Tips Berkomunikasi Dengan Bayi Berusia 4-7 Bulan

Oleh

Suara dan ekspresi bayi terus menerus berkembang dengan banyaknya senyuman, tawa, dan ocehan. Bayi Anda juga dapat mengikuti suara, yang merupakan sebuah kemampuan penting untuk belajar berbicara.

Bagaimana cara bayi berkomunikasi

Bayi pada umur ini mulai bereksperimen dengan suara yang dapat mereka buat. Bayi Anda akan menghabiskan waktu mencoba untuk berceloteh dan belajar mengikuti suara. Jangan salah, hal ini adalah langkah awal bagi bayi Anda untuk berbicara dan Anda sebaiknya mendukungnya sebisa mungkin.

Jika Anda mendengar dengan saksama, Anda akan mendengar nada suara bayi Anda naik atau turun seperti menanyakan pertanyaan atau membuat pernyataan. Bayi Anda akan terbiasa menggunakan suara (selain tangisan) untuk mendapatkan perhatian Anda dan mengekspresikan perasaannya.

Bayi Anda akan mulai paham tentang dasar komunikasi menggunakan bahasa. Saat masih kecil, bayi Anda mengerti makna dari nada suara Anda: suara menenangkan berarti menenangkan, suara gelisah memberitahukan bayi Anda bahwa ada sesuatu yang salah.

Sekarang, bayi Anda akan mulai memilih komponen cara bicara Anda dan dapat mendengar dan mengerti perbedaan suara yang Anda buat dan kata-kata untuk membuat kalimat. Dalam periode ini, bayi akan belajar merespon nama mereka, mereka mungkin akan terdiam ketika mereka mendengar kata “tidak”, dan akan mulai menghubungkan kata dengan objek yang familiar.

Apa yang perlu saya lakukan?

Bayi pada umur ini sangat menikmati permainan dan interaksi vokal. Bayi Anda akan merasa senang ketika Anda mengikuti gumaman dan celotehnya. Ikuti suara “bah” dan “guh” yang diucapkan bayi dan ikuti dengan mengucapkan kata sederhana dengan nada suara yang sama.

Mulailah “percakapan” dan tunggu celoteh bayi untuk mendapatkan “jawaban”. Diskusi ini merupakan langkah awal untuk mengajarkan bayi kata pertama dan percakapan awalnya. Tanya bayi Anda pertanyaan, dan tanggapi dengan antusias apapun jawaban yang bayi Anda ucapkan.

Perkenalkan bayi dengan kata-kata yang sederhana yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Nama orang yang familiar, benda, dan aktivitas. Bayi mengerti kata sebelum mereka dapat mengucapkannya, jadi gunakan kata dan kurangi menggunakan “bahasa bayi”.

Saat Anda berbicara dengan bayi Anda, lambatkan pelafalan Anda dan berikan penekanan pada setiap katanya – contohnya, katakan: “Apakah kamu mau mainan? Ini mainanmu,” saat Anda menunjukkan mainan padanya. Lalu tunggu tanggapannya. Berbicara kemudian diam untuk menunggu jawaba dapat mengajari bayi untuk bahwa ini waktunya ia menjawab, sekaligus mengajarkan bahwa percakapan itu dilakukan secara bergantian.

Apakah saya perlu khawatir?

Pada akhir 7 bulan, bayi biasanya:

  • Dapat menanggapi nama mereka
  • Dapat merespon suara yang mereka buat
  • Dapat mengulang konsonan
  • Dapat mengikuti suara yang Anda buat

Ingatlah bahwa apa yang sudah bisa dilakukan di usia ini sangat berbeda-beda pada setiap bayi. Jika Anda khawatir tentang perkembangan bahasa bayi Anda, Anda dapat berkonsultasikan dengan dokter Anda:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca