cuka sari apel juga mempunyai senyawa antibakteri yang membantu membasmi bakteri di lambung dan usus. Jika jumlah bakteri usus terlalu banyak, usus bagian atas bisa melepaskan gas yang menyebabkan perut kembung.

Maka itu, banyak orang yang percaya bahwa cuka apel bisa mengatasi kondisi ini.

Tips menggunakan cuka sari apel

mandi dengan cuka apel

Cuka sari apel tidak hanya bisa digunakan secara topikal, melainkan juga dapat diolah menjadi berbagai bentuk.

Cara yang paling mudah memanfaatkan cuka ini adalah dengan mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan segelas air hangat. Anda bisa mengonsumsi campuran tersebut sekali atau dua kali dalam sehari.

Selain itu, ada beberapa cara lainnya dalam mengolah cuka apel untuk membantu mengatasi perut kembung, seperti:

  • Menambahkan cuka sari apel ke dalam teh lemon atau teh madu.
  • Mencampurkan cuka apel dengan smoothies.
  • Menuangkan cuka sari apel sebagai saus salad.

Efek samping dari cuka sari apel

cuka sari apel memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, namun tentu saja jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan Anda.

Walaupun termasuk kategori aman, cuka apel mengandung senyawa asam yang cukup tinggi.

Jika Anda mengonsumsi cairan yang mengandung asam yang tinggi, cairan tersebut harus dicampurkan dengan air sebelum dikonsumsi. Hal ini dikarenakan mengonsumsi langsung cairan asam yang terlalu tinggi bisa menyebabkan masalah pada jaringan lidah, mulut, dan kerongkongan.

Oleh karena itu, biasakan untuk berkumur dengan air biasa setelah mengonsumsi cuka sari apel.

Cuka apel mungkin menawarkan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, tetapi masih pemakaiannya untuk mengatasi perut kembung masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Hlebowicz, J., Darwiche, G., Björgell, O., & Almér, L. O. (2007). Effect of apple cider vinegar on delayed gastric emptying in patients with type 1 diabetes mellitus: a pilot study. BMC gastroenterology, 7, 46. doi:10.1186/1471-230X-7-46 Retrieved 15 November 2019 

Jon Johnson. (2019). Apple cider vinegar for bloating: Does it work?. Retrieved 15 November 2019, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/326866.php 

O’Keefe Osborn, C. (2018). Apple Cider Vinegar for Bloating and Gas Relief: How to Use. Retrieved 15 November 2019, from https://www.healthline.com/health/apple-cider-vinegar-bloating 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 05/10/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro