Periode Perkembangan

Perkembangan Bayi di Usia 36 Minggu

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Perkembangan Bayi Usia 36 Minggu

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi di minggu 36?

Di minggu terakhir bulan ke-9, anak mungkin sudah mampu:

  • Bertepuk tangan atau melambaikan tangan
  • Berjalan memegangi perabotan
  • Berdiri sendiri sejenak
  • Mengerti kata “tidak” tapi tidak selalu mematuhinya.

Sekali bayi mulai berdiri dan berkeliling, Anda mungkin bertanya-tanya apakah bayi perlu mulai dipakaikan sepatu. Sampai bayi bisa berjalan di luar secara teratur, kebanyakan dokter anak dan ahli perkembangan berpikir sebaliknya. Adalah hal yang wajar bagi bayi untuk berjalan dengan kaki sedikit ditekuk ke luar atau dengan kaki sedikit mengangkang, dan telapak kakinya mungkin terlihat datar. Berjalan tanpa alas kaki bisa membantu melengkungkan dan memperkuat otot kaki bayi, dan merasakan tekstur di permukaan lantai bisa membantunya menyeimbangkan tubuh.

Terdapat berbagai cara untuk membantu bayi belajar berjalan. Berdiri atau berlutut di depan bayi, dan bantu dia berjalan ke depan Anda dengan memegang kedua tangannya. Pegang tangannya hanya untuk menyemangatinya. Beberapa bayi senang mendorong mobil-mobilan, yang menyediakan dukungan dan mobilitas. Carilah yang dasarnya lebar dan stabil.

Yang juga penting untuk Anda lakukan adalah mengunci pintu dan pintu lemari dengan gerendel. Ini adalah hal pertama yang menarik perhatian bayi. Anda juga bisa meletakkan semua zat pembersih atau yang berpotensi racun di atas lemari yang lebih tinggi. Selain itu, matras boks bayi harus terpasang dalam posisi terendah untuk menjaganya agar ia tak terjatuh saat mencoba keluar sendiri.

Kesehatan Bayi Usia 36 Minggu

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 36?

Kebanyakan dokter tidak melakukan pemeriksaan umum bulan ini. Ini mungkin tidak masalah, karena sebagian besar anak pada usia ini tidak suka pergi ke dokter. Hubungi dokter bila ada masalah yang tidak bisa ditunggu sampai kunjungan berikutnya.

Merawat bayi usia 36 minggu

Ada beberapa hal yang Anda ketahui:

Benjolan kepala

Jika kepalanya terbentur sampai benjol, Anda harus menghiburnya, tapi tidak sampai bereaksi berlebihan. Benjolan umum terjadi pada bayi yang sedang belajar berjalan, dan sebagian tidak terlalu parah maupun menyebabkan cedera serius. Kompres dengan kantong es selama 20 menit untuk menghilangkan benjolan. Cobalah memberi makan atau mengalihkan perhatian bayi sehingga dia tidak bereaksi berlebihan karena dinginnya kantong es.

Bila bayi pingsan, hubungi 118. Kalau sampai tidak bernapas, hubungi ambulance, kemudian lakukan CPR.

Hubungi dokter kalau bayi sampai berubah sikap setelah terbentur. Lebih spesifik lagi, bila bayi muntah, tampak mudah marah atau kebingungan, terlihat mengantuk atau pusing, menangis atau berteriak selama beberapa saat, atau benjolan yang amat jelas, goresan yang dalam atau terus berdarah, memar di belakang telinga, area lunak pada kulit kepala, memar tanpa sebab, bagian putih mata mengeluarkan darah, atau cairan berwarna jernih atau kemerahan atau darah keluar dari dalam mulut, hidung, atau telinga.

Anda tidak bisa mencegah bayi terjatuh dan terbentur, tapi ada beberapa peringatan efektif:

  • Perbaiki posisi perabotan yang tidak stabil dan jauhkan lampu goyang dari jangkauan bayi.
  • Awasi dengan baik-baik jika bayi memanjat perabotan.
  • Pertimbangkan memasang bantalan pada ujung perabotan dan bantalan anti gores di bawah karpet.
  • Pasang mata saat bayi berada di atas permukaan yang tinggi atau dalam kereta belanja. Gunakan tali pengaman untuk menjaganya, tapi ingat bahwa Anda tidak bisa sepenuhnya mengandalkannya.
  • Turunkan ketinggian boks bayi saat dia sudah bisa berdiri di dalam boks.

Keamanan boks bayi

Karena bayi menjadi lebih aktif dan senang menjelajah, dunia mulai terbuka serta akan ada berbagai macam masalah. Meskipun boks bayi kelihatannya tempat teraman untuk petualang kecil Anda, ini tidak akan berlangsung lama karena dia akan mampu memanjat pinggir boks. Walaupun beberapa bayi tidak pernah mencoba kabur dari boksnya, banyak yang pernah melakukannya, jadi cara mencegah yang bijak adalah:

  • Turunkan matras sebisanya, serta periksa penyangga matras secara berkala untuk memastikan matras tidak longgar
  • Pertimbangkan menyingkirkan pembatas boks bayi
  • Jangan tinggalkan mainan besar di dalam tempat tidur bayi bisa ditumpuk dan digunakan sebagai tangga untuk keluar
  • Jauhkan benda-benda yang bayi bisa tarik dari dalam boks
  • Tetap jangan simpan bantal berbulu dan semua mainan yang empuk di dalam boks karena bahaya SIDS
  • Jangan pernah menggunakan kanopi di atas boks;
  • Tarik boks setidaknya sejauh 30 cm dari semua perabotan dan dinding agar bayi tidak memanjat. Seperti biasa, pastikan boks tidak dekat dengan tirai atau penutup jendela.
  • Jika bayi mencoba keluar dari boks, taruh beberapa bantal atau selimut lembut di atas lantai di sebelah boks untuk menjadi bantalan.

Saat panjang tubuh bayi mencapai 90 cm, waktunya untuk tidur di atas ranjang.

Yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai saat usia bayi 36 minggu?

Tangan kanan atau kidal

Kita hidup di dunia yang cara memegang benda tidak pernah sama. Kebanyakan pintu, setrika, pengupas kentang, gunting, dan meja didesain untuk orang yang memakai tangan kanan. Di masa lampau, beberapa orangtua terus mencoba memaksa anak yang kidal untuk menggunakan tangan kanan. Para ahli pernah percaya bahwa tekanan orangtua untuk mengubah sifat genetik akan mengakibatkan gagap dan serangkaian kesulitan belajar.

Sekarang ini, walaupun mereka masih tidak menyarankan untuk mencoba mengubah tangan dominan anak, mereka mencurigai bahwa beberapa sifat manusia terhubung dengan tangan kidal. Kebanyakan hal ini terkait dengan perbedaan antara orang kidal dan bertangan kanan dengan perkembangan dalam hemisfer otak kanan dan kiri. Bagi orang kidal, bagian otak kananlah yang dominan, membuat mereka berbakat di area seperti hubungan spasial, yang mungkin ditunjukkan dalam bidang olahraga, arsitektur, dan seni. Karena laki-laki lebih banyak kidal daripada perempuan, terdapat teori bahwa level testosteron, hormon pria, mempengaruhi perkembangan otak dan penggunaan tangan.

Kebanyakan bayi menggunakan kedua tangannya pada awalnya; beberapa lebih suka menggunakan satu tangan atau tangan lain dalam beberapa bulan, yang lain belum menunjukkannya sampai mereka berusia setahun. Beberapa tampak lebih memilih satu tangan sebelum berganti ke tangan satunya lagi. Yang penting adalah membiarkan bayi menggunakan tangan yang menurutnya paling nyaman.

Seperti apa pertumbuhan bayi pada minggu ke-37?

Sumber
Pantau Perkembangan Anak Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan si kecil.
Error message goes here
Daftar
*Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anak anda: [num] bulan Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Yang juga perlu Anda baca