4 Pose Yoga untuk Bayi Anda

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 03/12/2018 . 5 menit baca
Bagikan sekarang

Time flies, satu kata umum yang sering disebutkan oleh para orangtua yang sering saya temui. Tak terasa juga sekarang bayi saya sudah hampir berusia 4 bulan, dan sudah mulai bisa tengkurap, tertawa, dan lebih aktif mengoceh dengan bahasa bayi terutama saat baru bangun pagi.

Apa saja ritual pagi yang selalu Anda lakukan saat bayi Anda bangun pagi dan sangat aktif? Kalau saya biasanya pagi hari dimulai dengan mandi pagi yang saya awali dengan memijat tubuh bayi saya sebelum mandi. Sejak dia berusia 3 bulan, saya juga mulai mengenalkan beberapa gerakan yoga yang sesuai buat bayi. Sembari berinteraksi dengan bayi, gerakan-gerakan yang saya jelaskan di bawah ini juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh dan kesehatan bayi Anda.

Bentangkan mat yoga Anda dan posisikan bayi Anda di depan Anda, alasi dengan selimut atau alas yang lembut agar bayi Anda merasa nyaman saat berbaring.

1. Wind Relieving Pose

Pose ini baik untuk melepaskan “angin” dari tubuh bayi. Bila bayi Anda kurang nyaman di area perut, gerakan ini bisa membantu sirkulasi dalam perut bayi dan membantu melegakan perut.

wind-relieving-1

wind-relieving-2

Raih kedua pergelangan kaki bayi Anda arahkan pergelangan kaki ke atas perut bayi, lutut ke area perut dari telapak kaki atau pergelangan kaki. Anda bisa berinteraksi dengan menyerukan “inhale” saat mendorong pelan kaki ke area perut dan menyerukan “exhale” saat meluruskan kaki kembali. Saat Anda melakukan gerakan ini dan menyerukan arahan bernapas, pastikan Anda bernapas panjang untuk menyalurkan energi baik pada bayi Anda. Ulangi setidaknya 3 kali.

2. Arms Exercise

Pose ini baik untuk meningkatkan pernapasan bayi dan juga menyenangkan bagi bayi.

arms-exercise-1

arms-exercise-2

Letakkan jempol Anda pada telapak tangan bayi Anda, biarkan dia menggenggamnya, lalu arahkan kedua lengan bayi lurus ke atas sejajar dengan area telinga. Lalu bawa kembali kedua lengan ke bawah. Anda bisa berinteraksi dengan menyerukan “inhale” saat membawa lengan ke atas dan menyerukan “exhale” saat meluruskan tangan ke bawah. Saat Anda melakukan gerakan ini dan menyerukan arahan bernapas, pastikan Anda bernapas panjang untuk menyalurkan energi baik pada bayi Anda. Ulangi setidaknya 3 kali.

3. Bicycle Legs

Pose ini bisa membantu stimulasi area pencernaan bayi, dan merupakan cara yang menyenangkan untuk bonding dengan bayi Anda.

bicycle-legs

Pegang pergelangan kaki kiri bayi Anda dengan tangan kanan Anda, dan pergelangan kaki kanan bayi Anda dengan tangan kiri Anda, lalu tekuk kaki kanan bayi Anda hingga lutut mendekati area perut, dan luruskan. Tekuk kaki kiri bayi Anda hingga lutut mendekati perut, lalu luruskan dan ulangi lagi sisi kanan, persis seperti gerakan mengayuh sepeda. Anda bisa berinteraksi dengan menyerukan “inhale” menekuk lutut dan menyerukan “exhale” saat meluruskan kaki ke bawah. Saat Anda melakukan gerakan ini dan menyerukan arahan bernapas, pastikan Anda bernapas panjang untuk menyalurkan energi baik pada bayi Anda. Ulangi 5 kali setiap sisi.

4. Baby Twist

Pose ini juga salah satu cara yang baik membantu bayi melegakan rasa tak nyaman di area perut.

baby-twist-1

baby-twist-2

Pegang kedua pergelangan kaki bayi Anda dengan telapak tangan kanan, lalu bentangkan lengan kiri bayi Anda dengan bantuan telapak tangan kiri Anda. Tekuk kaki bayi Anda, lalu dengan bantuan jari-jari Anda dorong halus lutut kaki bayi Anda ke sisi kanan Anda, berlawanan dengan bentangan lengan bayi Anda, sehingga punggung bayi merasakan gentle twist. Lakukan untuk sisi yang satunya. Anda bisa berinteraksi dengan menyerukan “inhale” saat menekuk lutut dan menyerukan “exhale” saat melakukan twist. Saat Anda melakukan gerakan ini dan menyerukan arahan bernapas, pastikan Anda bernapas panjang untuk menyalurkan energi baik pada bayi Anda. Ulangi 3 kali setiap sisi.

Pose-pose di atas bisa Anda mulai coba saat bayi Anda setidaknya berusia 3 bulan. Di usia ini, dia sudah mulai bisa berinteraksi dengan Anda, dan sudah mulai menyenangi aktivitas aktif karena sudah mulai belajar menahan lehernya sendiri dan belajar tengkurap dan telentang sendiri. Pastikan untuk selalu melakukan gerakan secara aman dan nyaman. Selamat mencoba!

** Dian Sonnerstedt adalah instruktur yoga profesional yang aktif mengajar beragam jenis yoga dari Hatha, Vinyasa, Yin, dan Prenatal Yoga baik untuk kelas privat maupun perkantoran. Dian saat ini terdaftar di YogaAlliance.org dan bisa dihubungi langsung melalui instagramnya,@diansonnerstedt.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Artikel dari ahli Dian Sonnerstedt

Tips Mempelajari dan Menguasai Pose Headstand

Meski kelihatannya sulit, headstand adalah pose yoga yang bisa Anda kuasai jika rajin berlatih. Simak cara melakukan headstand yang benar dan aman.

Ditulis oleh: Dian Sonnerstedt
cara melakukan headstand pose yoga

8 Pose Yoga untuk Mengatasi Sakit Pinggang

Jika Anda sering duduk di depan meja kerja berjam-jam, wajar jika Anda sering sakit pinggang. Pose yoga sederhana berikut ini bisa mengatasi sakit pinggang.

Ditulis oleh: Dian Sonnerstedt
mengatasi sakit pinggang

Mempelajari Rangkaian Yoga Sun Salutation (Surya Namaskara) A

Sun Salutation adalah rangkaian pose yoga yang bila dilakukan secara rutin dapat meningkatkan fleksibilitas otot. Seperti apa gerakannya?

Ditulis oleh: Dian Sonnerstedt
yoga sun salutation

Yang juga perlu Anda baca

Bagaimana Cara Menghadapi Ledakan Amarah Anak yang Bikin Jengah?

Kemarahakn yang muncul dari anak tanpa diketahui alasannya kerap membuat Anda jengah. Begini cara menghadapi ledakan amarah anak dengan baik.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Parenting, Tips Parenting 06/06/2020 . 4 menit baca

Bukan Dimarahi, Ini 5 Cara Agar Anak Mau Mendengarkan Orangtua

Supaya anak mau mendengarkan kata-kata orangtua, Anda perlu siasat khusus. Jangan malah dimarahi atau dibentak. Yuk, simak tips-tipsnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Tips Parenting 30/05/2020 . 4 menit baca

Tidak Perlu Bingung Pilih Hewan Peliharaan untuk Anak, Ini 5 Tips dan Manfaatnya

Hewan peliharaan dan anak adalah gambaran yang menggemaskan. Namun, para orangtua perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih hewan untuk anak.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Parenting, Tips Parenting 10/05/2020 . 6 menit baca

Manfaat Rutin Melakukan Yoga Bridge Pose pada Fisik dan Mental

Bridge pose menjadi salah satu pose yoga yang memiliki banyak manfaat. Ragam manfaat tersebut mulai dari kesehatan fisik hingga menjaga kesehatan mental.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Yoga & Pilates, Kebugaran, Hidup Sehat 06/05/2020 . 3 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
mengatasi ruam popok bayi

Si Kecil Mengalami Ruam? Berikut 8 Cara Mengobatinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 7 menit baca
menyikat gigi bersama merupakan salah satu cara mendorong minat si kecil dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak

5 Tips Ajarkan Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 16/06/2020 . 5 menit baca
yoga untuk pria

Tidak Hanya Wanita, Inilah 7 Manfaat Yoga untuk Pria

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 10/06/2020 . 7 menit baca